macam noun dalam bahasa inggris

Macam Noun dalam Bahasa Inggris

Menurut Kamus Cambridge, kata benda atau noun dalam bahasa Inggris adalah “kata yang mengacu pada orang, tempat, benda, peristiwa, substansi atau kualitas.” Kata benda biasanya memiliki artikel (the, a, atau an) di depannya dalam sebuah kalimat, tetapi tidak selalu.

Terkadang kamu akan melihat kata sifat atau kata-kata seperti some atau this sebelum kata benda. Selain kata pertama dalam sebuah kalimat, jika sebuah kata menggunakan huruf kapital maka itu adalah kata benda, seperti nama orang.

Macam-Macam Noun Umum dalam Bahasa Inggris

Memahami noun adalah langkah penting dalam perjalanan belajar kamu. Mempelajari dan memahami berbagai jenis kata benda dan cara menggunakannya akan membantu kamu memperluas pengetahuan bahasa Inggris. Nah, ada beberapa macam noun yang perlu kamu pahami dengan baik ketika belajar bahasa Inggris.

Common Noun

Kata benda umum adalah orang, tempat, atau benda generik. Kamu tidak perlu menggunakan huruf kapital pada kata benda umum kecuali jika kata tersebut berada di awal kalimat. Beberapa kata benda umum termasuk car, woman dan month.

  • The woman is on the phone
  • My dog likes to sleep on the rug
  • I want to buy that pink dress for the party

Proper Noun

Proper noun adalah nama khusus yang diberikan kepada seseorang, tempat, atau benda. Kamu harus selalu menggunakan huruf kapital untuk kata benda yang tepat meskipun berada di tengah kalimat.

Proper noun biasanya lebih deskriptif daripada kata benda umum. Beberapa contohnya adalah Honda, Michelle Obama dan Agustus. Ini adalah alternatif kata benda yang tepat untuk contoh kata benda umum mobil, wanita dan bulan yang kita gunakan sebelumnya.

Concrete Noun

Kata benda konkret adalah sesuatu yang dapat kamu lihat, sentuh, rasakan, dengar, atau cium. Beberapa kata benda konkret termasuk musik, roti, dan ransel. Contohnya dalam kalimat, seperti:

  • Whats your favorite book?
  • I always drink some milk before sleep
  • Dont forget to bring your tent to the camp

Abstract Noun

Kata benda abstrak adalah sesuatu yang tidak dapat kamu lihat, sentuh, rasakan, dengar, atau cium. Kata benda abstrak adalah kebalikan dari kata benda konkret. Mereka adalah kualitas, konsep, dan emosi. Beberapa kata benda abstrak termasuk love, money and religion.

Countable Nouns

Berdasarkan hitungan, countable nouns merupakan kata benda yang bisa dihitung, sebagaimana contoh berikut dan artinya:

Animal = Binatang

Apartment = Apartemen

Baby = Bayi

Bag = Tas

Bus = Bis

Contoh penggunaan countable nouns adalah berikut:

1 bis = a bus

2 bis = two buses

3 bis = three buses

Uncountable Nouns

Kebalikan dari countable nouns, yaitu kata benda yang tidak mungkin bisa dihitung. Berikut adalah contoh dan artinya:

Accommodation = Akomodasi

Advice = Nasehat

Aid = Bantuan

Air = Udara

Masih ada beberapa contoh noun dalam bahasa Inggris lainnya yang bisa kamu pelajari. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English, sehingga proses belajar kamu akan dibimbing oleh tutor profesional.

Baca Juga:
Contoh Proverbs Bahasa Inggris yang Populer

Mengapa Perlu Mempelajari Noun Bahasa Inggris?

Kamu mungkin berpikir mengapa penting belajar noun bahasa Inggris ini. Kalimat bahasa Inggris yang kamu gunakan tidak akan memiliki arti tanpa kata benda. Sederhananya, tanpa noun, kamu tidak akan bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Kamu tentu membutuhkan kata benda untuk mengungkapkan siapa, apa, dan di mana terkait topik yang sedang kamu bicarakan.

Ada banyak kata benda dalam bahasa Inggris yang perlu kamu pelajari. Ketika kamu mulai belajar tentang berbagai jenis noun, kamu akan bisa menambahkan lebih banyak kata bahasa Inggris ke kosakata kamu. Pertimbangkan untuk menyimpan daftar kata-kata bahasa Inggris baru yang kamu pelajari saat mempelajari kategori kata benda yang berbeda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web