Panduan Pembukaan Presentasi Bahasa Inggris yang Kreatif

Panduan Pembukaan Presentasi Bahasa Inggris yang Kreatif

Momen pembukaan presentasi Bahasa Inggris adalah bagian dari penentu, apakah audiens akan menyimak atau mengabaikan paparan kamu. Pembukaan juga merupakan kesempatan untuk menciptakan kesan dan menarik perhatian audiens.

Presentasi yang kuat berawal dari pembukaan yang tidak biasa. Sehingga, audiens mendapatkan pesan dari presentasi yang kamu sampaikan.

Cara Membuat Pembukaan Presentasi Bahasa Inggris

Mode presentasi apapun yang akan kamu sampaikan, membuat pembukaan presentasi Bahasa Inggris yang tepat akan membuat cara presentasi kamu lebih mudah diingat. Berikut adalah tips membuat pembukaan untuk presentasi yang tepat:

Pahami Audiens

Kunci dalam pembukaan yang melibatkan audiens adalah mengetahui luar dalam, dan memberikan kebutuhan audiens. Buat opening presentasi yang mampu menjawab minat, kebutuhan, dan ekspektasi mereka.

Pertimbangkan apa yang lebih menarik mereka. Kamu juga harus mencari tahu bagaimana membuat presentasi relevan dengan pekerjaan atau kehidupan audiens.

Baca juga : Trik Presentasi Dalam Bahasa Inggris, Gak Grogi Lagi!

Gunakan Hook yang Menarik

Untuk mendapatkan perhatian, gunakan hook atau suatu hal yang memancing audiens. Kamu bisa menyampaikan pertanyaan yang memprovokasi, fakta mengejutkan, atau pembukaan yang kuat. Sehingga, kamu dapat mengundang rasa penasaran audiens untuk mengikuti presentasi dari awal sampai akhir.

Sampaikan Tujuan

Sampaikan dengan jelas apa yang menjadi masalah subjektif dalam presentasi kamu. Jelaskan apa tujuan presentasi, dan komunikasikan objektif utama maupun keuntungan yang didapatkan audiens dengan mendengarkan penjelasan kamu.

Biarkan audiens tahu dari awal tentang harapan kamu dari adanya presentasi ini bagi audiens. Cara ini membantu agar mereka tetap mengikuti presentasi hingga selesai.

Perkenalan Diri

Buat perkenalan diri tentang siapa kamu dan pekerjaan saat ini. Sehingga, presentasi yang akan kamu sampaikan adalah informasi kredibel.

Ada beberapa cara kreatif untuk mengenalkan diri dalam presentasi. Kamu bisa berbagi cerita personal yang singkat, relevan dengan topik atau tema presentasi. Pendekatan ini juga berguna untuk memperoleh perhatian audiens.

Jika kamu melakukan presentasi bersama tim, maka kamu harus memaparkan masing-masing peran anggota tim dan kontribusinya dalam presentasi. Selanjutnya, kamu bisa mengenalkan masing-masing individu dalam tim. Hal ini akan membantu audiens lebih memahami relevansi dan keahlian tim.

Antusiasme

Satu kata yang membuat presentasi kamu memiliki ‘vibe’ positif adalah antusias. Cara ini meningkatkan energi yang menular ke audiens, dengan menunjukkannya pada saat pembkaan presentasi.

Pastikan slide presentasi memiliki desain yang impactful, untuk meninggalkan kesan lebih lama pada audiens. Ada banyak ide, tips desain, dan contoh yang bisa kamu temukan secara online.

Baca Juga : Manfaat Belajar Public Speaking Bahasa Inggris

Belajar Presentasi di ICAN English

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa saja langkah untuk membuat pembukaan presentasi Bahasa Inggris yang kreatif. Pelajari semua cara di atas untuk membuat performa saat presentasi dengan lebih percaya diri.

Jika kamu kesulitan dalam melatih keterampilan presentasi, buat segalanya jadi lebih mudah dengan belajar di ICAN English. Selama di kelas speaking, kamu akan melakukan banyak kegiatan public speaking yang meningkatkan rasa percaya diri selama berbicara. Untuk informasi lebih lanjut tentang kelas ini, hubungi tim kami sekarang juga!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.