Akhiran ed dalam bahasa Inggris

Akhiran ED dalam Bahasa Inggris

Feb 4, 2022 | Bahasa Inggris

Masih banyak orang yang belum mengetahui akhiran ED dalam bahasa Inggris. Karena terkesan sepele, banyak orang yang tidak mempelajari akhiran ED ini. Padahal salah menggunakan akhiran akan mengubah makna dari kalimat tersebut.

Jumlah kata dalam bahasa Inggris yang diakhiri dengan -ed dan -ing sangat banyak dan biasanya terbentuk sesuai situasi atau kondisi dalam sebuah kalimat. Kamu juga mungkin kerap menemukannya pada kata kerja atau biasa disebut sebagai verb.

Penggunaan Akhiran ED

Penggunaan akhiran ED ini berhubungan erat dengan beberapa keterangan waktu yang ada. Akhiran ini biasanya menatakan keadaan masa lampau. Akhiran ED dalam bahasa Inggris biasanya digunakan untuk beberapa hal di bawah ini:

Membentuk Adjective

Meski penggunaan akhiran -ed seringkali ditemukan dalam kelompok kata kerja, akhiran -ed juga bisa ditemukan pada kata sifat. Secara umum, jika sebuah kata sifat berakhiran -ed, maka hal ini dimaksudkan untuk dua hal. Yakni, untuk mengindikasikan sebuah kondisi atau kualitas akibat aksi dari kata kerja dan kepemilikan atau karakteristik.

Contoh kalimatnya adalah It’s almost at the end of the year. Everybody is busy with their vacation’s plans including Bobby. He feels excited.

Membentuk Past Participle

Akhiran ED dalambahasa Inggris biasanya berhubungan dengan keterangan waktu masa lampau. Untuk itu, gunanya adalah past participle. Ini biasanya dikenal sebagai kata kerja bentuk ketiga meskipun bisa juga sebagai kata sifat.

Past participle yang berbentuk kata kerja sendiri ada dua, yakni regular verbs dan irregular verbs. Kata kerja inilah yang mendapatkan penggunaan akhiran -ed.

Contoh kalimatnya adalah Nobody wants to eat this grilled fish since it is burned.

Membentuk Past Tense

Ini hampir sama dengan past participle. Jika pada sebelumnya seringkali dikenal dengan kata kerja bentuk ketiga, maka past tense yang digunakan adalah kata kerja bentuk kedua yang juga dapat dibuat dengan menggunakan akhiran -ed.

Contoh kalimatnya adalah He told me about his favorite movie and showed me last night.

Selain beberapa hal di atas, penggunaan akhiran -ed juga bisa ditemukan pada beberapa keterangan waktu lainnya, yakni:

  • Keterangan waktu present perfect tense
  • Keterangan waktu future perfect tense
  • Keterangan waktu past future perfect tense

Aturan Penggunaan Akhiran ED

Sama seperti akhiran lainnya, akhiran ED tidak bisa digunakan sembarangan. Walaupun ada banyak keterangan waktu yang bisa menggunakannya. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan akhiran ED, yaitu:

  • Kata kerja yang memiliki dua huruf terakhir adalah huruf konsonan dan diikuti huruf hidup E, hanya memerlukan huruf D. Misalnya pada hope yang berubah menjadi hoped.
  • Kata kerja yang diakhiri dengan huruf konsonan namun sebelumnya diawali dengan satu hurup hidup, maka huruf konsonan digandakan kemudian ditambah akhiran -ed. Misalnya, pada kata stop yang berubah menjadi stopped.
  • Kata kerja yang berakhiran dua huruf konsinan, maka ditambah dengan akhiran -ed. Misalnya saja help berubah menjadi helped.
  • Kata kerja yang berakhiran hurud konsonan Y harus ditambah dengan akhiran -ed. Seperti misalnya pray berubah menjadi prayed.
  • Kata kerja yang berakhir dengan huruf -ie, maka hanya ditambahkan dengan huruf d. Contohnya adalah lie yang berubah menjadi lied.

Akhiran ED dalam bahasa Inggris sebenarnya tidak terlalu sulit karena pada dasarnya akhiran ini sering digunakan dalam bahasa Inggris sehari-hari.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak cara mengatasi kesulitan belajar bahasa inggris agar kamu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa. Selama proses belajar, kadang semua tidak selalu berjalan mulus karena kadang kamu pusing dengan materi bahasa inggris. tidak sedikit juga pelajar yang stuck...

Tips Belajar Bahasa Inggris Setiap Hari

Tips Belajar Bahasa Inggris Setiap Hari

Belajar bahasa Inggris setiap hari adalah salah satu langkah untuk membantu kamu meningkatkan kemampuan berbahasa asing tersebut. Saat ini belajar bahasa Inggris menjadi salah satu kebutuhan untuk meningkatkan kualitas diri dan membantu kamu lebih unggul dalam...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH