kalimat larangan dalam bahasa inggris

Kalimat Larangan Dalam Bahasa Inggris

Kalimat larangan dalam bahasa Inggris merupakan kalimat yang bisa kamu gunakan dalam bentuk perintah, memberi perintah seseorang untuk tidak melakukan suatu hal. Kalimat larangan berbeda dengan kalimat himbauan yang lebih cenderung berupa ajakan, perintah, saran, permintaan, atau peringatan. Kamu bisa memperhatikan contoh kalimat berikut:

Stop! You cannot use the escalator, please use the stairs!

Dari contoh tersebut, kamu mungkin pernah mengalaminya. Ketika ingin menggunakan eskalator, tetapi tiba-tiba petugas menghentikan karena sedang ada perbaikan, sehingga harus menggunakan tangga.

Contoh seperti ini merupakan expression of showing prohibition, atau ungkapan untuk menyatakan larangan bahasa Inggris. Agar lebih jelas dengan pembahasan ini, ICAN English akan memberikan penjelasan bersama dengan contoh kalimatnya.

Penggunaan Kalimat Larangan

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan sebagai kalimat larangan dalam bahasa Inggris. berikut adalah penjelasannya secara lengkap:

Do not/ Dont

Do not apabila disingkat menjadi dont, bisa kamu gunakan pada kalimat sehari-hari, bersifat informal. Akan tetapi, kamu juga bisa menggunakannya dalam kondisi formal, sebagaimana contoh berikut:

  • Dont be noisy! – Jangan berisik!
  • Do not disturb! – Jangan mengganggu!
  • Do not enter! – Jangan masuk!

Baca Juga:
Kalimat Perintah dalam Bahasa Inggris

Must Not/ Mustnt, Cannot/Cant, May Not

Kamu juga bisa membuat kalimat larangan dengan memanfaatkan modal. Modal dalam bentuk negatif adalah cannot, cant, must not, mustnt, dan may not sebagaimana contoh berikut:

  • They cannot eat this food without my permission Mereka tidak boleh makan makanan ini tanpa seizinku)
  • You must not meet her – Kamu tidak boleh menemui dia.
  • You may not enter without your ID – Kamu tidak boleh masuk tanpa menggunakan ID.

Not Allowed To

Selanjutnya, be not allowed to juga dapat kamu gunakan untuk menyampaikan larangan karena merupakan peraturan dan sifatnya adalah normal. Akan tetapi, berbeda dengan prohibited dan forbidden, artinya dilarang, not allowed artinya tidak diizinkan, sebagaimana contoh berikut:

  • Joanna is not allowed to bring her dog into this hotel – Joanna tidak diizinkan untuk membawa anjingnya masuk kedalam hotel ini.
  • Tom and Sam are not allowed to follow the test – Tom dan Sam tidak diizinkan mengikuti ujian.
  • I am not allowed to bring my handphone during the interview – Saya tidak diizinkan untuk membawa handphone selama wawancara.

Baca Juga:
Kalimat Imperative Dalam Bahasa Inggris

Be + Prohibited

Be + prohibited merupakan pola kalimat yang dapat kamu gunakan untuk larangan peraturan dan sifatnya formal. Berikut adalah contohnya:

  • It is prohibited to make a call during this flight – Melakukan panggilan selama penerbangan ini sangat dilarang.
  • It is prohibited to smoke during this meeting – Merokok selama pertemuan ini sangat dilarang.

Be + Forbidden

Sama seperti be + prohibited, be + forbidden merupakan cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatakan larangan karena peraturan dan sifatnya adalah formal, sebagaimana contoh berikut:

  • It is forbidden to smoke during this meeting – Dilarang merokok selama pertemuan ini.
  • It is forbidden to cheat in this test – Dilarang menyontek dalam ujian ini.

Contoh kalimat larangan dalam bahasa Inggris lainnya adalah dengan menggunakan kata be + agains the law atau not permitted to. Supaya lebih jelas, kamu bisa memperhatikan contoh dialog berikut.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Present Progressive Tense

Contoh Dialog Kalimat Larangan

Ketika belajar bahasa Inggris, kamu perlu mengetahui bahwa ada banyak dialog yang harus dipelajari. Ada beberapa contoh dialog untuk melarang yang perlu kamu ketahui.

  • Amanda: Where are you going, Sam?
  • Sam: I am going to visit Toms house.
  • Amanda: Okay, take care of yourself. You must not be home late. Tomorrow, you still have a class.
  • Sam: Okay, sist. Thank you.
  • Amanda: Sure!

Sekarang, kamu bisa mencoba membuat dialog sendiri berisikan kalimat larangan. Dengan begitu, kamu bisa langsung praktek belajar bahasa Inggris dan belajar menggunakan kalimat larangan dalam percakapan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web