Cara Menghafal Bahasa Inggris dari Kosakata Dasar

Cara Menghafal Bahasa Inggris dari Kosakata Dasar

Bagi pemula, menghafal Bahasa Inggris harus dimulai dari kosakata dasar. Meskipun kamu sudah sangat ahli dalam grammar, kamu tidak bisa meninggalkan vocabulary. Sedikit pengetahuan tentang kosakata akan menghambat kamu dalam berbicara bahasa Inggris dengan fasih. 

Ketika sedang belajar bahasa Inggris, wajib memperbanyak kosakata juga tidak boleh diabaikan. Bahkan kosakata adalah landasan agar kamu bisa belajar bahasa Inggris lebih luas.

6 Cara Hafalan Bahasa Inggris dari Kosakata

Percakapan sehari-hari/daily conversation membutuhkan banyak kosakata dalam mengimplementasikannya. Percakapan membutuhkan dua kemampuan bahasa Inggris yaitu mendengarkan (listening) dan berbicara (speaking). 

Jika kamu mengalami kesulitan dalam menghafal kosakata, maka kemungkinan kamu salah metode hafalan. Banyak cara menghafal bahasa Inggris, kamu harus cermat dalam memilih sesuai dengan kemampuan. 

Baca Juga:
Belajar Penggunaan Kalimat Dasar Bahasa Inggris

1. Menggunakan Aplikasi atau Games

Menghafalkan kosakata bahasa Inggris sudah banyak metodenya. Kamu dapat memilih aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone seperti games. Vocabulary Builder, FluentU, Vocab English Flashcards adalah beberapa contoh aplikasi yang bisa kamu gunakan dalam menghafal kosakata.

Pilihlah aplikasi yang cocok dengan keinginan kamu, pasang pada smartphone. Konsisten membuka aplikasi untuk menghafalkan kosakata.

Apa yang menarik dari aplikasi-aplikasi bahasa Inggris adalah adanya games yang tentu membantu dalam proses belajar kamu. Manfaat penting dari aplikasi di atas adalah membantu kamu dalam mempersiapkan tes IELTS, TOEFL, dan GRE (Graduate Record Examination) untuk masuk kuliah di Amerika. 

2. Membuat Flash Cards

Cara populer menghafal kosakata bahasa Inggris adalah membuat flash cards. Di rumah, kamu dapat membuat flash card diisi kosakata sendiri untuk diingat. Cara ini membuat kamu belajar menulis bahasa Inggris, dan kamu akan jauh lebih mudah mengingat tulisan sendiri.

Jika tidak ada waktu membuat flash card, kamu bisa menghafal kosakata dengan mengunduh aplikasi dengan gratis. Bacalah kosakata berulang-ulang, setelah itu kamu bisa mandiri menebak artinya dengan ditulis, lalu dicocokkan dengan aplikasi. Flash card bisa dijadikan  game, kamu bisa memainkan dengan teman atau saudara untuk menebak arti kosakata. 

3. Membuat Gambar

Cara menghafal bahasa Inggris dengan langkah keempat ini, kamu menyambung dari cara nomor tiga. Setelah membuat flash card dan memahami artinya, selanjutnya kamu dapat menggambar sebagai cara mendefinisikan kosakata. Jika kamu senang mengekspresikan diri dengan cara artistik, buatlah storyboard secara visual. 

Membuat karya berupa cerita, dari situ kamu membutuhkan banyak kosakata, dilengkapi dengan gambar yang kamu buat. Belajar menjadi lebih menyenangkan karena kamu mempunyai banyak kemampuan yang terus diasah. Konsisten dalam belajar tentunya akan membuahkan hasil yang bagus.

4. Membaca Buku

Menghafal kosakata bahasa Inggris bisa dilakukan dengan membaca buku. Aktivitas otak ini akan membantu mengenal kosakata lebih banyak. Langkah awal dalam membaca buku adalah memilih buku yang kamu suka. 

Buku bacaan bisa disesuaikan dengan level kemampuan yang kamu miliki. Ingat, tujuan membaca buku untuk belajar bahasa Inggris, jadi kamu jangan sampai memilih bacaan yang sudah dipahami. 

5. Membuat Sebuah Kalimat Bahasa Inggris

Kosakata yang telah kamu pahami, bisa digunakan untuk mencoba membuat sebuah kalimat. Belajar membuat sebuah kalimat, dapat dicoba menggunakan tenses. Pada kalimat yang kamu buat, harusnya kamu lebih paham kosakata yang dipilih cocok untuk konteks apa. 

Rangkaian kalimat, akan membantu kamu cepat menghafal kosakata. Misalnya, kalimat yang kamu buat adalah kalimat lucu dan sederhana karena berhubungan dengan aktivitas sehari-hari.

6. Belajar Percakapan

Jika kamu sudah menghafal kosakata, selanjutnya dapat membuat kalimat. Kalimat yang kamu buat, dapat dikembangkan menjadi sebuah dialog untuk dipraktekkan. Latihan berbicara dengan direkam menggunakan gadget, lalu diputar untuk mengetahui seberapa lancar pelafalan kosakata.

Berani membaca dengan lantang dan jelas. Cari aplikasi untuk membantu kamu belajar pelafalan bahasa Inggris. Belajar dengan rutin agar bisa fasih berbahasa Inggris dengan cepat.

Baca Juga:
Kosakata Bahasa Inggris yang Wajib Dihafal

Cara Belajar Menghafal Kosakata Bahasa Inggris

Pemula dianjurkan untuk belajar menghafal kosakata Bahasa Inggris yang banyak setiap harinya. Di tempat kursus, bahkan ada yang mengharuskan muridnya untuk hafalan kosakata pada akhir kelas.

ICAN English akan membantu mempermudah kebutuhan belajar kamu dengan hafalan Bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakan kosakata yang sudah kamu hafalkan untuk berbagai konteks. Kamu juga mendapatkan pilihan untuk belajar online atau offline bersama kami.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web