Rekomendasi Conversation Class di Tangerang

Rekomendasi Conversation Class di Tangerang

Menguasai seni percakapan adalah suatu keterampilan – terutama ketika percakapan tersebut bukan dalam bahasa ibu, Bahasa Indonesia. Itulah mengapa saat ini ada banyak pilihan conversation class di Tangerang. Saat memperoleh bahasa pertama, semua orang memulainya dengan berbicara sebelum beralih ke keterampilan tata bahasa dan menulis.

Namun, ketika belajar bahasa kedua, yaitu Bahasa Inggris, sering kali berfokus pada membaca dan memahami terlebih dahulu daripada narasi verbal. Jika berbicara adalah keterampilan bahasa utama yang diperlukan, maka bagaimanakah praktik percakapan yang efektif dalam kursus bahasa?

5 Peran Conversation Dalam Belajar Bahasa

Banyak pelajar internasional merasa tidak aman ketika mereka tiba di negara tujuan. Meskipun telah mempersiapkan diri dengan kursus bahasa sebelumnya, terkadang masih kesulitan memahami penutur asli di lingkungan tersebut.

Pengajaran bahasa tradisional umumnya hanya sebatas formalitas dalam kelas. Hal tersebut justru tidak menunjukkan bagaimana menggunakan bahasa asing di dunia nyata. Berikut adalah lima peran mengapa conversation class sangat penting dalam pelatihan bahasa:

1. Learning by Doing

Latihan percakapan memungkinkan pelajar bahasa untuk mengasimilasi pengetahuan yang diperoleh, mengintegrasikan berbagai keterampilan kognitif sekaligus menghasilkan komunikasi lisan.

Menurut penelitian Elise W. M. Hopman dan Maryellen C. MacDonald dari Universitas Wisconsin-Madison, pelajar bahasa yang berlatih berbicara lebih unggul dibandingkan pelajar yang berlatih pemahaman bahasa inggris tanpa latihan lisan.

Studi ini juga menunjukkan bahwa pembicara mengandalkan memori selama berbicara. Dari latihan conversation, terdapat hubungan antara tata bahasa, tanda baca, dan kosa kata, yang meningkatkan hubungan antar elemen linguistik saat pembicara membentuk sebuah kalimat.

Keseimbangan yang baik antara mendengarkan dan berbicara sangat penting untuk pembelajaran bahasa efektif. Pelatihan bahasa perlu dirancang sedemikian rupa sehingga keterampilan dan pengetahuan diperoleh dapat diterapkan di dunia nyata.

2. Latihan Percakapan Dua Arah

Bahasa berkembang pesat dan membutuhkan keterampilan mendengarkan kompeten. Keterampilan percakapan dapat meningkat melalui kemauan mendengarkan aktif.

Jadi ketika berbicara tentang pentingnya mendengarkan dalam pembelajaran bahasa, tidak cukup dengan latihan mendengarkan secara pasif. Tetapi lebih pada bagaimana mendengarkan instuktur dan teman lainnya di tempat kursus.

Agar terjadi komunikasi, dibutuhkan kemauan untuk menyimak lebih dari sekedar menanggapi pertanyaan. Conversation Class melatih seluruh siswa untuk menyimak yang menunjukkan minat dan menanyakan pertanyaan lanjutan yang benar.

Contoh, di kelas Conversation, kamu bisa menggunakan leksis untuk menghentikan instruktur dan bertanya ketika kamu belum memahami suatu kata atau frasa. Hal seperti ini menunjukkan bahwa kamu punya kemauan untuk melakukan percakapan dua arah.

3. Melatih Membangun Hubungan

Ketika kamu menerima rasa ingin tahunya, menunjukkan bahwa terdapat perkembangan dalam belajar. Siswa yang menaruh perhatian pada instruktur dan sesama siswa lainnya akan mendapatkan manfaat dari pembelajaran di kelas conversation tersebut.

Membangun hubungan baik dan menunjukkan minat pada lawan bicara adalah bagian penting dari komunikasi. Mempelajari keterampilan percakapan juga erat kaitannya dengan kecerdasan dan pemahaman emosional.

Conversation Class Tangerang adalah tempat dimana kamu tidak perlu khawatir soal kebernaran. Tidak masalah jika melakukan kesalahan dalam tata bahasa, kamu hanya perlu terus berkomunikasi. Seiring berjalannya waktu, kesalahan tersebut akan lebih berkurang.

4. Flipped Classroom Approach

Pendekatan ini sudah ada sejak tahun 1990-an sebagai cara tepat untuk meningkatkan keterlibatan pelajar sebelum dan selama sesi pelatihan langsung.

Pembelajaran tradisional sering kali memberikan penekanan pada guru, dan pelajar sebagai penerima informasi pasif. Pelajar sering kali mendapatkan sedikit pemahaman selama proses pembelajaran. Pendekatan ini mengubah metode, memindahkan pelajar ke posisi sentral dalam proses pembelajaran.

Pendekatan kelas terbalik mempercepat pembelajaran dengan membiarkan siswa bekerja dengan kecepatan sendiri, memberikan keleluasaan agar dapat memutuskan apa yang ingin dipelajari. Apalagi saat ini, banyak aplikasi pembelajaran bahasa yang mudah diintegrasikan dalam pendekatan kelas terbalik, misalnya mulai berlatih percakapan.

5. Konten Dirancang Khusus

Banyak kursus bahasa atau program conversation class yang menangani pembelajaran bahasa dari sudut pandang tata bahasa. Hal ini kurang efektif untuk membangun kepercayaan diri dan keterampilan percakapan.

Tetapi, dalam kelas conversation, materi pembelajaran dirancang khusus agar siswa didorong untuk berbicara berbagai topik dari awal. Sehingga, pengalaman belajar lebih berbeda dengan kursus bahasa inggris lainnya. Pembelajaran juga terasa lebih memenuhi kebutuhan individu maupun kelompok di kelas.

Baca Juga:
Pilihan Terbaik Conversation Class di Jakarta
Mengenal Lebih Jauh Kursus Conversation

Rekomendasi Conversation Class Tangerang

Ingin meningkatkan kemampuan berkomunikasi untuk kebutuhan studi ataupun peluang karir? Kamu bisa langsung bergabung di program Conversation Class Tangerang ICAN English. Belajar privat atau kelompok, online atau offline, kamu akan lebih banyak berkomunikasi dalam bahasa inggris dan terbiasa menggunakannya dalam percakapan apa pun.

Mampu berbicara bahasa Inggris akan membantu kamu mendapatkan pekerjaan di luar negara asal jika atau negara berbahasa Inggris. Pasar kerja akan meluas dan resume kamu akan menonjol di mata perekrut.

Telah terbukti juga bahwa mereka yang mampu berbicara lebih dari satu bahasa berpikir secara berbeda. Mereka lebih baik dalam mengingat sesuatu, berpikir lebih kritis, berpikir di luar sudut pandang seseorang, dan memiliki kemampuan lebih besar untuk fokus.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.