Akhiran ed dalam bahasa Inggris

Akhiran ED dalam Bahasa Inggris

Feb 4, 2022 | Bahasa Inggris

Masih banyak orang yang belum mengetahui akhiran ED dalam bahasa Inggris. Karena terkesan sepele, banyak orang yang tidak mempelajari akhiran ED ini. Padahal salah menggunakan akhiran akan mengubah makna dari kalimat tersebut.

Jumlah kata dalam bahasa Inggris yang diakhiri dengan -ed dan -ing sangat banyak dan biasanya terbentuk sesuai situasi atau kondisi dalam sebuah kalimat. Kamu juga mungkin kerap menemukannya pada kata kerja atau biasa disebut sebagai verb.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT EKSPRESI BAHASA INGGRIS

Penggunaan Akhiran ED

Penggunaan akhiran ED ini berhubungan erat dengan beberapa keterangan waktu yang ada. Akhiran ini biasanya menatakan keadaan masa lampau. Akhiran ED dalam bahasa Inggris biasanya digunakan untuk beberapa hal di bawah ini:

1. Pembentukan Adjective

Akhiran ed seringkali digunakan dalam verb atau kata kerja. Namun, akhiran ed juga bisa digunakan pada kata sifat. Kata sifat yang memiliki akhiran ed dimaksudkan untuk menunjukkan kondisi ataupun kualitas muncul karena aksi kata kerja, kepemilikan ataupun karakteristik, sebagaimana contoh berikut:

  • Everybody looks busy, including John. He feels excited.
  • The doctor said that Joanna got inflated stomach.

2. Pembentukan Adjective pada Noun

Cara paling sederhana mengubah kata benda menjadi kata sifat atau adjective yaitu menambahkan akhiran pada akhir kata. Akhiran-akhiran umum membuat kata sifat salah satunya adalah menggunakan akhiran ed, sebagaimana contoh berikut:

  • All students in this class love Mr. Smith. Most of them said that he is so tender-hearted.
  • Joe will sell this limited product only for the monied people.

3. Pembentukan Past Participle

Penggunaan akhiran ed dalam Bahasa inggris juga berhubungan erat dengan keterangan masa lampau, atau past participle. Kata kerja bentuk ketiga berbentuk regular verbs atau kata kerja beraturan dan irregular verbs atau kata kerja tidak beraturan. Kata kerja beraturan nantinya akan mendapatkan akhiran ed, sebagaimana contoh berikut:

  • Our students have visited Mr. Smith because he was sick.
  • Nobody wants to eat the pizza because it is burned.

4. Pembentukan Past Tense

Past participle adalah kata kerja bentuk ketiga, sedangkan past tense merupakan kata kerja bentuk kedua, dibuat dengan adanya penggunaan akhiran ed, sebagaimana contoh berikut:

  • Josh told me about his favorite film and showed me yesterday.
  • Erika didn’t want to go to the beach because she wanted to meet her professor.

Selain semua hal tersebut, akhiran ed dalam Bahasa inggris juga digunakan untuk keterangan waktu present perfect tense, future perfect tense, dan past future perfect tense. Materi ini menjadi salah satu materi penting ketika belajar bahasa Inggris. Dalam kursus bahasa Inggris, kamu bisa mempelajari berbagai materi terbaik dan akan dibimbing oleh tutor berpengalaman. ICAN English menjadi salah satu lembaga kursus yang bisa kamu pilih untuk mempelajari berbagai materi bahasa Inggris.

Baca Juga: PERBEDAAN VERB DAN ADVERB

Aturan Penggunaan Akhiran ED

Sama seperti akhiran lainnya, akhiran ED tidak bisa digunakan sembarangan. Walaupun ada banyak keterangan waktu yang bisa menggunakannya. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan akhiran ED, yaitu:

  • Kata kerja yang memiliki dua huruf terakhir adalah huruf konsonan dan diikuti huruf hidup E, hanya memerlukan huruf D. Misalnya pada hope yang berubah menjadi hoped.
  • Kata kerja yang diakhiri dengan huruf konsonan namun sebelumnya diawali dengan satu hurup hidup, maka huruf konsonan digandakan kemudian ditambah akhiran -ed. Misalnya, pada kata stop yang berubah menjadi stopped.
  • Kata kerja yang berakhiran dua huruf konsinan, maka ditambah dengan akhiran -ed. Misalnya saja help berubah menjadi helped.
  • Kata kerja yang berakhiran hurud konsonan Y harus ditambah dengan akhiran -ed. Seperti misalnya pray berubah menjadi prayed.
  • Kata kerja yang berakhir dengan huruf -ie, maka hanya ditambahkan dengan huruf d. Contohnya adalah lie yang berubah menjadi lied.

Akhiran ED dalam bahasa Inggris sebenarnya tidak terlalu sulit karena pada dasarnya akhiran ini sering digunakan dalam bahasa Inggris sehari-hari.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH