Tips Mengerjakan Reading Comprehension

Tips Mengerjakan Reading Comprehension

Satu pertanyaan yang selalu mengganggu pikiran setiap siswa adalah bagaimana tips mengerjakan reading comprehension. Soal-soal reading comprehension bukanlah yang mudah dikerjakan. Selain memakan waktu, kamu membutuhkan banyak energi dan banyak informasi.

Bagian menarik dari reading comprehension adalah jika kamu paham bagiannya, maka kamu bisa menjawab keseluruhan pertanyaan. Sehingga, kamu bisa memperoleh banyak nilai dari satu set pertanyaan tersebut.

5 Metode Mengerjakan Reading Comprehension

Berikut adalah beberapa metode yang bisa kamu coba sebagai tips mengerjakan reading comprehension:

1. Jangan Terlalu Fokus Hal-Hal Sepele

Detail memang penting, tetapi jangan terobsesi dengan contoh, ilustrasi, dan sebagainya. Kamu hanya perlu memahami poin utamanya dan bukan contohnya. Memahami keseluruhan alur dan struktur akan membantu menganalisis dan menjawab pertanyaan.

Selain itu, memiliki kosakata yang kuat adalah hal yang bagus. Namun sebanyak apapun kosakata yang kamu miliki, kamu masih perlu memahami tentang bacaan secara keseluruhan. Jadi, jangan membuat diri sendiri stres dalam hal ini. Saat membaca bagian tersebut, pastikan memahami inti dari bagian tersebut dan tidak terpaku pada kata-kata tertentu.

2. Tidak Menghafal

Kamu tidak perlu menghafal setiap kata yang ada dalam bagian tersebut. Memahami alur, struktur, dan poin utama dalam bacaan harus menjadi prioritas. Untuk pertanyaan pokok faktual atau spesifik, kamu selalu dapat membaca ulang bagian tersebut.

3. Jangan Membaca Bagian Bacaan Terlebih Dahulu

Selalu baca pertanyaannya terlebih dahulu, baru kemudian bagian bacaan. Cara ini akan mempersiapkan kamu agar bisa fokus pada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bacaan. Fokus hanya pada pertanyaan, dan bukan pada pilihan jawaban tertentu.

Pilihan apa pun yang berada di luar cakupan bukanlah jawaban yang benar. Jawaban yang benar selalu didasarkan pada informasi yang diberikan dalam bagian tersebut. Jangan fokus pada pilihan apa pun yang mengalihkan perhatian kamu.

4. Membuat Catatan

Saat membaca teks yang tidak jelas/abstrak, pastikan kamu membuat beberapa catatan singkat untuk referensi siap pakai. Kamu dapat menulis alur umum, struktur, alur paragraf, dan poin-poin penting. Ingatlah bahwa kamu tidak perlu membuat catatan terlalu panjang, cukup buat catatan singkat tentang poin penting dalam bagian tersebut.

5. Lewati Bagian yang Susah

Kadang-kadang, kamu akan menemukan sebuah bagian bacaan yang tidak dapat kamu pahami. Jika kesulitan dengan salah satu bagian tersebut dalam ujian, pastikan memiliki kesabaran untuk menghindari bagian tersebut. Fokus pada hal-hal yang dapat kamu kerjakan dengan mudah. Kembali ke bagian

Baca Juga:
Tips memilih Kursus General English Batam

Latihan Reading Comprehension di ICAN English

Untuk menjaga konsentrasi saat membaca, pastikan beberapa pertanyaan mendasar terus muncul di benak. Contohnya, apa poin utama penulis, tujuan penulis menulis bacaan tersebut, bagaimana penulis memilih untuk menyampaikan poin utamanya dan lainnya.

Dengan menggunakan tips mengerjakan reading comprehension, maka kamu akan meningkatkan fokus, dan meningkatkan pemahaman. Jika dalam beberapa bulan ke depan, kamu akan menghadapi ujian Reading Comprehension, persiapkan mulai dari sekarang.

ICAN English menawarkan kursus bahasa Inggris sesuai kebutuhan kamu. Kamu bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris intensif agar kamu dapat meningkatkan keterampilan Reading. Kamu tidak akan sendiri, karena adanya tutor yang membantu memberikan beberapa strategi ampuh dalam mengerjakan soal-soal yang membutuhkan pemahaman dalam membaca teks.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web