Rekomendasi Tempat Tes SAT di Balikpapan

Rekomendasi Tempat Tes SAT di Balikpapan

Tempat tes SAT di Balikpapan menyediakan lingkungan yang dirancang untuk menguji kesiapan dan bakat akademik. Fungsinya adalah untuk melihat potensi yang kamu miliki ketika akan masuk ke perguruan tinggi. Ujian tersebut dikelola oleh College Board, sebuah organisasi yang telah menyelenggarakan ujian SAT selama sekitar 100 tahun.

Untuk Apa Tes SAT Dilakukan?

Tes SAT dibagi menjadi 2 bagian: membaca/menulis dan matematika. Setiap bagian dinilai secara individual, dan kemudian digabungkan menjadi satu skor keseluruhan yang mungkin diperlukan universitas sebagai bagian dari persyaratan penerimaan.

Bagian membaca dan menulis SAT berisikan soal pilihan ganda, meliputi:

  • Tes Membaca: Membaca bagian-bagian, lalu menjawab pertanyaan pilihan ganda.
  • Kosakata SAT: Mengidentifikasi kata-kata yang muncul dalam bacaan tingkat perguruan tinggi dan kehidupan profesional, dengan petunjuk konteks.
  • Tes Menulis dan Bahasa: Membaca bagian-bagiannya, kemudian mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan.

Sedangkan pada bagian Matematika dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:

  • Inti Aljabar: Membuat dan menyelesaikan fungsi, persamaan linier, dan sistem persamaan linier.
  • Pemecahan Masalah dan Analisis Data: Kendalikan persentase, penalaran dan rasio proporsional, serta data statistik.
  • Matematika Tingkat Lanjut: Tunjukkan pemahaman tentang persamaan dan fungsi yang berfokus pada STEM.
  • Topik Tambahan dalam Matematika: Tinjauan geometri, trigonometri, ukuran radian dan bilangan kompleks.

Bagian matematika berisikan soal-soal pilihan ganda, meskipun beberapa pertanyaan meminta kamu untuk menulis jawabannya.

Cara Mengerjakan Ujian SAT

Berikut adalah beberapa cara mengerjakan ujian SAT untuk setiap bagiannya:

SAT Reading

Dalam mengerjakan soal reading SAT, jangan membaca seluruh bagian atau membaca ulang bagian mana pun. Kamu akan diminta menjawab dalam 65 menit untuk 5 bagian. Kemungkinan besar, kamu akan melewatkan jawaban beberapa bagian saat membacanya ulang.

Pilih poin-poin penting dari bagian-bagian bacaan untuk membantu memahami dan dengan cepat menunjukkan letak jawaban. Pertanyaan tidak ditempatkan secara hierarki berdasarkan tingkat kesulitan.

Cobalah menjawab pertanyaan yang kamu yakini  dan fokus pada pertanyaan yang memerlukan waktu untuk menganalisisnya. Proses ini akan membantu mengatur waktu dengan lebih baik. Sering latihan di tempat tes SAT di Balikpapan. Hal ini membantu agar kamu dapat memahami pertanyaan yang diajukan dalam Ujian SAT.

Tidak ada nilai negatif dalam format ujian SAT. Oleh karena itu, kamu bebas menjawab semua pertanyaan. Meskipun tidak yakin dengan jawabannya, kamu dapat memilih jawaban dan membantu meningkatkan skor.

SAT Writing

Pada saat mengerjakan SAT Writing, luangkan banyak waktu untuk memeriksa Tata Bahasa seperti tanda baca dan struktur kalimat. Sebagian besar nilai di bagian penulisan termasuk dalam kategori Grammar. Kamu juga harus berlatih mengerjakan soal-soal idiom, homofon, klausa, dan tenses.

Biasakan menjawab banyak tes latihan sebelum menghadapi tes resmi. Proses ini membantu instruktur untuk mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan penguasaan materi.

Selanjutnya, kamu juga harus berlatih meluangkan waktu lebih di akhir tes writing. Waktu yang dapat kamu sisakan akan berguna untuk kebutuhan menganalisis dan memeriksa kembali jawaban yang kurang tepat karena kesalahan ejaan.

Baca Juga:
Les Privat Bahasa Inggris di Balikpapan

SAT Mathematic

Saat latihan persiapan SAT, kamu wajib mempelajari rumus trigonometri, aljabar, dan geometri. Penguasaan dalam rumus tersebut akan membantu menyelesaikan soal pilihan ganda di bagian kalkulator dan non-kalkulator.

Selanjutnya, persiapkan dan praktikkan sedemikian rupa sehingga kamu bisa menyelesaikan perhitungan soal yang mudah. Cara ini akan membantu menghemat waktu di bagian non-kalkulator. Selesaikan perhitungan dengan langkah-langkah cepat dan membantu menghemat waktu untuk memeriksa ulang jawabannya.

Berlatihlah secukupnya untuk mendapatkan jawaban yang akurat. Manfaatkan kursus SAT di pusat pelatihan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan pertanyaan tipe grid-in. Periksa kembali jawaban sambil menandainya di Lembar OMR yang telah disediakan.

Tempat Tes SAT di Balikpapan

Jika nilai atau skor SAT masih terlalu rendah, maka salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan adalah gabung kursus. Program SAT Preparation Course hadir untuk memenuhi kebutuhan tempat tes SAT di Balikpapan. Program tersebut disediakan oleh ICAN English adalah cara efektif untuk meningkatkan kualitas belajar agar skor tes juga ikut meningkat.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.