Apa Itu Adverbial Phrase dan Aturan Penggunaannya

Apa Itu Adverbial Phrase dan Aturan Penggunaannya

Apa itu adverbial phrase adalah sekelompok kata yang digabungkan dan berfungsi sebagai kata keterangan dalam suatu kalimat. Fungsinya adalah memodifikasi kata kerja atau kata keterangan lainnya dan memberikan lebih banyak informasi tentang waktu, tempat, cara, frekuensi, derajat, atau alasan tindakan atau keadaan yang dijelaskan oleh kata yang dimodifikasi.

Frasa adverbial bersifat serbaguna dan dapat terdiri dari berbagai elemen. Misalnya, preposisi, kata keterangan, kata benda, dan terkadang konjungsi.

Pembahasan tentang Adverbial Phrase

Frasa adverbial dapat bervariasi panjang dan kompleksitasnya. Jenis frasa ini memainkan peran penting dalam memberikan rincian tambahan pada tindakan atau peristiwa yang dijelaskan dalam sebuah kalimat, berikut pembahasannya:

Struktur Adverbial Phrase

Beberapa frase adverbial dapat dibuat dengan preposition, yang lain dibuat dengan infinitive atau dengan intensifier.

Frasa adverbial dapat dibuat dengan sebagian besar preposition. Dalam hal ini, frasa preposisi berfungsi sebagai kata keterangan dalam kalimat, karena memodifikasi kata kerja, seperti contoh berikut:

  • I often slept under the stars (‘Under the stars’ adalah frasa yang menggunakan preposisi ‘under’ and objek ‘stars’, dan memodifikasi kata kerja ‘slept’.)
  • I arrived in Semarang in the early morning.

Beberapa frase adverbial dapat terdiri dari bentuk infinitif dari kata kerja. Sebagian besar frasa ini menunjukkan tujuan, sebagaimana contoh berikut:

  • Donna stepped outside to see the beautiful ocean.
  • Joko left early to catch the train.

Jenis lain dari frasa adverbial dibuat dengan intensifier yang memodifikasi tingkat atau intensitas tindakan atau keadaan yang dijelaskan oleh kata kerja, misalnya, ‘very,’ ‘extremely,’ ‘really,’, seperti contoh berikut:

  • Time flies very fast lately.
  • The workers worked extremely hard for the building.

Menambahkan frasa adverbial ke dalam kalimat menambah variasi pada struktur kalimat. Keberagaman ini menjadikan bahasa tulis dan lisan lebih menarik, sehingga tidak terkesan monoton.

Dalam menulis, frasa adverbial membantu menciptakan teks deskriptif dan terorganisir dengan baik. Frasa ini berkontribusi pada koherensi dan alur paragraf dengan menunjukkan hubungan antara tindakan atau peristiwa.

Fungsi Adverbial Phrase

Adverbial phrase memberikan informasi tentang cara, waktu, alasan, tempat, atau frekuensi suatu tindakan atau keadaan yang dijelaskan oleh kata kerja. Walaupun demikian, frasa tersebut juga dapat memiliki fungsi lain.

Adverbial phrase of time menggambarkan kapan atau seberapa sering sesuatu terjadi, seperti contoh berikut: The mouses hunt in the night

Adverbial phrase of reason menjelaskan mengapa sesuatu terjadi atau dilakukan, seperti contoh berikut: The fish swam into the coral reef to escape predators

Frasa yang menggambarkan dimana sesuatu terjadi disebut Adverbial phrase of place, berikut contohnya: The fish hides in the coral reef

Adverbial phrase of manner menggambarkan bagaimana sesuatu terjadi atau dilakukan, contohnya adalah berikut: The mouses run very fast

Baca juga : Apa Itu Adverb Of Time Dan Penggunaannya

Manfaat Belajar Adverbial Phrase

Mempelajari apa itu adverbial phrase sangat penting karena beberapa alasan. Frasa tersebut memainkan peran penting dalam memperkaya bahasa, meningkatkan komunikasi, dan meningkatkan kemahiran bahasa secara keseluruhan.

Frasa adverbial juga memberikan informasi yang tepat tentang cara, waktu, tempat, frekuensi, derajat, tujuan, kondisi, atau hal lainnya yang berkaitan dengan suatu tindakan. Ketepatan ini sangat penting untuk keterampilan berkomunikasi yang jelas dan terperinci.

Memahami dan menggunakan frasa adverbial memungkinkan kamu untuk mengekspresikan diri dengan cara yang lebih menarik. Kamu telah memiliki pemahaman untuk mendeskripsikan apapun dengan lebih mudah agar informasi yang disampaikan benar-benar jelas.

Mau lebih banyak belajar Bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan komunikasi? ICAN English telah menyediakan banyak tempat kursus Bahasa Inggris untuk semua kalangan. Kamu bisa belajar dengan metode pembelajaran intensif dengan bantuan tutor yang sangat suportif!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.