Penjelasan Penggunaan On dan In untuk Menunjukkan Tempat

Penjelasan Penggunaan On dan In untuk Menunjukkan Tempat

Penggunaan “on” dan “in” dalam bahasa Inggris bisa dikatakan sebagai kata penghubung. Biasanya banyak disebut sebagai preposisi yang merupakan kata penghubung untuk menerangkan tentang arah, waktu, posisi, tempat, dan berbagai macam hal. Posisi yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris memang adalah “on” dan “in.

Sebagai seseorang yang memperdalam ilmu bahasa Inggris tentu kamu harus memahami penggunaan proposisi dengan baik dan benar. Di sini akan dijelaskan bagaimana cara penggunaan preposisi untuk kata “on” dan “in”.

Perbedaan Penggunaan On dan In

Ada perbedaan antara penggunaan “on” dan “in” dalam bahasa Inggris yang  sering membuat orang masih merasa bingung. Jadi berikut ini beberapa penjelasan untuk perbedaan pada on dan in.

Penggunaan On

Preposisi pada kata “on” dalam bahasa Inggris dapat digunakan untuk menjelaskan waktu serta tempat. Untuk bisa menjelaskan waktu, preposisi ini digunakan ketika kamu ingin memberikan keterangan yang lebih spesifik. 

Dalam  menjelaskan keterangan tempat dengan menggunakan “on”, kamu bisa memanfaatkannya untuk menjelaskan subjek yang berada di  atas suatu tempat, baik tempat yang kecil maupun besar. Contohnya seperti “While on the treadmill at the gym, I like to listen to upbeat music to keep myself motivated.” (Saat berada di treadmill di gym, saya suka mendengarkan musik upbeat agar tetap termotivasi.)

Melalui contoh tersebut bisa dijelaskan bahwa seseorang sedang menggunakan treadmill di atasnya. Preposisi ini juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan lokasi suatu benda yang berada di atas permukaan tempat, misanya “the apple is on the plate”  di mana dapat menjelaskan bahwa apel tersebut berada di atas piring.

 Sekalipun sama-sama menjelaskan alokasi sesuatu berada di atas permukaan, tetapi “on” jauh berbeda dengan “above”. Perbedaannya adalah “om” dapat menjelaskan suatu benda yang berada di suatu bagian dalam sebuah permukaan, sedangkan “above”  dapat menjelaskan bahwa sesuatu tersebut terletak di atas tempat yang lebih tinggi.

Penggunaan In

Penggunaannya tentu berbeda dengan “om”, ada juga preposisi “in”  yang menjelaskan lebih dari sekadar pengertian tentang tempat dan waktu. Dalam konteks waktu, “in” seringkali mengacu pada penjelasan tentang bulan, seperti dalam kalimat “I was born in March,” atau “He left for school in January.”

Jadi preposisi ini juga mampu menggambarkan musim, sebagaimana terlihat dalam kalimat “I like eating pizza  in Summer,” atau “She enjoys sleeping in Winter.”

Tidak hanya menjelaskan tentang waktu, “in” tetapi juga berguna untuk menandai keterangan waktu harian. Misalnya, “I eat lunch in the afternoon,” atau “I come home in the morning.” Namun, perlu diperhatikan bahwa untuk waktu malam, penggunaan preposisi “at” lebih sesuai dibandingkan “in”.

Ketika berbicara tentang tempat dan menggunakan “in” maka dapat mengacu pada lokasi dalam maka bisa diartikan “di dalam”. Preposisi ini sering kali digunakan untuk menyatakan keberadaan seseorang atau sesuatu dalam konteks geografis, seperti “She lives in Washington,” atau “The campus is located in Korea.”

Baca Juga: Perbedaan Penggunaan In On At

Contoh Penggunaan On dan In

Apabila dari keterangan di atas ternyata kau masih merasa bingung untuk penggunaan kata “on” dan “in” dalam bahasa Inggris, maka berikut ini beberapa contoh yang bisa membantu kamu untuk lebih paham.

Contoh Penggunaan On

  • She placed the book on the table before leaving the room. (Dia meletakkan buku itu di atas meja sebelum meninggalkan ruangan.)
  • The cat sat on the windowsill, watching the birds outside. (Kucing itu duduk di ambang jendela, mengamati burung-burung di luar.)
  • He relies on his morning coffee to kick-start his day. (Dia mengandalkan kopi paginya untuk memulai harinya.)
  • They decided to go for a walk on a sunny afternoon. (Mereka memutuskan untuk berjalan-jalan di suatu sore yang cerah.)
  • The children put on their raincoats before heading out into the storm. (Anak-anak mengenakan jas hujan mereka sebelum berangkat menuju badai.)

Dari beberapa contoh diatas, kamu mungkin akan bisa memahami penggunaan on dalam bahasa Inggris lebih mudah.

Contoh Penggunaan In

  • The keys are in the drawer next to the door. (Kuncinya ada di laci sebelah pintu.)
  • She wrapped herself in a warm blanket to ward off the cold. (Dia membungkus dirinya dengan selimut hangat untuk mengusir hawa dingin.)
  • We have a meeting scheduled in the conference room at 10 AM. (Kami memiliki pertemuan yang dijadwalkan di ruang konferensi pada jam 10 pagi.)
  • He lost his phone in the park while jogging yesterday. (Dia kehilangan ponselnya di taman saat jogging kemarin.)
  • There’s a lot of traffic in the city during rush hour.(Ada banyak lalu lintas di kota pada jam sibuk.)

Melalui beberapa contoh di atas tentu kamu akan lebih mudah untuk memahami penggunaan kata “in” dalam bahasa Inggris.

Penutup

Mempelajari penggunaan “on” dan “in” dalam bahasa Inggris adalah salah satu hal penting dan harus dilakukan dengan tepat.Apalagi kedua kata tersebut sering digunakan untuk berkomunikasi, baik secara tertulis maupun berbicara langsung.

Agar kamu lebih paham lebih dalam tentang penggunaan kata “on” dan “in” dalam bahasa Inggris ada baiknya jika menggunakan lembaga bahasa Inggris agar kamu bisa belajar berbagai macam materi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. ICAN English akan membantu kamu untuk mempelajari berbagai macam materi bahasa Inggris dengan tutor profesional dan metode pembelajaran menyenangkan.  Termasuk untuk memahami lebih dalam penggunaan “on” dan “in” dalam bahasa Inggris yang benar.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.