perhitungan score toefl listening

Perhitungan Score TOEFL Listening

TOEFL listening score dengan skor sesi lain memiliki perbedaan satu sama lain. Sehingga, kamu tidak bisa menyamaratakan jumlah skor. Untuk Listening section sendiri soalnya cenderung lebih banyak yakni sekitar kurang lebih 50 soal dengan jumlah skor yang setara layaknya section lain.

TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) sendiri merupakan tes yang diperuntukan sebagai salah satu persyaratan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, pekerjaan, dan sebagainya. Listening section atau sesi mendengarkan merupakan salah satu bentuk soal yang akan muncul pada tes ini.

Cara Perhitungan TOEFL Listening Score

Cara menghitung skor TOEFL tidak hanya menambahkan skor di sesi satu dengan sesi lainnya. pada penilainnya, baik TOEFL IBT maupun ITP memiliki langkah-langkah yang harus dilakukannya untuk mendapatkan skor akhir. Berikut merupakan langkah-langkah dalam penilaian TOEFL listening score serta contoh dan klasifikasi skornya.

1. Langkah-langkah menghitung skor TOEFL listening

Untuk mencapai nilai akhir pada suatu tes TOEFL, terdapat lima langkah penilaian yang harus dilakukan, langkah pertama yaitu, hitung jumlah jawaban yang benar pada section listening yang telah dilaksanakan. Selanjutnya konversikan nilai tersebut dengan klasifikasi nilai listening yang telah disepakati.

Adapun, untuk listening sendiri dari total 50 soal maka akan mendapatkan nilai maksimal sekitar 31-68. Setelah kamu mendapatkan nilai hasil konversi tersebut, selanjutnya kalikan sepuluh. Terakhir, nilai listening tersebut akan dijumlahkan dengan nilai lainnya lalu dibagi tiga (sesuai dengan jumlah section dalam TOEFL).

2. Contoh perhitungan nilai TOEFL

Supaya lebih paham mengenai proses penilainnya, kamu bisa melihat contoh berikut. Misalnya, jawaban listening yang benar; 37 (hasil konversi nilainya jadi 55), jawaban struktur yang benar; 30 (hasil konversi nilainya jadi 54), dan jawaban reading yang benar; 38 (hasil konversi nilainya 54).

Setelah itu, nilai tersebut dijumlahkan, maka totalnya adalah; 163. Kemudian, dikalikan 10, maka hasilnya 163 x 10 = 1630. Kemudian, hasil tersebut dibagi tiga, maka 1630 : 3 = 543. Hasil tersebut adalah nilai akhir untuk skor TOEFL kamu.

Baca Juga:
Channel Youtube untuk Belajar TOEFL Listening

3. Klasifikasi skor TOEFL

Skor TOEFl sendiri memiliki klasifikasi berdasarkan jumlah nilai yang diraihnya. Jumlah nilai tersebut dibagi kedalam 4 klasifikasi berbeda dimulai dari yang terendah hingga yang tertinggi. Semakin tinggi skor, maka klasifikasinya akan semakin baik.

Adapun tingkat klasifikasi tersebut adalah, pertama untuk skor 310-420 maka merupakan tingkat dasar (elementary). Berikutnya, untuk skor 420-480 merupakan tingkat menengah bawah (low intermediate). Lalu, untuk skor 480-520 merupakan tingkat menengah atas (high intermediate). Terakhir, skor 525-677 merupakan tingkat mahir (advance).

Baca Juga:
Trik Mudah Belajar TOEFL Listening

Cara Belajar TOEFL Listening

Setelah mengetahui cara perhitungan skor untuk sesi listening TOEFL, berikutnya kamu juga perlu mengetahui cara belajar efektifnya agar mendapatkan nilai yang memuaskan. Berikut merupakan beberapa cara belajar TOEFL listening yang mudah diikuti.

1. Menggunakan media lagu dan film berbahasa inggris

Cara pertama yaitu dengan menggunakan media lagu dan film berbahasa Inggris. metode tersebut mungkin akan terasa main-main, tetapi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh akan sangat membantu proses belajar kamu karena secara tidak langsung. Adapun, langkah-langkahnya pertama, kamu pilih lagu dan film favorit dalam bahasa inggris untuk didengar.

Setelah itu dengarkan setiap bait atau dialog yang diutarakan. Untuk lagu, dengarkan dan coba nyanyikan hingga kamu terbiasa. Pastikan untuk mendengarkan banyak lagu agar kosakata kamu bertambah. Sedangkan untuk film, pertama kamu bisa menggunakan terjemahan Indonesia, lalu dilanjutkan dengan terjemahan inggris, jika sudah biasa kamu bisa hapus terjemahannya.

2. Mengikuti kursus pelatihan khusus

Selain melakukan latihan mandiri lewat berbagai media, penting juga untuk mengikuti kursus persiapan TOEFL agar didampingi oleh tenaga ahlinya. Salah satu rekomendasi tempat kursus yang bisa kamu pilih adalah ICAN English yang telah memiliki izin resmi dan bersertifikasi internasional.

Itulah informasi mengenai TOEFL listening score serta cara belajar listening. Mengikuti kursus khusus dan latihan secara mandiri penting untuk dilakukan agar kamu bisa lebih paham dan mendapatkan skor terbaik. 

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web