tips mengerjakan latihan soal ielts online

Tips Mengerjakan Latihan Soal IELTS Online

Ada banyak sumber referensi mengerjakan latihan soal IELTS online, baik dari internet atau dari buku latihan soal. IELTS merupakan tes penting yang harus kamu ikuti apabila ingin melanjutkan pendidikan atau karir ke luar negeri.

Sistem uji coba tersebut biasanya dipakai lembaga asing. Tujuannya tak lain untuk mengukur kualitas kemampuan Bahasa Inggris yang kamu miliki.

Cara Mengerjakan Soal IELTS

Ketika mengerjakan tes IELTS, kamu mungkin merasa gugup walaupun sudah mempersiapkan diri dengan berbagai latihan soal IELTS online. Agar kamu memperoleh skor tinggi, ICAN English merekomendasikan agar mengambil kelas persiapan IELTS terlebih dahulu.

Mengerjakan soal IELTS berbatas waktu, dengan durasi sekitar 3 jam. Tes ini membantu agar kamu bisa evaluasi empat keterampilan dalam Bahasa Inggris Mendengarkan, Membaca, Berbicara, dan Menulis. Berikut adalah tips dalam mengerjakan soal IELTS:

1. Tips IELTS Listening

Kondisi headphone harus benar-benar berhenti, jika tidak maka beri tahu pihak pelaksana. Gunakan waktu untuk persiapan dengan baca pertanyaan sebelum tes dimulai.

Konsentrasi mendengarkan rekaman dan fokus menjawab pertanyaan daripada harus memahami semua. Ingat jika rekaman hanya sekali putar.

Gunakan waktu untuk membuat catatan pada kertas ujian, tulis kata dengan jumlah kata yang diinstruksikan, revisi kesalahan pada tata bahasa sebelum mengumpulkan, dan terakhir gunakan huruf besar pada semua jawaban.

2. Tips IELTS Reading

Periksa grafik, angka, maupun gambar secara detil sebelum menjawab soal. Apabila kamu tidak mengerti pertanyaan, lanjut pada soal berikutnya. Kamu bisa menyelesaikan soal yang tidak kamu pahami nanti.

Terdapat batasan waktu serta tidak ada waktu tambahan untuk menyalin jawaban, jadi hindari saja menulis jawaban pada kertas soal. Baca pertanyaan secara seksama, lalu fokus menemukan jawaban sesuai paragraf yang diberikan.

Usahakan memberi jawaban dengan kalimat singkat, padat, jelas, dan grammar tepat. Revisi sebelum mengumpulkan dan gunakan huruf kapital pada semua jawaban.

Baca Juga:
Keuntungan Mengikuti Kursus Persiapan IELTS

3. Tips IELTS Writing

Ketika mengerjakan soal writing, sebaiknya analisis secara menyeluruh pada tugas yang diberikan, dan alokasi waktu merupakan langkah penting untuk menyelesaikan soal IELTS.

Gunakan 20 menit dalam menyelesaikan tugas 1, 40 menit untuk tugas ke-2, dan tulis lebih dari 150 kata pada tugas 1 serta lebih dari 250 kata pada tugas ke-2.

Hindari mengulang ide, frasa, maupun kata. Tulis kesimpulan pada tugas ke-2, dengan mengisi jawaban secara singkat dan relevan. Hindari tullis paragraf maupun kalimat terlalu panjang, dan gunakan kalimat aktif. Hindari menulis kalimat pasif, dan baca ulang lalu revisi sebelum mengirim jawaban.

4. Tips IELTS Speaking

Bicara secara jelas, yaitu pelan dan lancar, serta dengarkan pertanyaan IELTS speaking secara seksama. Jawab langsung dan tambahkan berbagai informasi ketika menjawab pertanyaan dengan jawaban relevan.

Minta penguji untuk mengulangi pertanyaan dan tunjukkan rasa percaya diri. Hindari terdiam lama ketika menjawab, fokus pada kosakata, menggunakan tenses, grammar, dan susunan kata yang tepat.

Baca Juga:
Rekomendasi Kursus IELTS Online Terbaik

Tips Persiapan Diri Sebelum Tes IELTS Online Dimulai

Kamu bisa menggunakan semua tips di atas untuk mengerjakan latihan soal IELTS online. Selanjutnya, pada hari ujian berlangsung, kamu wajib mempersiapkan beberapa hal berikut:

  • Bawa tanda pengenal yang kamu butuhkan. Pastikan untuk membawa dokumen identifikasi.
  • Periksa lokasi ujian, waktu, dan tanggal. Alokasi waktu perjalanan sesuai supaya tidak terlambat ujian.
  • Kamu tidak diperbolehkan membawa jam tangan dalam ruang ujian, tetapi kamu bisa melihat jam dinding.
  • Simak instruksi penguji tes Speaking secara seksama. Apabila tidak mengerti, jangan sungkan bertanya.
  • Isi seluruh pertanyaan karena dalam tes IELTS tidak ada nilai minus apabila jawaban kamu salah.
  • Hindari berbuat curang atau mencontek jawaban peserta lain.

Itulah penjelasan lengkap tentang bagaimana cara mengerjakan soal-soal IELTS selama latihan secara online. Kamu juga jadi tahu banyak hal tentang apa yang harus kamu persiapkan sebelum tes berlangsung.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web