Perubahan kata kerja bahasa Inggris

Perubahan Kata Kerja Bahasa Inggris

Feb 14, 2022 | Bahasa Inggris

Perubahan kata kerja bahasa Inggris menunjukkan adanya perbedaan waktu dalam sebuah kalimat. Kata kerja bisa berubah karena sebuah aktivitas atau peristiwa terjadi pada waktu berbeda, yaitu di masa lalu, masa sekarang, masa yang sedang terjadi, dan masa depan. Jadi, seseorang yang belajar bahasa Inggris harus mengetahui bahwa waktu sebuah peristiwa atau kejadian bisa merubah kata kerja atau verb.

Supaya lebih jelas, berikut contoh kalimat yang mengalami perubahan kata kerja karena mempunyai kondisi waktu yang berbeda sebagaimana berikut:

Amanda teaches our English class – Amanda Mengajar kelas bahasa Inggris kami

Dalam contoh kalimat tersebut, kata kerja yang digunakan adalah “Teaches” dari base verb “Teach”, yang apabila kejadian tersebut terjadi di masa lampau atau sudah terlewati, maka verba atau kata kerja akan mengalami perubahan sebagaimana berikut:

Amanda taught our English class yesterday – Amanda telah Mengajar kelas bahasa Inggris kita kemarin.

Karena pada contoh kalimat kedua terdapat keterangan waktu yesterday atau kemarin maka verb yang semula adalah “Teach/Teaches” berubah menjadi “Taught”.

Perubahan kata kerja tersebut adalah perubahan di mana terdapat kata kerja bentuk pertama atau yang disebut dengan Infinitive atau verb 1, dan kata kerja yang kedua disebut dengan past tense atau verb 2, dan ada juga kata kerja yang ketiga yang disebut past participle atau verb 3.

Baca Juga: CONTOH KATA KERJA BAHASA INGGRIS

Dalam belajar bahasa Inggris, perubahan kata kerja ini tidak selalu sama atau tidak selalu beraturan dalam penulisannya sebagaimana contoh diatas yang semula teach bisa menjadi taught.

Kata Kerja Beraturan

Disebut juga sebagai regular verb yang jumlahnya cukup banyak. Tanda-tanda kata kerja beraturan yaitu mempunyai pembentukan verb 2 dan verb 3 dengan penambahan -ed pada verb 1. Selain itu ada beberapa ketentuan untuk penambahan -ed yang harus kamu perhatikan.

Pada beberapa kata kerja beraturan, hanya ada tambahan -ed dari bentuk kata kerja pertama sebagaimana berikut:

Ask – Asked – Asked

Call – Called – Called

Kill – Killed – Killed

Wash – Washed – Washed

Watch – Watched – Watched

Jika bentuk verb 1 ternyata berakhiran dengan adanya konsonan -e, bentuk verb 2 dan verb 3 bisa ditambah dengan huruf -d, sebagaimana contoh berikut:

Advise – Advised – Advised

Examine – Examined – Examined

Dance – Danced – Danced

Erase – Erased – Erased

Jika verb 1 tersebut terdiri dari 1 suku kata, kemudian berakhir huruf mati dan sebelumnya sudah diawali dengan huruf hidup, bentuk verb 2 dan verb 3 bisa digandakan dengan huruf akhir, kemudian tambah dengan –ed, sebagaimana contoh berikut:

Beg – Begged – Begged

Stop – Stopped – Stopped

Rob – Robbed – Robbed

Jika verb 1 berakhiran dengan huruf –l, kemudian sebelumnya sudah diawali huruf hidup, bentuk verb 2 dan verb 3 bisa dengan menggandakan l lalu tambah –ed, sebagaimana contoh berikut:

Cancel – Cancelled – Cancelled

Travel – Travelled – Travelled

Jika verb 1 menggunakan akhiran huruf –y, dan pada sebelumnya sudah diawali huruf mati, bentuk verb 2 dan verb 3 dengan cara merubah y jadi i, kemudian tambahkan –ed. Tetapi, kalau verb 1 mempunyai akhiran kata –y, kemudian diawali dengan huruf hidup verb 2 dan verb 3 tinggal diberi imbuhan –ed, sebagaimana contoh berikut:

Supply – Supplied – Supplied

Cry – Cried – Cried

Study – Studied – Studied

Baca Juga: KATA SIFAT BAHASA INGGRIS YANG SERING DIGUNAKAN

Kata Kerja Irregular/ Tidak Beraturan

Disebut demiikian, karena bentuk verb 2 dan verb 3 dari verb 1 tidak punya aturan tertentu, sebagaimana contoh kata kerja tidak beraturan berikut:

Awake – Awoke – Awoken

Become – Became – Become

Blow – Blew – Blown

Break – Broke – Broken

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa saja perubahan kata kerja Bahasa Inggris. Bisa disimpulkan bahwa perubahan kata kerja bisa terjadi karena adanya kondisi waktu peristiwa atau kejadian yang berbeda. Dengan informasi ini, kamu jadi lebih tahu tentang perubahan kata kerja.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH