Perbedaan Future Tense dan Future Continuous Tense

Perbedaan Future Tense dan Future Continuous Tense

Tenses bahasa Inggris selalu menjadi materi yang cukup rumit bagi banyak pelajar bahasa Inggris. Macamnya yang cukup banyak membuat tenses harus dipelajari sedini mungkin. Future Tense adalah salah satu tenses yang cukup populer. Namun, kamu perlu mengetahui perbedaan Future Tense dan Future Continuous Tense.

Kedua tenses ini memang berbeda, meski perbedaannya harus kamu pelajari secara lengkap. Sekilas, keduanya mungkin terlihat sama, namun ada perbedaan mendasar yang menjadikan kedua tenses ini cukup berbeda.

Apa Saja Perbedaan Future dan Future Continuous Tense?

Perbedaan Future Tense dan Future Continuous Tense harus kamu ketahui sejak awal, agar kamu bisa menggunakan tenses ini di waktu yang tepat. Belajar bahasa Inggris di tempat yang tepat akan membantu kamu memahami perbedaan dari kedua tenses ini.

Simple Future Tense

Future tense adalah gramatika yang seringkali digunakan untuk membicarakan aktivitas yang akan terjadi di masa mendatang. Jika kamu menggunakan tenses ini, maka kamu harus menjelaskan kegiatan atau kejadian yang belum terjadi, namun akan terjadi di masa mendatang.

Keterangan waktu yang menyertai jenis kelimat di tenses ini biasanya adalah next week, tomorrow, in ten years, a month later, in 2023 dan lainnya. Rumus kalimat untuk tenses ini adalah:

  • Kalimat Positif: Subject + Will + Verb
  • Kalimat Negatif: Subject + Will not/Wont + Verb
  • Kalimat Pertanyaan: Will + Subject + Verb + ?

Baca Juga:
Contoh Kalimat Simple Future Tense

Future Continuous Tense

Nah untuk tenses yang satu ini biasanya digunakan untuk menunjukkan suatu aktivitas yang akan terjadi dalam kurun waktu tertentu di masa depan.

Future continuous tense sebenarnya tidak selalu menjelaskan rencana atau apa yang akan kamu lakukan di waktu mendatang. Namun, kamu bisa menggunakannya untuk mengatakan apa yang mungkin terjadi pada waktu tersebut.

Keterangan waktu untuk tenses ini adalah when, while, this time, next week, at noon, next year dan lainnya. Rumus kalimat untuk tenses ini adalah:

  • Kalimat Positif: Subject + Will be + Verb (ing)
  • Kalimat Negatif: Subject + Will not be/Wont be + Verb (ing)
  • Kalimat Pertanyaan: Will + Subject + Be + Verb (ing)

Mengetahui perbedaan kedua pola kalimat ini akan memudahkan kamu dalam berkomunikasi, baik dalam percakapan sehari-hari maupun dalam tulisan.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Continuous Tense

Tips Memahami Tenses Bahasa Inggris

Bagi non penutur asli bahasa Inggris, memahami dan mempelajari tenses mungkin menjadi hal yang rumit. Ada banyak aturan dan pengecualian yang harus kamu ketahui dalam tenses ini. Belum lagi kamu harus mengetahui perbedaan masing-masing tenses.

Cara utama untuk menguasai dan memahami tenses adalah dengan memahami rumusnya. Kamu juga harus memperhatikan kapan kondisi atau waktu yang tepat untuk menggunakannya.

Pahami rumus dasar tenses dengan benar dan proses belajar kamu akan lebih mudah. Pastikan kamu telah memahami dan mengenal 16 tenses dalam bahasa Inggris beserta rumusnya agar kamu bisa menggunakannya di waktu yang tepat.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web