panduan mengikuti tes ielts, siapkan diri segera!

Panduan Mengikuti Tes IELTS, Siapkan Diri Segera!

Jika kamu berencana untuk mengikuti tes IELTS, maka mempersiapkan diri dari sekarang adalah hal yang perlu kamu lakukan. Karena memiliki serangkaian ujian, tes ini dibagi ke dalam empat sesi berbeda, mulai dari tes menulis, membaca, mendengarkan dan berbicara. Mengetahui panduan IELTS akan memudahkan kamu ketika mengikuti tes ini.

IELTS memang terkenal sebagai salah satu tes uji kemampuan bahasa Inggris yang cukup sulit. Namun, dengan persiapan yang matang dan maksimal, kamu bisa mendapatkan skor terbaik dalam tes ini.

3 Panduan Tes IELTS yang Perlu Kamu Tahu

Ketika mengikuti tes IELTS, ada banyak panduan yang perlu kamu pahami sebelumnya. Sejumlah siswa memilih untuk bergabung dalam kursus persiapan IELTS agar bisa mempersiapkan diri secara maksimal.

Dalam kursus ini pula kamu akan belajar dan melatih kemampuan menjawab soal-soal IELTS. Berikut beberapa panduan IELTS yang perlu kamu tahu sebelum mengikuti ujian ini.

1. Fokus Mendengarkan Berbagai Aksen Bahasa Inggris

Dalam sesi Listening dalam IELTS, audio hanya akan diputar satu kali. Selain itu, berbagai aksen bahasa Inggris juga digunakan di tes mendengar ini. Aksen yang digunakan biasanya aksen Amerika, Australia, New Zealand dan Inggris.

Penting bagi kamu untuk memahami bahasa Inggris dengan berbagai aksen. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mendengarkan podcast berbahasa Inggris atau menonton siaran televisi bahasa Inggris.

Baca Juga:
Tips Belajar Tes IELTS Untuk Pemula

2. Bacalah Petunjuk dengan Benar

Dalam sesi Listening, ada pertanyaan yang mengharuskan peserta untuk menjawab no more that two words. Di dalam Writing Test, kamu harus memperhatikan jumlah yang yang diisyaratkan di setiap tugasnya.

Jika tidak memenuhi syarat minimum kata, maka kamu akan kehilangan nilai. Jadi, pastikan kamu membaca semua petunjuk dengan benar dan ikuti aturan tersebut.

3. Tulislah Seperti Penutur Asli

Membaca dan menulis tidak bisa dipisahkan. Kamu harus membiasakan diri untuk membaca berbagai topik, mulai dari buku panduan, iklan, majalah, artikel, ilmu pengetahuan dan sebagainya.

Setelah itu, tulislah kalimat dari kosakata yang baru kamu temukan. Ketika sudah terbiasa menulis kalimat lengkap, kamu bisa berlatih menulis paragraf dan menyusunnya dengan baik. Nantinya, di tes resmi, kamu bisa menulis jawaban dengan lancar, terutama dalam sesi Writing.

Baca Juga:
Rekomendasi Kursus IELTS Murah

Tips Persiapkan Diri untuk IELTS

IELTS sendiri menjadi salah satu uji kemampuan yang cukup sulit untuk dilewati. Ada banyak aspek ujian yang akan kamu temukan dan masing-masing akan memiliki nilai tersendiri. Selain mengetahui panduan IELTS, kamu juga harus mempersiapkan diri dengan maksimal.

Kamu bisa melatih kemampuan dan memahami setiap pola soal dengan berlatih soal. Banyak situs di internet yang menyediakan soal IELTS yang sama persis dengan soal resminya. Kamu bisa menguji kemampuan dengan mengunjungi situs-situs tersebut.

Jika kamu berencana meningkatkan kemampuan berbicara, kamu bisa mencari teman belajar dan berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Rekam latihan yang kamu lakukan agar lebih mudah untuk dievaluasi. Dengan latihan yang cukup, otak kamu akan terbiasa untuk berpikir dalam bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi