perubahan kata kerja bahasa inggris

Perubahan Kata Kerja Bahasa Inggris

Perubahan kata kerja bahasa Inggris menunjukkan adanya perbedaan waktu dalam sebuah kalimat. Kata kerja bisa berubah karena sebuah aktivitas atau peristiwa terjadi pada waktu berbeda, yaitu di masa lalu, masa sekarang, masa yang sedang terjadi, dan masa depan. Jadi, seseorang yang belajar bahasa Inggris harus mengetahui bahwa waktu sebuah peristiwa atau kejadian bisa merubah kata kerja atau verb.

Supaya lebih jelas, berikut contoh kalimat yang mengalami perubahan kata kerja karena mempunyai kondisi waktu yang berbeda sebagaimana berikut:

Amanda teaches our English class – Amanda Mengajar kelas bahasa Inggris kami

Dalam contoh kalimat tersebut, kata kerja yang digunakan adalah “Teaches” dari base verb “Teach”, yang apabila kejadian tersebut terjadi di masa lampau atau sudah terlewati, maka verba atau kata kerja akan mengalami perubahan sebagaimana berikut:

Amanda taught our English class yesterday – Amanda telah Mengajar kelas bahasa Inggris kita kemarin.

Karena pada contoh kalimat kedua terdapat keterangan waktu yesterday atau kemarin maka verb yang semula adalah “Teach/Teaches” berubah menjadi “Taught”.

Perubahan kata kerja tersebut adalah perubahan di mana terdapat kata kerja bentuk pertama atau yang disebut dengan Infinitive atau verb 1, dan kata kerja yang kedua disebut dengan past tense atau verb 2, dan ada juga kata kerja yang ketiga yang disebut past participle atau verb 3.

Baca Juga:
Contoh Kata Kerja Bahasa Inggris

Dalam belajar bahasa Inggris, perubahan kata kerja ini tidak selalu sama atau tidak selalu beraturan dalam penulisannya sebagaimana contoh diatas yang semula teach bisa menjadi taught.

Kata Kerja Beraturan

Disebut juga sebagai regular verb yang jumlahnya cukup banyak. Tanda-tanda kata kerja beraturan yaitu mempunyai pembentukan verb 2 dan verb 3 dengan penambahan -ed pada verb 1. Selain itu ada beberapa ketentuan untuk penambahan -ed yang harus kamu perhatikan.

Pada beberapa kata kerja beraturan, hanya ada tambahan -ed dari bentuk kata kerja pertama sebagaimana berikut:

Ask – Asked – Asked

Call – Called – Called

Kill – Killed – Killed

Wash – Washed – Washed

Watch – Watched – Watched

Jika bentuk verb 1 ternyata berakhiran dengan adanya konsonan -e, bentuk verb 2 dan verb 3 bisa ditambah dengan huruf -d, sebagaimana contoh berikut:

Advise – Advised – Advised

Examine – Examined – Examined

Dance – Danced – Danced

Erase – Erased – Erased

Jika verb 1 tersebut terdiri dari 1 suku kata, kemudian berakhir huruf mati dan sebelumnya sudah diawali dengan huruf hidup, bentuk verb 2 dan verb 3 bisa digandakan dengan huruf akhir, kemudian tambah dengan ed, sebagaimana contoh berikut:

Beg-Begged-Begged

Stop-Stopped-Stopped

Rob-Robbed-Robbed

Jika verb 1 berakhiran dengan huruf l, kemudian sebelumnya sudah diawali huruf hidup, bentuk verb 2 dan verb 3 bisa dengan menggandakan l lalu tambah ed, sebagaimana contoh berikut:

Cancel-Cancelled-Cancelled

Travel-Travelled-Travelled

Jika verb 1 menggunakan akhiran huruf y, dan pada sebelumnya sudah diawali huruf mati, bentuk verb 2 dan verb 3 dengan cara merubah y jadi i, kemudian tambahkan ed. Tetapi, kalau verb 1 mempunyai akhiran kata, kemudian diawali dengan huruf hidup verb 2 dan verb 3 tinggal diberi imbuhan ed, sebagaimana contoh berikut:

Supply-Supplied-Supplied

Cry-Cried-Cried

Study-Studied-Studied

Baca Juga:
Kata Sifat Bahasa Inggris Yang Sering Digunakan

Kata Kerja Irregular/ Tidak Beraturan

Disebut demiikian, karena bentuk verb 2 dan verb 3 dari verb 1 tidak punya aturan tertentu, sebagaimana contoh kata kerja tidak beraturan berikut:

Awake-Awoke-Awoken

Become-Became-Become

Blow-Blew-Blown

Break-Broke-Broken

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa saja perubahan kata kerja bahasa Inggris. Bisa disimpulkan bahwa perubahan kata kerja bisa terjadi karena adanya kondisi waktu peristiwa atau kejadian yang berbeda. Dengan informasi ini, kamu jadi lebih tahu tentang perubahan kata kerja.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web