Belajar Percakapan Basa Basi Bahasa Inggris

Belajar Percakapan Basa Basi Bahasa Inggris

Percakapan basa basi Bahasa Inggris adalah jenis percakapan yang dapat kamu lakukan ketika ingin berbicara dengan seseorang. Tetapi, tidak satu pun dari kamu dan orang tersebut ingin terlibat dalam percakapan yang sangat mendalam atau rumit.

Disebut ‘basa basi’ karena kamu membicarakan hal-hal yang tidak penting. Tujuannya adalah untuk memecah keheningan. Selain itu, dapat membuat kamu dan lawan bicara merasa lebih nyaman dan bersahabat satu sama lain pada momen tersebut.

Contoh Percakapan Basa Basi Bahasa Inggris

Berikut adalah topik percakapan basa basi bahasa Inggris yang bagus:

Perkenalan

Sebelum bisa mengenal seseorang, ada baiknya kamu memperkenalkan diri. Kamu bisa memperkenalkan diri kepada orang yang belum kamu kenal, atau mengingatkan seseorang yang pernah kamu temui sebelumnya, mungkin sudah melupakan kamu.

Saat memperkenalkan diri, kamu dapat menambahkan sedikit informasi seperti di mana pertama kali bertemu, atau apa yang kamu lakukan. Kamu bahkan dapat menggunakan pembelajaran bahasa Inggris sebagai pembuka percakapan!

“Good morning! We always drink coffee together, but we’ve never talked. I’m [nama kamu].” 

“Hello! How are you? I’m [nama kamu], and I’m learning English. Please tell me if I make any mistakes.”

“Hi Angela! We met at Tom’s Christmas party last year. I’m [nama kamu].”

Topik Umum

Topik yang bersifat universal dapat dibagikan oleh hampir semua orang. Hal-hal seperti cuaca, berita terkini, olahraga, dan hiburan biasanya merupakan pembuka percakapan yang aman, terutama saat berbicara di depan suatu kelompok.

Meskipun topik ini dibicarakan oleh banyak orang, beberapa orang mungkin bukan penggemar olahraga, atau mungkin tidak mengikuti berita hiburan. Jadi jika bisa, cobalah mencocokkan minat orang tersebut dengan topik yang kamu pilih. Misalnya, jika kamu pernah mendengar mereka membicarakan berita besar di masa lalu, kamu dapat mencoba membicarakan berita hari ini.

“Did you see the Oscars last week? Leonardo DiCaprio finally won!”

“The weather’s nuts! It was cold yesterday, but today I wore my jacket open. Hope it stays warm, right?”

“That basketball game had me hooked! What a save at the end, huh?”

Topic about the Day

Jika kamu tidak yakin topik apa yang ingin dibicarakan atau tidak ada sesuatu yang menarik untuk dikatakan, kamu bisa bertanya kepada seseorang tentang kesehariannya. Atau kamu bisa membicarakan keseharian. Misalnya, kamu dapat bertanya beberapa hal berikut:

“How was your day?”

“How are you feeling today?”

“What have you been doing today?”

“Anything exciting happen today?”

“What’s your plan after work?”

“Doing anything fun after work?”

Kamu juga dapat berbagi informasi tentang hari dan apa yang kamu lakukan. Tetapi, cobalah untuk menjaga keseimbangan antara berbicara dan mendengarkan, sehingga kamu berdua dapat berbicara dalam porsi yang sama.

Meskipun orang tersebut terlihat sedang mengalami hari yang buruk, kamu dapat membuatnya lebih cerah hanya dengan percakapan basa basi Bahasa Inggris! Pastikan untuk tidak mengajukan pertanyaan yang terlalu pribadi, dan berikan kata-kata penyemangat yang baik.

Baca Juga: Percakapan Ringan Bahasa Inggris

Cara Belajar Percakapan Kecil Bahasa Inggris

Kunci untuk mempelajari percakapan basa basi bahasa Inggris adalah dengan menggunakan konten dan alat yang tepat. Buku teks biasa tidak akan mengajarkan bahasa Inggris biasa yang perlu kamu ketahui. Kamu perlu belajar dari bahasa Inggris yang sebenarnya, seperti yang diucapkan oleh penutur asli.

Kamu bisa berlatih dengan teman penutur asli. Mereka dapat membantu belajar melakukan percakapan dengan cara yang alami. Jika kamu tidak memiliki rekan bahasa atau teman berbahasa Inggris, acara TV dan film adalah alternatif yang baik.

Kamu juga bisa berlangganan layanan streaming video. Atau, gunakan YouTube sebagai sumber daya yang besar besar dan bermanfaat yang berisi banyak penutur asli bahasa Inggris dan beragam konten.

Cara terakhir yang terbilang efektif adalah dengan ikut kursus Bahasa Inggris. ICAN English memberikan materi belajar berkualitas, lengkap dengan metode pembelajaran yang variatif agar kamu bisa melakukan conversation di lingkungan formal dan informal.

Di kelas kami, pembelajaran bahasa dipersonalisasi sesuai kemampuan belajar setiap siswa. Jadi, belajar bahasa Inggris akan lebih cepat karena sesuai kebutuhan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi