Apa Itu Alliteration dalam Bahasa Inggris?

Apa Itu Alliteration dalam Bahasa Inggris?

Apakah kamu pernah mendengar kalimat yang merupakan tongue twister? Banyak kalimat bahasa inggris seperti “Playful penguins popped out of the plunging pool”. Inilah yang juga dikenal sebagai alliteration. Apa itu alliteration adalah perangkat sastra yang memiliki awalan bunyi yang sama di bagian setiap kata.

Pada contoh kalimat tersebut, aliterasi “p” dalam setiap kata terasa menarik untuk diucapkan dan didengarkan. Hal ini karena adanya ritme yang menyenangkan. Aliterasi sering digunakan dalam sastra, copywriting, puisi, dan karya lainnya.

Belajar Penggunaan Alliteration dalam Bahasa Inggris

Pengulangan bunyi konsonan pertama suatu kata yang diulang dalam dua kata atau suku atau lebih, merupakan aliterasi. Untuk membuat aliterasi dalam teks, kamu memerlukan dua kata atau lebih yang dimulai dengan bunyi yang sama. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut agar kamu tidak hanya tahu tentang definisi apa itu alliteration.

Cara Membuat Alliteration

Aliterasi adalah soal bunyi, bukan hanya huruf. Misalnya, huruf “c” atau “k” yang keras berfungsi sama, juga dapat digunakan sebagai alliteration. Sebaliknya, jika ada dua kata yang diawali dengan huruf yang sama, tetapi bunyinya tidak sama, maka bukan bersifat aliteratif.

Contoh Alliteration

Berikut adalah beberapa contoh alliteration dalam Bahasa Inggris:

1. Silly snakes slither silently through the sand.

2. Brave birds boldly breezed by the branches.

3. Curious cats cautiously crept close to the couch.

4. Giggling geese gathered around the green garden.

5. Daring dogs dashed down the dusty driveway.

Mengapa Penulis Menggunakan Aliterasi

Sebagai salah satu perangkat sastra, aliterasi memfokuskan perhatian pembaca pada bagian teks tertentu. Suaranya menciptakan ritme dan suasana hati, membuat bagian teks tersebut lebih mudah diingat oleh pembaca.

Selain itu, konsonan yang berbeda memiliki konotasi tertentu. Misalnya, bunyi desisan huruf “s” menunjukkan kualitas snake, seperti contoh: a slithering snake sliding over the gate.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa berbagai bunyi, seperti konsonan, memiliki kualitas emosional yang melekat pada penutur bahasa Inggris. Apa yang telah diketahui para penyair dan penyair selama ribuan tahun kini dikonfirmasi oleh sains. Penggunaan suara berulang dalam aliterasi menciptakan respons emosional pada pembaca.

Aliterasi juga berguna untuk tujuan pendidikan, karena menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa dan apresiasi terhadap bunyi kata. Anak-anak belajar bahasa melalui tongue twister dan lagu anak-anak yang menggunakan alliteration.

Baca Juga: English Slang Expressions yang Paling Sering Digunakan

Benefit Belajar Alliteration

Sekarang, kamu sudah memahami beberapa bagian penting tentang apa itu alliteration Belajar bahasa Inggris meningkatkan keterampilan penting dan memperluas peluang tanpa batas. Dengan membangun kosa kata yang lebih baik, kamu bisa menjadi komunikator yang lebih percaya diri.

Membaca secara teratur memperkuat pengenalan kata-kata yang diulang-ulang, membantu kamu dalam memahami tata bahasa secara bertahap. Berbicara dengan orang lain, berbagi cerita, dan menyanyikan lagu menjadikan penguasaan bahasa Inggris lebih berkesan dan bermakna.

Terlibat dalam latihan bahasa Inggris meningkatkan kekuatan otak dan memperluas batasan. Adanya alliteration membuat pembelajaran menjadi hidup dan tidak terlalu melelahkan. Kamu juga bisa berlatih pengucapan dan menyempurnakan frasa akan meningkatkan kemahiran.

Ingin belajar Bahasa Inggris secara menyenangkan menggunakan banyak metode interaktif di kelas? Gunakan kesempatan mempelajari Bahasa Inggris secara efektif di ICAN English! Semua program pembelajaran difokuskan untuk menumbuhkan kelancaran dan mendorong pencapaian belajar yang berguna di masa depan!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.