Apa Itu Adverb of Time dan Penggunaannya

Apa Itu Adverb of Time dan Penggunaannya

Apa itu adverb of time adalah keterangan waktu dalam Bahasa Inggris. Fungsinya adalah memberi beberapa informasi tentang waktu terjadinya sesuatu. Menggunakan adverb of time akan membantu kamu dalam menambahkan detail tentang waktu pada kalimat.

Kata keterangan waktu (juga disebut kata temporal adverbs) memodifikasi kata kerja. Sehingga, dapat memberi tahu kapan dan berapa lama suatu tindakan terjadi. Ada banyak kata keterangan waktu dalam bahasa Inggris dan sangat umum digunakan.

Belajar Penggunaan Adverb of Time

Agar tidak hanya tahu tentang apa itu adverb of time, kamu bisa membaca penjelasan berikut untuk mengetahui penggunaannya:

Common Adverbs of Time

Kata keterangan waktu yang paling umum adalah kata keterangan yang menunjukkan momen tertentu di masa lalu, sekarang, atau masa depan.

  • Past: yesterday, last year, just, before, previously, recently
  • Present: still, today, now
  • Future: tomorrow, soon, next week, late

Penempatan Adverbs of Time

Penempatan kata keterangan waktu dalam sebuah kalimat bisa berbeda-beda tergantung kata keterangan tertentu yang digunakan. Kata keterangan yang membicarakan kapan biasanya ditempatkan di akhir kalimat, seperti contoh berikut:

  • We couldn’t watch the concert yesterday.
  • We’ll have to watch the concert today.
  • The professor will see us now.

Kata keterangan yang berbicara tentang kapan biasanya muncul di akhir kalimat, namun bisa muncul di posisi lain. Tujuannya adalah untuk memberi penekanan pada bagian yang berbeda. Kamu bisa menempatkannya di awal kalimat atau sebelum kata kerja utama, terutama dalam konteks sastra:

  • Later that morning, Sarah passed away.
  • Joko eventually showed up at the party.

Kata keterangan yang berbicara tentang durasi waktu biasanya ditempatkan di akhir kalimat.

  • Boil the eggs for 25 minutes.
  • Joko and Sarah have lived in this small house since 2002.

Dengan mengubah penempatan kata keterangan waktu dalam sebuah kalimat, akan menciptakan penekanan pada aspek tertentu dari kalimat tersebut.

  • Soon Joko and Sarah were on the bus and ready to leave the city.
  • Sarah immediately called her mom.

Jenis Adverb of Time

Ada berbagai jenis kata keterangan waktu. Misalnya, kita mempunyai kata keterangan waktu yang menunjukkan:

  • Waktu tertentu (past, present, and future) – I will do my homework after lunch.
  • Selama kurun waktu tertentu – Sarah stayed here for 3 days.
  • Hubungan antara dua hal – Joko has already called Sarah several times.

Pentingnya Belajar Adverb of Time

Sekarang, kamu sudah tahu apa itu adverb of time. Mempelajari keterangan waktu dalam bahasa Inggris memberikan beberapa manfaat karena memainkan peran penting dalam kejelasan dan ketepatan komunikasi. Kata keterangan waktu membantu menyampaikan informasi spesifik tentang kapan suatu tindakan terjadi.

Adverb of time membantu mengatur informasi tentang urutan peristiwa. Keterangan ini juga membantu pendengar atau pembaca memahami urutan kronologis tindakan dalam narasi atau deskripsi. Ketika memahami penggunaannya, kamu dapat mengungkapkan seberapa sering suatu tindakan terjadi. Hal tersebut berkontribusi pada deskripsi kebiasaan atau rutinitas yang lebih rinci dan bernuansa.

Penggunaan adverb of time membantu menciptakan kohesi dalam teks tertulis dan lisan. Keterangan ini juga memberikan alur logis dengan menunjukkan waktu atau urutan peristiwa. Sehingga memudahkan penonton untuk mengikuti narasi atau argumen.

Memahami dan menggunakan kata keterangan waktu bermanfaat dalam diskusi terkait perencanaan, penjadwalan, atau manajemen waktu. Sehingga, membantu dalam mengekspresikan tenggat waktu, jangka waktu, dan tenggat waktu dengan jelas. Jika ingin belajar lebih banyak materi Bahasa Inggris dengan cepat dan mudah, putuskan ikut program kursus Bahasa Inggris di ICAN English.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web