Kesalahan Pembukaan Presentasi dalam Bahasa Inggris

Kesalahan Pembukaan Presentasi dalam Bahasa Inggris

Pembukaan presentasi dalam Bahasa Inggris sangat besar dampaknya. Saat membuat pembukaan yang tidak efektif, audiens selanjutnya tidak akan menganggap presentasi yang kamu lakukan itu penting.

Sayangnya, banyak speaker yang masih belum menyadari ada banyak kesalahan yang sering dilakukan dalam presentasi. Untuk itu, kamu dapat menggunakan panduan berikut agar mampu menciptakan presentasi dengan vibe positif.

Kesalahan Membuat Opening Presentasi Bahasa Inggris

Berikut adalah kesalahan-kesalahan membuat pembukan presentasi dalam Bahasa Inggris:

Membuka dengan Meminta Maaf

Terkadang, kamu ingin terkesan sopan dengan mengucapkan maaf, apalagi saat grogi atau tidak yakin dengan presentasi yang kamu sampaikan. Memulai presentasi dengan meminta maaf bukanlah hal penting dan justru merendahkan diri sendiri. Meminta maaf juga menunjukkan bahwa kamu sudah menggunakan nada negatif dari awal.

Baca juga : Cara Membuat Opening Bahasa Inggris Untuk Presentasi Agar Berkesan

Baca dari Slide

Salah satu blunder yang paling sering dilakukan dalam opening presentasi PowerPoint adalah membaca skrip atau slide secara langsung. Padahal, kamu harus memiliki outline terstruktur. Slide penuh tulisan membuat audiens merasa bosan. Apalagi harus mendengarkan kamu membaca slide penuh tersebut.

Selain itu membaca skrip atau slide bukanlah hal yang efektif dalam melakukan presentasi. Hal ini membuat kamu dan audiens tidak bisa melakukan kontak mata. Padahal, kontak mata adalah cara untuk tetap terhubug dengan audiens.

Informasi Berlebihan

Hanya karena ingin mengesankan pembaca, beberapa presenter sering menghujani audiens dengan terlalu banyak informasi di bagian pembukaan. Selain terlalu banyak memenuhi audiens dengan data, statistik, atau detil teknis yang membuat bosan, presentasi akan terasa tidak menarik dan audiens kebingungan.

Mengabaikan Audiens

Kesalahan fatal lainnya saat melakukan presentasi adalah mengabaikan audiens. Sangat mudah untuk terpaku pada konten dan mengabaikan audiens di depan kamu. Pastikan untuk membangun hubungan dengan audiens pada saat melakukan presentasi.

Untuk pembukaan presentasi, kamu bisa menyapa audiens dengan hangat, melakukan kontak mata, dan mengatur bahasa tubuh. Hal ini akan menunjukkan adanya rasa tulus atas kehadiran mereka dalam presentasi. Kamu bisa melibatkan audiens secara aktif dalam presentasi dengan melakukan tanya jawab.

Kurang Jelas

Audiens harus memahami apa yang bisa diharapkan dari presentasi kamu. Memulai presentasi dengan ketidakjelasan membuat apa yang kamu sampaikan terkesan tidak memiliki tujuan dan arah pembicaraan yang jelas.

Sebaliknya, kemampuan berkomunikasi yang baik dapat kamu terapkan dengan menyampaikan topik dan objektif presentasi dari awal. Sehingga, audiens mendapatkan pesan spesifik yang koheren dengan topik presentasi tersebut.

Buat presentasi sesederhana mungkin, menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Tujuannya adalah agar audiens memahami dan memperoleh informasi yang disampaikan.

Baca Juga : Trik Presentasi Dalam Bahasa Inggris, Gak Grogi Lagi!

Mau Lebih Jago Presentasi Bahasa Inggris?

Sekarang, kamu sudah memahami apa saja kesalahan pembukaan presentasi dalam Bahasa Inggris. Dengan mengikuti panduan di atas, kamu bisa memulai presentasi yang membuat audiens merasa tertarik dari awal sampai akhir.

Keterampilan melakukan presentasi dalam Bahasa Inggris termasuk dalam keterampilan public speaking. Keterampilan ini tidak hanya membutuhkan keahlian dalam berbicara. Akan tetapi, kamu juga harus menguasai keterampilan mendengarkan, keterampilan mengajak orang, bekerja sama dengan banyak orang, bagaimana berbicara dengan rasa percaya diri, dan memecahkan masalah.

Jika kamu masih bingung bagaimana harus memulai presentasi menggunakan Bahasa Inggris, manfaatkan kelas ICAN English secara spesifik di bagian Speaking class. Kelas ini dirancang dengan banyak metode pembelajaran yang memprioritaskan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi