Latihan soal IELTS online

Tips Mengerjakan Latihan Soal IELTS Online

Mar 16, 2022 | IELTS

Ada banyak sumber referensi mengerjakan latihan soal IELTS online, baik dari internet atau dari buku latihan soal. IELTS merupakan tes penting yang harus kamu ikuti apabila ingin melanjutkan pendidikan atau karir ke luar negeri.

Sistem uji coba tersebut biasanya dipakai lembaga asing. Tujuannya tak lain untuk mengukur kualitas kemampuan Bahasa Inggris yang kamu miliki.

Baca Juga: 3 KEUNTUNGAN MENGIKUTI KURSUS PERSIAPAN IELTS

Cara Mengerjakan Soal IELTS

Ketika mengerjakan tes IELTS, kamu mungkin merasa gugup walaupun sudah mempersiapkan diri dengan berbagai latihan soal IELTS online. Agar kamu memperoleh skor tinggi, ICAN English merekomendasikan agar mengambil kelas persiapan IELTS terlebih dahulu.

Mengerjakan soal IELTS berbatas waktu, dengan durasi sekitar 3 jam. Tes ini membantu agar kamu bisa evaluasi empat keterampilan dalam Bahasa Inggris – Mendengarkan, Membaca, Berbicara, dan Menulis. Berikut adalah tips dalam mengerjakan soal IELTS:

1. Tips IELTS Listening

Kondisi headphone harus benar-benar berhenti, jika tidak maka beri tahu pihak pelaksana. Gunakan waktu untuk persiapan dengan baca pertanyaan sebelum tes dimulai.

Konsentrasi mendengarkan rekaman dan fokus menjawab pertanyaan daripada harus memahami semua. Ingat jika rekaman hanya sekali putar.

Gunakan waktu untuk membuat catatan pada kertas ujian, tulis kata dengan jumlah kata yang diinstruksikan, revisi kesalahan pada tata bahasa sebelum mengumpulkan, dan terakhir gunakan huruf besar pada semua jawaban.

2. Tips IELTS Reading

Periksa grafik, angka, maupun gambar secara detil sebelum menjawab soal. Apabila kamu tidak mengerti pertanyaan, lanjut pada soal berikutnya. Kamu bisa menyelesaikan soal yang tidak kamu pahami nanti.

Terdapat batasan waktu serta tidak ada waktu tambahan untuk menyalin jawaban, jadi hindari saja menulis jawaban pada kertas soal. Baca pertanyaan secara seksama, lalu fokus menemukan jawaban sesuai paragraf yang diberikan.

Usahakan memberi jawaban dengan kalimat singkat, padat, jelas, dan grammar tepat. Revisi sebelum mengumpulkan dan gunakan huruf kapital pada semua jawaban.

3. Tips IELTS Writing

Ketika mengerjakan soal writing, sebaiknya analisis secara menyeluruh pada tugas yang diberikan, dan alokasi waktu merupakan langkah penting untuk menyelesaikan soal IELTS.

Gunakan 20 menit dalam menyelesaikan tugas 1, 40 menit untuk tugas ke-2, dan tulis lebih dari 150 kata pada tugas 1 serta lebih dari 250 kata pada tugas ke-2.

Hindari mengulang ide, frasa, maupun kata. Tulis kesimpulan pada tugas ke-2, dengan mengisi jawaban secara singkat dan relevan. Hindari tullis paragraf maupun kalimat terlalu panjang, dan gunakan kalimat aktif. Hindari menulis kalimat pasif, dan baca ulang lalu revisi sebelum mengirim jawaban.

4. Tips IELTS Speaking

Bicara secara jelas, yaitu pelan dan lancar, serta dengarkan pertanyaan IELTS speaking secara seksama. Jawab langsung dan tambahkan berbagai informasi ketika menjawab pertanyaan dengan jawaban relevan.

Minta penguji untuk mengulangi pertanyaan dan tunjukkan rasa percaya diri. Hindari terdiam lama ketika menjawab, fokus pada kosakata, menggunakan tenses, grammar, dan susunan kata yang tepat.

Baca Juga: REKOMENDASI KURSUS IELTS ONLINE TERBAIK

Tips Persiapan Diri Sebelum Tes IELTS Online Dimulai

Kamu bisa menggunakan semua tips di atas untuk mengerjakan latihan soal IELTS online. Selanjutnya, pada hari ujian berlangsung, kamu wajib mempersiapkan beberapa hal berikut:

  • Bawa tanda pengenal yang kamu butuhkan. Pastikan untuk membawa dokumen identifikasi.
  • Periksa lokasi ujian, waktu, dan tanggal. Alokasi waktu perjalanan sesuai supaya tidak terlambat ujian.
  • Kamu tidak diperbolehkan membawa jam tangan dalam ruang ujian, tetapi kamu bisa melihat jam dinding.
  • Simak instruksi penguji tes Speaking secara seksama. Apabila tidak mengerti, jangan sungkan bertanya.
  • Isi seluruh pertanyaan karena dalam tes IELTS tidak ada nilai minus apabila jawaban kamu salah.
  • Hindari berbuat curang atau mencontek jawaban peserta lain.

Itulah penjelasan lengkap tentang bagaimana cara mengerjakan soal-soal IELTS selama latihan secara online. Kamu juga jadi tahu banyak hal tentang apa yang harus kamu persiapkan sebelum tes berlangsung.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Memilih Kursus IELTS Terbaik

Tips Memilih Kursus IELTS Terbaik

IELTS atau The Internasional English Language Testing System merupakan tes bahasa inggris yang banyak digunakan secara internasional. Tes ini digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar kuliah, kelengkapan syarat kuliah, melamar pekerjaan hingga untuk syarat...

Berapa Kisaran Biaya Tes IELTS?

Berapa Kisaran Biaya Tes IELTS?

Persiapan IELTS melibatkan pemahaman format tes, bagaimana itu ditandai dan kemudian membuat rencana untuk mencapai skor yang diinginkan. Selain mempersiapkan diri, kamu juga perlu mempersiapkan biaya tes IELTS. Persiapan IELTS sendiri biasanya meliputi latihan...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH