useful idioms and meaning in english dan contohnya

Useful Idioms and Meaning in English dan Contohnya

Jika kamu adalah orang yang sangat suka menonton film-film Inggris, membaca buku dan koran, kamu mungkin akan menemukan beberapa idiom. Terkadang, ketika menemukan idiom, kamu tidak begitu memahami apa maknanya. Belajar idioms and meaning in English bisa kamu lakukan secara bertahap supaya dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Idiom merupakan kelompok kata atau sebuah frasa yang mempunyai makna berbeda dengan makna tiap kata didalamnya. Penggunaan idiom tidak digunakan dalam penulisan profesional maupun akademik. Dalam konteks sederhana, penggunaan idiom membuat tulisan atau speech kamu terdengar unik.

5 Contoh Idiom dan Artinya

Untuk membantu proses belajar idioms and meaning in English lebih mudah, ICAN English akan memberikan beberapa contoh idiom dan artinya sebagaimana berikut:

1. Under the weather

Makna under the weather jika diartikan secara langsung adalah “dibawah cuaca”. padahal, ungkapan ini mempunyai makna “sedang tidak enak badan”. Berikut adalah contoh penggunaan idiom tersebut:

I was not at my office, because I was under the weather.

Dari kalimat tersebut, kamu mengatakan bahwa kamu ke kantor karena tidak enak badan.

2. Cold Feet

Idiom ini bermakna “merasa gugup”. Misalnya, kamu sedang berada di sebuah acara dan diberikan kesempatan untuk berbicara. Pada saat itu, kamu merasa gugup. Maka, kamu bisa mengatakan, “It is my chance to speak, and I am getting cold feet.”

3. Break a Leg

Idiom ini terbilang salah satu contoh idiom yang populer. Sudah banyak orang yang mengetahui apa makna dari ungkapan tersebut. Break a leg maknanya bukan mematahkan kaki orang lain. Tetapi, idiom tersebut mempunyai makna yang sama seperti “good luck” yaitu “semoga beruntung”.

“Now, it is your time to perform, break a leg!”

Contoh kalimat di atas menunjukkan jika idiom ini dapat digunakan untuk memberikan semangat kepada lawan bicara karena ia akan segera tampil menunjukkan performanya.

4. A Piece of Cake

Makna a piece of cake artinya “easy” atau sesuatu yang mudah dikerjakan. Kamu bisa mencoba menggunakan idiom tersebut seperti berikut: “With our experience, I think this problem is just a piece of cake”. Jika diartikan, maka makna kalimat tersebut adalah: Dengan pengalaman yang kita miliki, saya rasa masalah ini adalah perkara yang mudah.

5. It’s Not Rocket Science

Idiom ini juga sudah banyak orang yang tahu. Jika diterjemahkan, artinya adalah “Tidak terlalu rumit untuk diselesaikan”. Misalnya, ketika kamu ingin membuat es krim di rumah dengan langkah yang praktis, maka kamu bisa menggunakan idiom tersebut dalam kalimat, seperti berikut: “How to make a homemade ice cream is easy, you will figure it out and it is not rocket science.”

Pelajari masing-masing idiom di atas agar kamu bisa belajar berbahasa dengan lebih efektif. Gunakan idiom tersebut untuk konteks yang tepat, misalnya untuk berlatih menulis atau berlatih berbicara. Agar kamu bisa lancar berbahasa Inggris, kamu juga bisa memanfaatkan kelas online yang disediakan oleh ICAN English. Tutor profesional akan membimbing kamu belajar sesuai program yang kamu pilih!

Baca Juga:
Contoh Proverbs Bahasa Inggris Yang Populer

Mengapa Menggunakan Idiom dalam Kalimat

Understanding idioms and meaning in English dapat menjadi alat bahasa yang kuat jika digunakan di waktu dan tempat yang tepat. Satu hal yang membuat proses mempelajari idiom membutuhkan waktu yang panjang adalah karena ungkapan tersebut tidak dapat diterjemahkan dari setiap kata didalamnya.

Menggunakan idiom dalam kalimat tidak boleh sembarangan. Jika tidak digunakan dalam konteks yang tepat, dapat menyinggung pihak lain. Idiom juga sebaiknya tidak digunakan di depan audiens yang tidak paham artinya, karena hanya menciptakan kebingungan saja.

Itulah penjelasan lengkap tentang idiom dan maknanya dalam bahasa Inggris. Seorang pembicara atau penulis sering menggunakan idiom untuk menyampaikan pesan dengan cara yang lebih kreatif. Sehingga, idiom berfungsi seperti bumbu dalam masakan, untuk membuat percakapan atau tulisan tidak hambar. Jadi, daripada kamu menyatakan “you’re correct!”, cobalah menggunakan idiom yang lebih menarik, contohnya “Bingo!”

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.