Apa itu Kosakata Percakapan dan Cara Menghafalnya

Apa itu Kosakata Percakapan dan Cara Menghafalnya

Apa itu kosakata percakapan adalah kosakata berupa kata, frasa, maupun kalimat dasar yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Dengan pemahaman kosakata, kamu lebih mudah menunjukkan ekspresi sedih, bahagia, atau ketika ingin mengajak, meminta maaf, dan menawarkan bantuan pada orang lain.

Pada saat kamu ingin fasih berbahasa Inggris, salah satu poin yang harus disiapkan adalah yaitu kosakata untuk percakapan. Vocabulary memiliki peran penting saat berkomunikasi bahasa Inggris, walaupun masih banyak orang yang belum menyadari ini. Faktanya, semakin banyak vocabulary yang dimiliki akan membuat kamu lancar berkomunikasi.

Cara Menghafal Kosakata untuk Percakapan

Sudah banyak yang mengatakan bahwa hafalan adalah sebuah kegiatan yang sangat sulit dilakukan. Apalagi jika yang dihafalkan adalah kosakata untuk percakapan. Akan tetapi, bila kamu menemukan tips atau cara yang tepat untuk hafalan, maka semuanya jadi terasa lebih mudah. Di bawah ini, kamu akan menemukan beberapa cara untuk menghafal kosakata:

Membaca maupun Menulis Satu Kata secara Rutin

Setelah menghafal kosakata, maka kamu akan lebih mudah berinteraksi dengan orang lain. Cara menghafal kosakata bisa dilakukan dengan membaca dan menulis sedikitnya satu kata setiap hari. Catat kosakata dalam buku kecil, sehingga dapat dibawa kemana saja. Jika kamu sedang tidak begitu sibuk, dapat membacanya kapan saja.

Rajin belajar menulis juga akan membantu kamu lebih ingat bagaimana cara pelafalan kosakata. Perlu dilakukan dengan konsisten agar kamu memperoleh hasil yang memuaskan. 

Main Game Menggunakan Bahasa Inggris

Bermain game akan membantu kamu mengerti apa itu kosakata percakapan. Game yang menggunakan bahasa Inggris dapat membantu kamu menemukan kosakata baru. Pilihan game yang direkomendasikan adalah RPG maupun Story yang mempunyai alur cukup jelas.

Kamu mungkin akan memerlukan kamus agar memudahkan kamu mengerti kosakata dalam game. Jadi, ketika kamu akan memainkan game harus hafal kosakata tersebut. Game yang seru dan menarik pasti  memudahkan kamu memiliki minat tinggi dalam menghafal kosakata baru.

Membaca Buku Berbahasa Inggris

Cara yang selanjutnya dapat kamu pilih adalah dengan membaca buku berbahasa Inggris. Beberapa buku seperti novel atau cerpen. Yang lebih disarankan adalah membaca buku cerita agar daya tarik membaca meningkat. 

Kebiasaan membaca buku akan sangat berguna dalam memperbanyak perbendaharaan kosakata. Membaca buku bisa disertai membawa kamus agar memudahkan mencari arti kosakata yang belum dipahami.

Agar membaca buku tidak terasa membosankan, kamu bisa membuat jadwal rutin. Dengan waktu yang konsisten kamu jadi lebih siap belajar bahasa Inggris. 

Menonton Film Berbahasa Inggris 

Cara untuk menghafalkan kosakata percakapan bisa dengan menonton film bahasa Inggris dengan subtitle. Terlihat seperti hal sepele namun manfaat menonton film sangat luar biasa. Film dengan subtitle dapat membantu kamu memahami kalimat dalam film. 

Film luar negeri dapat kamu pilih karena sudah pasti menggunakan bahasa Inggris. Ada banyak pilihan untuk kamu pilih sebagai media belajar menghafal kosakata. Pada saat kamu mulai menonton film, nyalakan subtitle agar kamu lebih mudah memahami arti setiap kalimat. 

Memakai Aplikasi dengan Bahasa Inggris

Apa itu kosakata percakapan, bisa kamu pahami dengan menghafalnya. Memilih aplikasi dengan bahasa Inggris bisa membantu kamu dalam menghafalkan kosakata. Vocabulary kamu akan terus bertambah dengan cara menggunakan bahasa Inggris baik dalam komputer maupun smartphone.

Smartphone jauh lebih sering digunakan, jadi sangat cocok untuk belajar bahasa Inggris jika bahasa pengoperasian di setting bahasa Inggris. Kamu akan mudah menghafal kosakata dengan intensitas pemakaian smartphone.

Baca Juga: Cara Menghafal Bahasa Inggris dari Kosakata Dasar

Cara Meningkatkan Kosakata Percakapan Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah tahu apa itu kosakata percakapan dan bagaimana cara menghafalnya. Selanjutnya, menghafal saja tidak cukup. Kamu harus menggunakan kosakata yang sudah kamu hafalkan untuk percakapan sehari-hari.

Untuk terbiasa menggunakan Bahasa Inggris, dengan kosakata yang sudah kamu kuasai, kamu dapat melatihnya dalam percakapan. Misalnya, ketika sedang melakukan aktivitas, tambahkan kosakata tersebut dan gunakan dalam percakapan sesuai konteks.

Jika belajar sendiri tidak efektif karena belum bisa konsisten, cobalah untuk belajar di tempat kursus Bahasa Inggris. Kamu akan lebih berusaha keras, karena merasa sudah mengeluarkan biaya, menginvestasikan waktu dan tenaga. Terlebih, jika kamu tidak bisa konsisten belajar sendiri karena tidak ada bantuan untuk menyelesaikannya, sekarang kamu sudah ada tutor untuk memberikan bimbingan.

ICAN English menjadi langkah tepat untuk siapapun yang ingin lebih lancar berkomunikasi Bahasa Inggris. Kamu akan terbiasa untuk menggunakan Bahasa Inggris, termasuk melakukan interaksi dalam Bahasa Inggris bersama tutor. Jika hal ini terus berlanjut secara rutin, maka kosakata percakapan kamu akan terus bertambah. Kamu jadi lebih mahir berbicara maupun memberikan jawaban langsung secara spontan karena sudah terbiasa berbahasa Inggris!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi