Belajar Penyebutan Angka dalam Bahasa Inggris

Belajar Penyebutan Angka dalam Bahasa Inggris

Ketika ingin mempelajari penyebutan angka dalam bahasa Inggris, kamu perlu tahu bahwa terdapat dua jenis angka utama, yaitu cardinal dan ordinal number. Cardinal number digunakan untuk menghitung (one, two, three…), sedangkan ordinal number adalah untuk mengurutkan sesuatu (first, second, third…).

Belajar penyebutan angka dalam bahasa Inggris juga akan membantu kamu dalam mempelajari masyarakat maupun budaya negara berbahasa Inggris. Bahkan kemampuan ini juga akan membantu berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial dengan lebih mudah.

Cara Menyebut Angka dalam Bahasa Inggris

Untuk belajar cara menyebut angka dalam bahasa Inggris, kamu dapat menggunakan panduan berikut:

Cardinal Number

Angka ini digunakan untuk menghitung sesuatu, menyebutkan usia, menyebutkan angka tahun, dan menyebutkan nomor telepon. Berikut adalah contoh cardinal number dalam bahasa Inggris:

  • 1 – One
  • 11 – Eleven
  • 100 – One hundred
  • 200 – Two hundred
  • 1,000 – One thousand
  • 1,000,000 – One million

Dalam menyebut angka seratus, kamu bisa menyebutnya dengan kata one hundred atau a hundred, seperti contoh berikut:

128 – one hundred and twenty eight, atau a hundred and twenty eight

Ini juga berlaku untuk menyebut angka 1000, yaitu one thousand atau a thousand.

Jangan lupa untuk memberikan strip (-) yang dapat memisah setiap kata dalam tulisan angka mulai 21 hingga 99. Namun Aturan ini tidak berlaku jika digit keduanya merupakan 0.

Ordinal Number

Penggunaan ordinal number sangat berguna untuk menyebutkan tanggal, menyatakan angka abad, menyatakan usia, mengurutkan sesuatu, hingga menyebutkan letak lantai bangunan sesuai urutan. Berikut adalah beberapa contoh penyebutan ordinal number:

  • 1st – first
  • 2nd – second
  • 3rd – third
  • 15th – fifteenth
  • 101st – hundred and first
  • 200th – two hundredth
  • 1,000th – thousandth
  • 1,000,000th – ten millionth

Negative Numbers

Istilah negative number awalnya dari angka positif tetapi disertai dengan kata minus. Seperti contoh pada -3.2 disebut ‘minus three point two’ atau ‘negative three point two.

Jika berbicara tentang temperatur udara, kamu bisa menyebut below yaitu artinya ‘di bawah’. Contohnya, jika temperatur -5˚disebut dengan ‘five below’, lawannya adalah 5 above atau 5˚. Aturan tersebut untuk membantu menekankan temperatur dalam posisi positif atau negatif.

Menyebut Zero

Zero atau angka 0 dalam bahasa Indonesia disebut kosong atau nol. Dalam bahasa Inggris, Zero adalah 0 untuk konsep lisan maupun tulisan formal.

Angka 0 juga mempunyai sebutan penting, ‘oh’ untuk menyebut angka 0 dalam nomor telepon, jalur bus, dan juga rekening bank. Namun kamu harus berhati-hati dalam mengucapkan ‘oh’, karena harus benar-benar memastikan pengucapan tidak boleh seperti huruf ‘O’.

Sebutan penting lainnya untuk angka nol adalah nothing. Biasanya nothing digunakan untuk skor pertandingan olahraga, sesuai dengan penggunaan bahasa Inggris American accent, seperti contoh berikut:

The score is 6-0 (six-nothing).

Terakhir untuk menyebut angka 0 dapat dengan menggunakan kata null. Teknisnya, penyebutan tersebut digunakan jika subjek maupun gagasan yang berkaitan dengan ketiadaan.

Belajar Penyebutan Angka dalam Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah memahami tentang penyebutan angka dalam Bahasa Inggris. penyebutan angka dengan tepat membantu mempermudah lawan bicara dalam memahami angka yang kamu maksud. Semakin mudah komunikasi yang terjalin, maka semakin lancar juga semua urusan yang berkaitan antara kamu dan lawan bicara.

Jika kamu merasa kesulitan untuk mempelajari bagaimana menyebut angka dalam Bahasa Inggris dengan tepat, kamu butuh bimbingan dari tutor. ICAN English mempermudah keinginan siapa saja yang ingin mahir berbahasa Inggris dalam waktu yang lebih cepat.

Siswa di seluruh program kami dapat mengikuti materi pembelajaran secara intensif. Kamu bisa mengambil kursus untuk kebutuhan kuliah di luar negeri, atau kebutuhan lainnya di bidang akademik dan profesional.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.