Tips Menggunakan Youtube Dalam Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Tips Menggunakan Youtube Dalam Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Menonton YouTube dan belajar Bahasa Inggris untuk pemula adalah salah satu cara luar biasa agar kamu bisa meningkatkan skill. Menonton akan membantu meningkatkan pemahaman mendengarkan dan kosakata sambil belajar sesuatu yang menyenangkan.

Dulu, kamu harus pergi ke luar negeri agar bisa bertemu bule dan belajar berbahasa Inggris. Namun sekarang, YouTube telah mengubahnya.

5 Strategi Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Youtube

YouTube bisa menjadi salah satu media belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan bagi pemula. Hanya saja, ketika memanfaatkan platform tersebut, jangan sampai hanya menonton saja secara pasif.

YouTube juga dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan. Hanya saja, cara ini  tidak seefektif ketika belajar secara aktif. Berikut adalah strategi yang bisa kamu coba:

1. Tonton Channel Belajar Bahasa Inggris dan Channel Tematik

Terdapat dua tipe channel yang harus kamu ikuti. Channel belajar Bahasa Inggris akan meningkatkan grammar dan pronunciation. Kamu juga dapat mengikuti channel dengan guru profesional dan ahli komunikasi untuk memberikan tips dan pembelajaran gratis dalam meningkatkan Bahasa Inggris.

Channel Tematik YouTube berisikan gaming, crypto, keuangan, film, atau lainnya. Dengan kombinasi channel yang kamu tonton, maka kamu bisa belajar Bahasa Inggris, terutama speech dalam ragam topik.

2. Pause and Repeat

Penelitian menyarankan bahwa menciptakan output yang komprehensif adalah strategi efektif untuk meningkatkan Bahasa Inggris. Output komprehensif adalah tentang berbicara Bahasa Inggris di level yang lebih tinggi daripada saat ini. Hal ini akan memaksa kamu untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris di luar batas zomfort zone.

Metode terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menghentikan video sejenak ketika kamu mendengarkan suatu hal yang baru – frasa, kalimat, kosakata – ulangi setelahnya.

Perhatikan juga penggunaan pronunciation dan pastikan semirip mungkin dengan yang diucapkan pembicara. Cara ini akan membantu menghafal kosakata.

3. Leave a Comment

Belajar menulis atau public speaking dalam Bahasa Inggris terdengar mengerikan. Tidak ada yang tidak membuat kesalahan ketika di depan publik.

Cobalah untuk mengikuti video sampai selesai. Lalu, tinggalkan komentar. Kamu bisa menuliskan tentang bagaimana video tersebut, menarik atau tidak, dan berikan beberapa poin yang ada pada video yang menurut kamu sangat menarik.

4. Rangkum Video Secara Verbal

Langkah lainnya adalah menceritakan ulang video kepada diri sendiri dalam beberapa kalimat. Untuk merangkumnya, perhatikan beberapa poin utama seperti apa yang bisa kamu pelajari dari video tersebut, apa yang membuat kamu tidak setuju dengan konten video tersebut, dan apa yang membuat kamu setuju.

5. Membuat channel YouTube Sendiri

Membuat channel YouTube sendiri adalah salah satu cara paling efektif agar kamu bisa membuat perkembangan yang lebih dalam Belajar Bahasa Inggris.

Kamu harus membuat script terlebih dahulu, latihan, dan merekam diri sendiri. Kamu tidak perlu memperkenalkan channel youtube tersebut kepada teman, tidak perlu harus mengedit, karena hanya digunakan sebagai jurnal sehari-hari berbentuk video.

Lancar Berbahasa Inggris di ICAN English

Sekarang, kamu jadi tahu lebih banyak tentang menggunakan YouTube dalam belajar Bahasa Inggris untuk pemula. Jika ingin belajar lebih cepat, kamu bisa sambil menggunakan cara di atas dan mengikuti program kursus Bahasa Inggris di ICAN English.

Berbeda dengan tempat kursus lainnya, ICAN English menyediakan kelas yang dirancang sesuai kebutuhan personal setiap siswa. Untuk kamu yang ingin meningkatkan keterampilan berbicara, bisa ikut di General English atau English for Business, tergantung tujuan yang ingin kamu capai. Selama ikut di kelas kami, seluruh jam pertemuan akan lebih efektif karena metode belajar yang intensif dan interaktif!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.