persiapan penting sebelum tes toefl resmi

Persiapan Penting Sebelum Tes TOEFL Resmi

Seperti yang telah diketahui, tes TOEFL resmi adalah tes standar yang diterima secara internasional. Tes ini mengukur kemampuan bahasa Inggris di empat keterampilan komunikasi, membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis.

Ujian berlangsung selama tiga jam, TOEFL sendiri bisa dilakukan di internet (TOEFL iBT), di atas kertas (TOEFL PBT), atau di dalam kelas (TOEFL ITP).

Apa Persiapan untuk Menghadapi Tes TOEFL Resmi?

Mempersiapkan TOEFL sering kali merupakan masalah preferensi pribadi dan gaya belajar, itulah sebabnya menemukan tutor yang tepat dapat sangat membantu proses belajar kamu.

Selain itu, ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan untuk menghadapi tes TOEFL resmi.

Baca Juga:
Mengenal Apa Itu Kursus TOEFL

Ketahui Level Kemampuan Kamu

Untuk mulai mempersiapkan diri, kamu perlu tahu level kemampuan yang dimiliki. Melakukan latihan tes TOEFL akan membantu kamu. Latihan semacam itu diperlukan untuk memeriksa seberapa realistis kamu mempersiapkan diri untuk TOEFL dalam jangka pendek.

Setelah mengikuti ujian praktik, lihat skor yang kamu dapatkan dan bandingkan dengan yang diinginkan. Biasanya, perguruan tinggi menerima skor di atas 80. Namun, beberapa universitas top mungkin menuntut skor setinggi 100 dan bahkan lebih tinggi. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk memeriksa persyaratan terlebih dahulu untuk melihat berapa skor TOEFL yang diperlukan.

Ketahui Format Tes

TOEFL dibagi menjadi empat bagian, dengan jeda 10 menit antara bagian kedua dan ketiga. Tes dimulai dengan membaca, yang meminta peserta tes untuk membaca bagian dan menjawab 30-40 pertanyaan dalam 54-72 menit, tergantung pada jumlah pertanyaan yang tepat.

Demikian pula, porsi mendengarkan TOEFL dapat berkisar antara 41-57 menit untuk menjawab 28-39 pertanyaan tentang kuliah singkat dan diskusi kelas. Setelah istirahat, bagian berbicara selama 17 menit menantang siswa untuk berbicara tentang topik yang sudah dikenal dan mendiskusikan materi membaca dan mendengarkan. Tes berakhir dengan latihan menulis 50 menit, di mana siswa membaca bagian, mendengarkan rekaman, dan menyusun tanggapan.

Tetapkan Tujuan dan Konsisten

Menurut penelitian psikologi, menetapkan tujuan tidak hanya membantu membentuk kebiasaan dan praktik belajar utama, tetapi juga meningkatkan peluang  untuk sukses. Saat mempersiapkan TOEFL, penting untuk mengetahui bagaimana perguruan tinggi dan universitas akan menggunakan skor TOEFL untuk membuat keputusan penerimaan.

TOEFL dinilai pada skala dari 0 hingga 120, yang diturunkan dari jumlah skor bagian, masing-masing bernilai 30 poin. Karena setiap sekolah menetapkan persyaratannya sendiri untuk nilai ujian yang dapat diterima, peserta ujian harus mengetahui nilai minimum yang diperlukan untuk mendapatkan pertimbangan penerimaan.

Baca Juga:
Bisakah Konversi Skor IELTS Ke TOEFL?

Kursus Persiapan TOEFL

Dengan kursus persiapan TOEFL, kamu akan lebih mudah mempersiapkan diri untuk tes ini. TOEFL sendiri menjadi salah satu tes yang cukup rumit sehingga perlu persiapan yang matang untuk menghadapinya.

ICAN English menjadi salah satu lembaga kursus persiapan TOEFL di mana kami memiliki tutor berpengalaman dan fasilitas terbaik untuk belajar bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu.

Selain kelas persiapan TOEFL, kami juga memiliki kelas persiapan IELTS, kelas Basic English dan berbagai kelas belajar lainnya. Dengan kelas online dan offline yang tersedia, kamu dapat memilih kelas yang paling sesuai dengan gaya belajar kamu. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa hubungi ICAN English, atau bisa datang langsung ke kantor cabang ICAN English terdekat kota anda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi