kalimat imperative dalam bahasa inggris

Kalimat Imperative Dalam Bahasa Inggris

Apakah kamu pernah dengar kalimat imperative dalam bahasa Inggris? Imperative sentences merupakan tipe kalimat bahasa Inggris yang berisikan perintah. Sama seperti bahasa Indonesia, penggunaan kalimat perintah disertai tanda seru pada bagian akhir kalimat untuk menyatakan command atau perintah.

Sebelum mengetahui penggunaan kalimat imperative ketika belajar Bahasa Inggris, maka sudah semestinya memahami dulu definisi dan juga aturannya. Untuk itu, kamu bisa belajar lebih banyak tentang imperative sentences bersama ICAN English.

Definisi Kalimat Imperative

Imperative sentence  merupakan tipe kalimat yang bisa kamu gunakan untuk membuat command atau perintah, warning atau peringatan, instruction atau instruksi, dan juga advice atau nasihat. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan kalimat imperative apabila membutuhkan permintaan yang harus segera dilakukan atau request.

Baca Juga:
Penjelasan dan Contoh Exclamatory Sentence

Umumnya, pada imperative sentence tertulis, terdapat akhiran exclamation mark atau tanda seru. Biasanya juga disertai dengan kata please untuk menandakan sopan.

Walaupun demikian, kalimat perintah juga bisa saja tidak memiliki exclamation mark atau kata please. Imperative sentence tidak muncul dalam subjek kalimat, karena subjek you merupakan penerima perintah, sudah tersirat maksudnya.

Apabila ada kalimat perintah yang menggunakan tanda seru, maka tidak jauh berbeda dengan exclamatory sentence atau kalimat seruan bahasa Inggris. Hanya saja, terdapat perbedaan signifikan bahwa tidak semua exclamatory merupakan kalimat berisi command atau perintah. Apabila terdapat tanda seru pada imperative sentence, justru sudah menunjukkan tekanan perintah pada lawan bicara.

Meskipun kalimat perintah sudah identik dengan adanya tanda seru, kalimat perintah juga berisikan question tag atau kalimat tanya. Kalimat ini butuh jawaban antara iya atau tidak. Selanjutnya, terdapat tipe kalimat perintah yang disertai tanda titik pada akhir kalimat, sama seperti kalimat biasanya.

Baca Juga:
Kalimat Tanya Jawab Bahasa Inggris

Penggunaan Kata Imperative Bahasa Inggris

Ketika kamu merasa bingung membedakan mana kalimat biasa atau kalimat imperative sentences, kamu bisa melakukan identifikasi dari bagian isi kalimat, bukan tanda baca. Imperative sentences dapat menggunakan tanda seru atau disebut dengan exclamatory mark, mirip seperti kalimat seruan atau exclamatory sentence. Hanya saja, perbedaannya tidak semua exclamatory sentence mengandung perintah, sedangkan tanda seru pada kalimat perintah cukup menunjukkan adanya tekanan perintah.

Supaya lebih mudah mempelajari kata imperative bahasa Inggris, kamu bisa melihat semua contoh penggunaannya sesuai fungsinya, sebagaimana berikut:

Request

  • Have a safe flight! (Semoga penerbanganmu aman!)
  • Eat more healthy food! (Makanlah lebih banyak makanan menyehatkan!)
  • Leave me alone, I beg you. (Tinggalkan saya sendiri, saya mohon)
  • Please bring the bag to me (Bawakan tas itu kepadaku)

Advice

  • Never hope too much (Jangan pernah terlalu berharap)
  • Do not depend on others (Jangan bergantung pada orang lain)

Baca Juga:
Kalimat Larangan Dalam Bahasa Inggris

Request/Command/Prohibition

  • Dont touch her, please (Jangan sentuh dia)
  • Close your eyes (Tutup matamu)
  • Go find the new thing (Carilah hal baru)
  • Dont be late (Jangan terlambat)
  • Dont ever touch my stuff (Jangan sentuh barang-barangku)

Instruction

  • Go straight ahead (Jan lurus terus)
  • Call a doctor immediately (Segera hubungi dokter)
  • Add a glass of water and two tablespoons of sugar into a pan, then boil (Tambahkan segelas air dan dua sendok makan gula dalam panci, kemudian rebus)

Baca Juga:
Kalimat Larangan Dalam Bahasa Inggris

Penutup

Sekarang, kamu sudah tahu bagaimana menggunakan kalimat imperative dalam bahasa Inggris. Cobalah untuk membuat kalimat sendiri, seperti membuat kalimat imperative yang mengandung permintaan, nasihat, atau instruksi sesuai kegiatan sehari-hari.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi