Perbedaan Have, Has, Had dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Have, Has, Had dalam Bahasa Inggris

Ingin belajar bahasa Inggris tetapi masih bingung dengan perbedaan have, has, had? Sebagai pemula yang baru saja belajar Bahasa Inggris tentu ada banyak sekali kata-kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti sama, tetapi digunakan untuk situasi atau kondisi yang berbeda. Hal ini yang terkadang membuat seseorang menjadi enggan untuk mempelajari bahasa Inggris.

Namun sebenarnya,  mempelajari perbedaan tersebut bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan. Jika kamu memiliki tekad dan kemauan yang cukup tinggi, maka bisa saja memahaminya dengan mudah.

Have, has, dan had memiliki arti yang serupa, yaitu kepemilikan atau memiliki. Namun, dalam beberapa konteks, ketiga kata tersebut juga dapat mengindikasikan makna “sudah” ketika digabungkan dengan “been” di belakangnya. Bagaimana sebenarnya penggunaan yang tepat dari have, has, dan had dalam kalimat Bahasa Inggris?

Memahami Perbedaan Have, Has, dan Had

Sebelum membahas tentang penggunaan dan perbedaan antara have, has, dan had , mari kita pahami terlebih dahulu artinya. Jadi, ketiganya memiliki arti yang sama, tetapi dapat memiliki beragam makna yang bervariasi tergantung pada konteks kalimat yang hendak disampaikan. 

Di beberapa kalimat Bahasa Inggris, kamu akan menemukan penggunaan ketiga kata ini. Perbedaan dalam tata bahasa membuat mereka memiliki fungsi yang berbeda. Has dan had merupakan derivatif dari have. Namun, penggunaan have selalu berpasangan dengan I, we, you, they, dan subjek jamak lainnya.

Sebaliknya, has digunakan untuk subjek tunggal seperti she, he, it, dan subjek tunggal lainnya. Khusus untuk had, itu adalah bentuk past (V2) dan past participle (V3) dari have. Had digunakan dalam kalimat tense masa lampau dan perfect tense, serta berlaku untuk semua subjek, baik tunggal maupun jamak.

Penggunaan Have, Has, dan Had

Berikut ini penjelasan lebih dalam terkait penggunaan have, has, dan had dalam kalimat bahasa Inggris.

Penggunaan Have

Kata “Have”Merupakan bentuk dasar dari kata kerja, dan  banyak digunakan dalam present tense ( simple present) dan sebagai kata kerja bantu dalam perfect tenses. Contohnya seperti berikut:

  • I have a dog. (Saya punya anjing) – Menunjukkan  kepemilikan
  • She has lived here for five years ( Dia telah tinggal di sini selama 5 tahun) – Present Perfect: menunjukkan suatu tindakan yang dimulai di masa lalu dan berlanjut hingga saat ini.

Jadi melalui kedua contoh tersebut, tertentu kamu lebih mudah untuk memahami penggunaan kata “have”.

Penggunaan Had

Selanjutnya untuk penggunaan “Had” yang merupakan bentuk lampau dari “have” yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan maupun kepemilikan di masa lalu sebagai kata kerja bantu dalam bentuk lampau yang sempurna. Contohnya  seperti berikut:

  • He had a car when he was younger. (Dia punya mobil ketika dia masih muda) – Menjelaskan masa lalu yang sederhana, menunjukkan kepemilikan di masa lalu.
  • They had finished dinner before the movie started. (Mereka sudah selesai makan malam sebelum film dimulai.) – Past Perfect: menunjukkan suatu tindakan selesai sebelum tindakan lain di masa lalu.

Penggunaan Had

“Had” merupakan past perfect dari “have.” Digunakan ketika ada dua tindakan di masa lalu, dan satu tindakan terjadi sebelum tindakan lainnya. Contohnya seperti berikut:

  • She had breakfast before she left for work. (Dia sarapan sebelum berangkat kerja.) – Aksi sarapan pagi terjadi sebelum tindakan berangkat kerja.
  •  They had a discussion about it before making a decision. (Mereka mendiskusikannya sebelum mengambil keputusan.) – Tindakan berdiskusi terjadi sebelum tindakan pengambilan keputusan.

Dengan contoh tersebut mungkin kamu sudah bisa memahami ketiganya dengan baik.

Penutup

Perbedaan have, has, had, sebenarnya sangat sederhana. Jadi “have” digunakan dalam present tense dan present perfect tense. “Has” digunakan dalam past tense dan past perfect tense.

Dan “Had” digunakan ketika ada dua tindakan di masa lalu, dan satu tindakan terjadi sebelum tindakan lainnya, yang menunjukkan bentuk lampau yang sempurna.

Memahami berbagai macam materi bahasa Inggris memang tidak mudah dan membutuhkan pendamping. Maka dari itu disarankan jika kau bergabung dengan lembaga kursus bahasa Inggris profesional, sehingga materi pembelajaran bisa disusun sesuai dengan kemampuan kamu. ICAN English  dapat menjadi solusi yang tepat, dimana  kamu akan mendapatkan materi pembelajaran yang sesuai, tutor profesional, dan konsep pembelajaran yang menarik.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi