Rekomendasi Conversation Class di Tangerang

Rekomendasi Conversation Class di Tangerang

Menguasai seni percakapan adalah suatu keterampilan – terutama ketika percakapan tersebut bukan dalam bahasa ibu, Bahasa Indonesia. Itulah mengapa saat ini ada banyak pilihan conversation class di Tangerang. Saat memperoleh bahasa pertama, semua orang memulainya dengan berbicara sebelum beralih ke keterampilan tata bahasa dan menulis.

Namun, ketika belajar bahasa kedua, yaitu Bahasa Inggris, sering kali berfokus pada membaca dan memahami terlebih dahulu daripada narasi verbal. Jika berbicara adalah keterampilan bahasa utama yang diperlukan, maka bagaimanakah praktik percakapan yang efektif dalam kursus bahasa?

5 Peran Conversation Dalam Belajar Bahasa

Banyak pelajar internasional merasa tidak aman ketika mereka tiba di negara tujuan. Meskipun telah mempersiapkan diri dengan kursus bahasa sebelumnya, terkadang masih kesulitan memahami penutur asli di lingkungan tersebut.

Pengajaran bahasa tradisional umumnya hanya sebatas formalitas dalam kelas. Hal tersebut justru tidak menunjukkan bagaimana menggunakan bahasa asing di dunia nyata. Berikut adalah lima peran mengapa conversation class sangat penting dalam pelatihan bahasa:

1. Learning by Doing

Latihan percakapan memungkinkan pelajar bahasa untuk mengasimilasi pengetahuan yang diperoleh, mengintegrasikan berbagai keterampilan kognitif sekaligus menghasilkan komunikasi lisan.

Menurut penelitian Elise W. M. Hopman dan Maryellen C. MacDonald dari Universitas Wisconsin-Madison, pelajar bahasa yang berlatih berbicara lebih unggul dibandingkan pelajar yang berlatih pemahaman bahasa inggris tanpa latihan lisan.

Studi ini juga menunjukkan bahwa pembicara mengandalkan memori selama berbicara. Dari latihan conversation, terdapat hubungan antara tata bahasa, tanda baca, dan kosa kata, yang meningkatkan hubungan antar elemen linguistik saat pembicara membentuk sebuah kalimat.

Keseimbangan yang baik antara mendengarkan dan berbicara sangat penting untuk pembelajaran bahasa efektif. Pelatihan bahasa perlu dirancang sedemikian rupa sehingga keterampilan dan pengetahuan diperoleh dapat diterapkan di dunia nyata.

2. Latihan Percakapan Dua Arah

Bahasa berkembang pesat dan membutuhkan keterampilan mendengarkan kompeten. Keterampilan percakapan dapat meningkat melalui kemauan mendengarkan aktif.

Jadi ketika berbicara tentang pentingnya mendengarkan dalam pembelajaran bahasa, tidak cukup dengan latihan mendengarkan secara pasif. Tetapi lebih pada bagaimana mendengarkan instuktur dan teman lainnya di tempat kursus.

Agar terjadi komunikasi, dibutuhkan kemauan untuk menyimak lebih dari sekedar menanggapi pertanyaan. Conversation Class melatih seluruh siswa untuk menyimak yang menunjukkan minat dan menanyakan pertanyaan lanjutan yang benar.

Contoh, di kelas Conversation, kamu bisa menggunakan leksis untuk menghentikan instruktur dan bertanya ketika kamu belum memahami suatu kata atau frasa. Hal seperti ini menunjukkan bahwa kamu punya kemauan untuk melakukan percakapan dua arah.

3. Melatih Membangun Hubungan

Ketika kamu menerima rasa ingin tahunya, menunjukkan bahwa terdapat perkembangan dalam belajar. Siswa yang menaruh perhatian pada instruktur dan sesama siswa lainnya akan mendapatkan manfaat dari pembelajaran di kelas conversation tersebut.

Membangun hubungan baik dan menunjukkan minat pada lawan bicara adalah bagian penting dari komunikasi. Mempelajari keterampilan percakapan juga erat kaitannya dengan kecerdasan dan pemahaman emosional.

Conversation Class Tangerang adalah tempat dimana kamu tidak perlu khawatir soal kebernaran. Tidak masalah jika melakukan kesalahan dalam tata bahasa, kamu hanya perlu terus berkomunikasi. Seiring berjalannya waktu, kesalahan tersebut akan lebih berkurang.

4. Flipped Classroom Approach

Pendekatan ini sudah ada sejak tahun 1990-an sebagai cara tepat untuk meningkatkan keterlibatan pelajar sebelum dan selama sesi pelatihan langsung.

Pembelajaran tradisional sering kali memberikan penekanan pada guru, dan pelajar sebagai penerima informasi pasif. Pelajar sering kali mendapatkan sedikit pemahaman selama proses pembelajaran. Pendekatan ini mengubah metode, memindahkan pelajar ke posisi sentral dalam proses pembelajaran.

Pendekatan kelas terbalik mempercepat pembelajaran dengan membiarkan siswa bekerja dengan kecepatan sendiri, memberikan keleluasaan agar dapat memutuskan apa yang ingin dipelajari. Apalagi saat ini, banyak aplikasi pembelajaran bahasa yang mudah diintegrasikan dalam pendekatan kelas terbalik, misalnya mulai berlatih percakapan.

5. Konten Dirancang Khusus

Banyak kursus bahasa atau program conversation class yang menangani pembelajaran bahasa dari sudut pandang tata bahasa. Hal ini kurang efektif untuk membangun kepercayaan diri dan keterampilan percakapan.

Tetapi, dalam kelas conversation, materi pembelajaran dirancang khusus agar siswa didorong untuk berbicara berbagai topik dari awal. Sehingga, pengalaman belajar lebih berbeda dengan kursus bahasa inggris lainnya. Pembelajaran juga terasa lebih memenuhi kebutuhan individu maupun kelompok di kelas.

Baca Juga:
Mengenal Lebih Jauh Kursus Conversation

Rekomendasi Conversation Class Tangerang

Ingin meningkatkan kemampuan berkomunikasi untuk kebutuhan studi ataupun peluang karir? Kamu bisa langsung bergabung di program Conversation Class Tangerang ICAN English. Belajar privat atau kelompok, online atau offline, kamu akan lebih banyak berkomunikasi dalam bahasa inggris dan terbiasa menggunakannya dalam percakapan apa pun.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web