Panduan Belajar Akhiran dalam Bahasa Inggris

Panduan Belajar Akhiran dalam Bahasa Inggris

Akhiran dalam Bahasa Inggris ditambahkan dalam akhir verb awal. Fungsinya adalah untuk merubah konjugasi, tipe kata, dan struktur grammar lainnya termasuk plural.

Contoh, dalam kata “strength” (noun), kamu bisa menambahkan suffix -s untuk menandakan noun berbentuk plural, seperti: strengths atau suffix -en untuk merubahnya dalam bentuk verb (strengthen). Kamu juga dapat menambahkan suffix -ed untuk membentuk pola verb past tense, menjadi strengthened.

Penggunaan Suffix dalam Bahasa Inggris

Akhiran dalam Bahasa Inggris memiliki peran besar dalam Bahasa Inggris. Tidak hanya grammar, tetapi juga pemahaman writing dan reading. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang kapan harus menggunakan akhiran dalam Bahasa Inggris:

Verb Conjugation

Akhiran digunakan dalam conjugation pada verb regular. Contohnya, kamu bisa menambahkan akhirn -s atau -es pada sebuah kata kerja, untuk menandakan pihak ketiga, singular, dan pola present tense. Menambahkan akhiran -ed pada verb menunjukkan pola kalimat past tense.

I work at home.

She works at home.

They worked at home.

Hanya saja, kamu tidak bisa menggunakan akhiran pada setiap verb. Untuk konjugasi, irregular verbs, biasanya bergantung pada pengejaan unik, daripada suffix standar.

Menunjukkan Pluralitas

Untuk membuat noun yang bersifat plural, kebanyakan menambahkan -s atau -es untuk menunjukkan bahwa kamu merujuk pada lebih dari satu noun.

My laptop is all I need (satu laptop)

Two laptops are not enough for this office (lebih dari satu laptop)

Sama seperti verbs, kamu harus berhati-hati dalam menggunakan noun irregular plural yang menggunakan spelling unik untuk menunjukkan pluralitas. Contoh, pada noun “child” yang sifatnya singular, akan berubah menjadi “children” untuk menunjukkan pluralitas, bukan “childs”.

Menunjukkan kepemilikan

Possessive nouns menunjukkan kepemilikan dan koneksi langsung. Untuk singular nouns pada umumnya, menunjukkan kepemilikan jika ditandai dengan adanya akhiran-‘s. Plural noun yang sudah diakhiri dengan s dapat menambahkan apostrophe atau tanda petik (‘) untuk menjadi possessive.

Delisa’s parents

The teacher’s rooms

Pastikan bahwa possessive nouns berbeda dengan possessive pronouns dan adjectives, tidak menggunakan suffix.

Reflexive Pronouns

Reflexive Pronouns seperti themselves atau myself menggunakan suffix -self untuk singular, dan -selves untuk plural, sebagaimana contoh berikut:

You gave yourself a nice treat.

We pushed ourselves as hard as possible.

Comparative dan Superlative

Comparative dan superlative adjectives juga menggunakan akhiran dalam Bahasa Inggris. Comparatives, membandingkan dua hal, seringnya menggunakan akhiran-er, superlatives, yang mengindikasikan tingkat tertinggi dalam suatu kategori, menggunakan akhiran -est.

You’re stronger than your brother, but the strongest here is our grandfather.

Tidak semua adjective menggunakan akhiran tersebut. Adjective dengan dua atau lebih silabel memakai adverbs, more dan most, tidak menambahkan suffixes. Jika adjective memiliki dua silabel, berakhiran dengan -y, dan y dihilangkan, dengan suffix -ier atau -iest.

Merubah Tipe Kata (Parts of Speech)

Kebanyakan suffix dalam Bahasa Inggris digunakan untuk menunjukkan parts of speech, atau tipe kata. Kamu dapat menambahkan suffix yang berbeda dengan kata dasar yang sama untuk merubah tipenya. Berikut adalah contoh akhiran yang berbeda ditambahkan dalam kata adjective “quick”:

Quick – adjective

Quickness – Noun

Quicken – Verb

Quickly – Adverb

Ordinal Numbers

Suffix adalah bagian penting dalam menulis angka ordinal secara tepat. Jika kamu sedang menunjukkan suatu posisi dalam rangkaian – first, second, third – dalam penulisan informal, kamu bisa menambahkan suffix untuk nomor tersebut, seperti berikut:

First – 1st

Second – 2nd

Third – 3rd

Akhiran Inflectional dan Derivational

Terdapat dua tipe akhiran dalam Bahasa Inggris, inflectional dan derivational. Inflectional suffixes digunakan untuk tujuan grammar, termasuk semua akhiran kata untuk verb conjugation (-ing, ed) tambahan akhiran pada noun (-s, -es), possessive (-‘s) dan reflexive (-self dan -selves) untuk pronouns.

Akhiran untuk comparative dan superlative adjectives yaitu -er dan -est. Akhiran tersebut juga termasuk dalam Inflectional suffixes.

Derivational suffixes digunakan untuk merubah tipe kat, misalnya noun menjadi verb. Atau, saat ingin merubah adjective menjadi adverb. Setelah memahami derivational suffixes, kamu bisa mengungkapkan part of speech pada kata sesuai akhiran.

Baca juga : Panduan Belajar Akhiran S Dalam Bahasa Inggris

Penutup

Dengan penjelasan tentang akhiran dalam Bahasa Inggris ini, kamu dapat menggunakan suffix yang bermacam-macam pada kosakata. Untuk mempercepat belajar, daftar kursus Bahasa Inggris dengan harga terjangkau di ICAN English!

Kami memiliki tutor berpengalaman yang dapat membantu kamu belajar bahasa Inggris dengan lebih maksimal dengan materi yang lengkap. Semua materinya juga akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Informasi lebih lanjut bisa kamu temukan di situs ini!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi