perbedaan kalimat verbal dan nominal

Perbedaan Kalimat Verbal dan Nominal

Ketika belajar bahasa Inggris kamu perlu mengetahui bahwa ada dua jenis kalimat yang bisa digunakan. Kalimat pertama adalah kalimat verbal dan kedua adalah nominal. Perbedaan kalimat verbal dan nominal harus kamu pahami agar bisa menggunakannya dengan benar.

Ini adalah salah satu ilmu dasar dalam bahasa Inggris sebelum kamu mempelajari grammar. Kamu harus memahami bahwa ada perbedaan kalimat verbal dan nominal sebelum kamu mempelajari tenses.

Pengertian Kalimat Verbal dan Nominal

Perbedaan kalimat verbal dan nominal seringkali dirasa sulit karena kamu harus mengetahui juga mengenai aturan penggunaannya. Namun, setelah kamu mengetahui definisi dan kegunaan masing-masing, maka pasti akan lebih mudah membedakan antara kedua kalimat ini.

Verbal

Kalimat verbal adalah kalimat yang memiliki predikat kata kerja atau verb. Kalimat ini bertujuan untuk menjelaskan tentang dilakukannya sebuah aktivitas atau kegiatan. Dengan kata lain, kalimat ini adalah kalimat yang menjelaskan kata kerja, baik dalam kondisi waktu masa lalu, sekarang atau masa depan.

Contoh kalimat ini adalah:

  • I am running to the parking lot now
  • He gave me some flowers yesterday
  • We will hold the meeting at 4 PM tomorrow

Dari contoh tersebut, kamu bisa melihat bahwa ciri-ciri dari kalimat verb adalah subjek dan to be selalu diikuti oleh kata kerja. Lalu, verb yang digunakan di sini bisa bersifat aktif atau pasif.

Nominal

Dalam materi bahasa Inggris, kalimat nominal bertujuan untuk menjelaskan tentang identitas atau suatu kondisi tertentu. Misalnya, menjelaskan seputar nama orang, sifat, kondisi, lokasi atau sejenisnya. Secara singkat, kalimat ini tidak menjelaskan mengenai kegiatan atau aktvitas.

  • My father is so tall
  • She is actually kind
  • Erza is the most beautiful girl in our family

Dapat dilihat bahwa ciri-ciri kalimat nominal adalah menggunakan to be definitive seperti is, am, are, was, dan were. Lalu, to be biasanya diikuti oleh noun atau kata benda, kata sifat atau preposisi.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Verbal Sentence dalam Bahasa Inggris

Jenis Kalimat Verbal dan Nominal

Jika dilihat lebih rinci lagi, kalimat verbal terbagi menjadi tiga jenis yang berbeda. Kalimat verbal positif sering juga terkenal dengan nama kalimat afirmatif. Secara umum, kalimat ini digunakan untuk menjelaskan suatu kejadian atau aksi. Sedangkan, kalimat verbal negative biasanya menambahkan do/does/did pada awal kalimat.

Seperti halnya kalimat verbal, kalimat nominal juga terdiri dari beberapa jenis. Terdapat kalimat nominal positif yang disebut sebagai kalimat afirmatif. Kalimat ini biasanya digunakan untuk menjelaskan situasi, posisi atau tingkatan.

Sementara kalimat nominal negatif biasanya menggunakan not di depan nomina atau kata bendanya. Lalu, ada kalimat nominal interogatif yang terbentuk dengan posisi to be di awalan kalimat.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi