Memahami Apa Perbedaan Antara Has dan Had

Memahami Apa Perbedaan Antara Has dan Had

Dalam aturan Grammar bahasa Inggris, mengetahui apa saja perbedaan antara has dan had sangatlah berguna. Dalam Bahasa Inggris, has dan had merupakan dua kata yang berfungsi sebagai kata kerja bantu.

Kata-kata tersebut, has dan had, digunakan secara berbeda dalam hal tense dan penerapannya.
Sebelum mempelajari kedua kata tersebut, perlu diketahui bahwa had adalah bentuk lampau dari has. Has merupakan salah satu dari dua bentuk kata kerja have.

Have dalam bahasa Inggris digunakan sebagai kata kerja dan kata kerja bantu. Terkadang dalam konteks informal, has digunakan sebagai kata benda. Misalnya, “Haves” adalah ungkapan untuk orang yang berada, dan “Have-nots” adalah ungkapan yang digunakan untuk menyebut orang miskin.

Pembahasan tentang Has dan Had

Sebelum mempelajari tentang apa yang membedakan antara has dan had, berikut adalah pembahasan yang harus dipahami pemula terkait dua bentuk kata kerja tersebut:

Belajar Penggunaan Has

Kata kerja has digunakan dalam present perfect tense seperti pada kalimat di bawah ini:

Donna has finished her video conference.

Present perfect tense digunakan untuk menunjukkan suatu tindakan atau kejadian yang baru saja terjadi atau terjadi beberapa saat sebelum pembicara mengucapkan kata-katanya.

Pada contoh di atas, kamu dapat melihat bahwa kegiatan Donna baru saja selesai ketika pembicara mengucapkan kata di atas. Jika ingin membuat kalimat tersebut lebih panjang, pembicara dapat mengucapkan kalimat berikutnya, “Now, she is working again.” untuk menandakan Donna sekarang kerja lagi.

Selain itu, has juga digunakan dalam bentuk continuous tense seperti present perfect continuous tense, sebagaimana contoh berikut:

Donna has been working since this morning.

Dalam kalimat ini, pembicara sedang berbicara tentang suatu kegiatan yang dimulai di masa lalu dan berlanjut hingga saat ini. Kegiatan tersebut merupakan tindakan yang termasuk dalam present perfect continuous tense. Dalam tense ini juga, seperti yang ditunjukkan pada contoh di atas, has digunakan sebagai kata kerja bantu.

Belajar Penggunaan Had

Di sisi lain, kata kerja had digunakan dalam bentuk past perfect tense seperti pada contoh di bawah ini:

Donna has studied well during her college.

Kamu dapat melihat bahwa penggunaan kata kerja had menunjukkan sesuatu yang terjadi di masa lampau. Inilah perbedaan antara has and had yang paling signifikan.

Kata kerja had digunakan untuk menunjukkan kemungkinan seperti pada kalimat di bawah ini:

Had Donna come earlier, she could have caught the train.

Dalam kalimat ini, penggunaan kata kerja had menunjukkan kemungkinan bahwa Donna bisa saja naik kereta jika dia datang lebih awal.

Had juga digunakan dalam kasus continuous tense seperti past perfect continuous tense, sebagaimana contoh berikut:

She had been telling the facts, but none believed in her.

Dalam kalimat di atas, kamu dapat melihat bagaimana penggunaan past perfect continuous tense sebagai kata kerja bantu.

Baca juga : Panduan Menulis Teks Narasi Bahasa Inggris

Apa Perbedaan antara Has dan Had

Agar lebih jelas mempelajari tentang perbedaan antara has dan had, berikut adalah beberapa catatan penting yang harus kamu ingat:

  • Kata kerja has digunakan dalam present perfect tense.
  • Kata kerja had digunakan dalam bentuk past perfect tense.
  • Kata kerja had digunakan untuk menunjukkan suatu kemungkinan.
  • Has dan had juga digunakan dalam kasus continuous tense seperti present perfect continuous dan past perfect continuous

Dengan mempelajari penggunaan has dan had, kamu jadi lebih bisa memahami Bahasa Inggris dengan mudah. Kamu juga dapat menggunakan has had sesuai konteks yang tepat. Untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris, ICAN English solusinya!

Kamu bisa ikut kursus Bahasa Inggris di tempat kami, secara online dan offline. Adanya tutor akan membantu proses belajar lebih intensif dan interaktif. Untuk informasi tentang program dan kelas yang tersedia, hubungi tim kami sekarang juga!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi