Latihan tes TOEFL online

Tips Latihan Tes TOEFL Online

Mar 16, 2022 | TOEFL

Mendapatkan sertifikat TOEFL memanglah tidak mudah, karena harus mengikuti rangkaian tesnya terlebih dahulu. Tes TOEFL pun bukanlah sesuatu yang mudah. Karena tipe soal TOEFL cukup berbeda dengan tipe soal bahasa Inggris pada umumnya. Sehingga, diperlukan latihan tes TOEFL online terlebih dahulu sebelum mengikuti tes

Latihan TOEFL tidak selalu harus dilakukan di tempat les atau bimbel. Karena latihannya dapat dilakukan pula secara otodidak. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Saat ini telah banyak situs atau video YouTube yang membahas terkait persiapan TOEFL. Sehingga dapat dijadikan media untuk melakukan persiapan TOEFL secara otodidak. Meski kamu juga bisa bergabung dalam kursus persiapan TOEFL agar belajar lebih efektif.

Baca Juga: 3 SITUS DENGAN SIMULASI TES TOEFL ONLINE

5 Tips Latihan Tes TOEFL Online

Untuk melakukan latihan secara otodidak, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan. Pasalnya, latihan secara otodidak tentu waktunya akan lebih fleksibel. Sehingga, perlu dilakukan secara efisien dan efektif. Agar latihannya lebih maksimal, dan akan memudahkan ketika melakukan test TOEFL. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tipsnya di bawah ini!

1. Memperbanyak Vocabulary atau Kosa Kata

Tips latihan tes TOEFL onlinepertama yang dapat dilakukan adalah memperbanyak vocabulary atau kosa kata. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam tes TOEFL biasanya akan banyak kosa kata asing atau ilmiah. Sehingga disarankan untuk memperbanyak atau memperkaya kosa kata bahasa Inggris terlebih dahulu.

Salah satu cara yang cukup efektif dalam memperkaya vocabulary atau kosa kata adalah dengan latihan soal reading. Dalam soal reading biasanya akan ada beberapa teks ilmiah dengan bahasa formal. Kamu dapat mencoba untuk membaca dan memahami teks tersebut. Apabila terdapat kosa kata yang tidak dimengerti, maka dapat ditulis dan dicari artinya.

2. Meluangkan Waktu Secara Efisien

Tips berikutnya adalah meluangkan waktu untuk fokus belajar dan latihan TOEFL. Untuk latihan tes TOEFL secara otodidak, sebenarnya tidak perlu dilakukan sampai seharian. Karena apabila dilakukan dalam satu hari full, biasanya akan cepat jenuh. Sehingga, pembelajaran atau pemahaman pun tidak akan efektif diterima oleh otak dan cenderung sulit diingat.

Oleh karena itu, luangkanlah waktu sekitar 2 jam untuk latihan tes TOEFL online dalam satu hari. Pastikan waktu 2 jam itu benar-benar dilakukan untuk latihan TOEFL. Jauhkan segala macam gangguan, misalnya seperti gadget. Lakukanlah pembagian jadwal untuk belajar bagian listening, reading, dan grammar. Misalnya dengan membagi per 2 hari untuk setiap bagian.

3. Mempelajari Kata Dasar dalam Bahasa Inggris

Tips selanjutnya adalah dengan mempelajari kata-kata dasar yang ada dalam bahasa Inggris. Misalnya adalah dengan mempelajari kelas kata atau part of speech. Part of speech dalam bahasa Inggris dibagi menjadi beberapa bagian. Mulai dari noun, verb, adverb, adjective, pronoun, dan sebagainya. Hal tersebut perlu dipelajari terlebih dahulu.

Pasalnya, TOEFL memiliki jenis tes structure (grammar) and written expression. Dalam tes tersebut biasanya terdapat pertanyaan mengenai penggunaan part of speech. Sehingga, sebaiknya pelajari pula part of speech saat melakukan latihan tes TOEFL online. Agar tidak kebingungan saat mengerjakan tes TOEFL secara keseluruhan.

4. Mengumpulkan Soal

Saat ini, contoh soal beserta pembahasan TOEFL sudah banyak bermunculan di Google. Sehingga, tidak harus melakukan kursus TOEFL untuk latihan mengerjakan soal. Karena belajar atau latihan otodidak pun memungkinkan untuk melakukan hal tersebut. Carilah kumpulan soal TOEFL yang tersedia di mesin Google.

Setelah itu, kumpulkan soal-soal tersebut. Biasanya soal TOEFL pun memiliki berbagai macam tipe. Mulai dari level yang mudah sampai dengan level sulit. Sehingga kamu akan terbiasa dengan segala tipe dari soal TOEFL tersebut dan lebih mudah mengerjakannya.

5. Menonton Film atau Mendengarkan Musik

Tips terakhir dapat dilakukan untuk latihan TOEFL dalam jenis soal listening. Tips ini dapat dilakukan secara fun. Karena menonton film dan mendengarkan musik merupakan salah satu aktivitas yang banyak digemari. Setiap kali mendengarkan musik atau menonton film, catatlah dan pahami maksudnya. Hal tersebut dapat meningkatkan skill mendengarkan bahasa Inggris.

Baca Juga: TOEFL PREDICTION TEST ONLINE BERSERTIFIKAT

Saat ini, latihan tes TOEFL online dapat dilakukan secara otodidak. Sehingga tidak selalu harus mengambil kelas kursus. Walau begitu, latihan tes TOEFL secara otodidak diperlukan adanya beberapa tips. Agar latihan dapat lebih maksimal dan efektif.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Cara Mengerjakan TOEFL Grammar

Cara Mengerjakan TOEFL Grammar

Cara mengerjakan TOEFL grammar mungkin merupakan salah satu yang tersulit ketika sedang mengisi soal TOEFL. Hal tersebut dikarenakan konsep grammar dalam bahasa inggris sangatlah luas dan beragam. Sehingga, sering kali membuat banyak orang merasa bingung mana...

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

TOEFL (test Of English as a Foreign Language) merupakan salah satu bentuk tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Salah satu bentuk soal yang akan muncul dalam TOEFL yakni mengenai grammar. Terdapat berbagai jenis grammar yang sering keluar di TOEFL....

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH