Apa Itu Tongue Twister Dan Contohnya

Apa Itu Tongue Twister dan Contohnya

Salah satu cara untuk latihan dan meningkatkan pronunciation dan kelancaran berbahasa adalah tongue twister. Kamu juga dapat menggunakan tongue twister untuk meningkatkan aksen menggunakan alliteration, yaitu repetisi satu bunyi. Gunakan panduan ini untuk tahu lebih banyak tentang apa itu tongue twister.

Tongue twister adalah frasa atau kalimat yang dirancang agar sulit diartikulasikan, terutama saat diucapkan dengan cepat dan berulang. Tongue twister seringnya berisikan bunyi, suku kata, dan kata yang memiliki kemiripan, sehingga membutuhkan pronunciation yang tepat untuk membacanya dengan benar.

Panduan Belajar Menggunakan Tongue Twister

Tantangan dari menggunakan tongue twister adalah kombinasi bunyi yang menjebak. Sehingga, kamu harus fokus dengan pelafalan setiap kata dengan tepat. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang apa itu tongue twister:

Tongue Twister 1

Tongue twister sering digunakan dalam bentuk latihan berbicara atau warm-up untuk meningkatkan pelafalan, diksi, dan kelancaran, terutama dalam bahasa dimana setiap bunyi terdengar menantang pembelajar. Selain itu, tongue twister juga dapat digunakan untuk kegiatan hiburan di kelas, karena melafalkan kalimatnya dengan cepat dan akurat sangatlah mengesankan dan tidak mudah dilakukan, seperti berikut:

  • Sally sells seashells by the seashore,
  • She swiftly sorts and stacks them more.
  • But slippery seals sneakily snatch,
  • Sending Sally scrambling, a seashell to catch.

Mulai baca atau lafalkan tongue twister di atas dengan pelan dan hati-hati. Kamu bisa fokus pada pronunciation tiap kata dengan jelas. Perhatikan ritme dan kelancaran kata.

Tongue Twister 2

Kamu juga bisa mengulangi tongue twister beberapa kali dengan lantang. Secara bertahap, tingkatkan kecepatan saat kamu mulai merasa nyaman dengan kata dan bunyi. Repetisi membantu meningkatkan daya ingat dan kelancaran pelafalan.

  • Silly Sally swiftly sowed seven silky scarves,
  • Stitching steadily, her skills she carves.
  • But a sneaky squirrel snatches, scurrying away,
  • Sally’s silk scarves swirling, a splendid display.

Jika tongue twister terasa sangat menantang, pecah menjadi beberapa frasa atau segmen lebih kecil. Latih setiap segmen secara terpisah sebelum meletakkannya dalam seluruh kalimat tongue twister.

Tongue Twister 3

Saat melatih keterampilan menggunakan tongue twister, kamu bisa fokus dan mengidentifikasi bunyi kata yang belum kamu pahami. Atau, cari mana yang paling sulit dilafalkan dengan benar.

  • Bobby Blue blew big blue bubbles by the brook,
  • Buoyantly blowing, his breath he took.
  • But boisterous breezes briskly blow,
  • Bursting Bobby’s bubbles, his blue blow to show.

Gunakan waktu lebih banyak untuk melatih bunyi secara spesifik. Lakukan berulang sampai kamu benar-benar merasa percaya diri.

Tongue Twister 4

Kamu juga bisa menggunakan kaca untuk latihan menggunakan tongue twister. Tujuannya adalah untuk mengamati pergerakan mulut dan ekspresi wajah. Hal ini akan membantu meningkatkan artikulasi dan pronunciation:

  • Susie sews six silver buttons on a satin shirt,
  • Swiftly stitching, her skills assert.
  • But slippery silk slips, sliding slyly,
  • Susie’s silver buttons scatter, shyly.

Kamu juga dapat merekam diri sendiri dalam melafalkan tongue twister. Kemudian, dengarkan rekaman tersebut. Perhatikan bagian mana yang masih salah pelafalannya. Sehingga, kamu bisa mengoreksi dengan tepat.

Benefit Belajar Menggunakan Tongue Twister

Sekarang, kamu sudah memahami apa itu tongue twister. Cara ini memberikan banyak keuntungan bagi pemula yang ingin meningkatkan pronunciation. Hal tersebut karena membantu melatih speech muscles dan meningkatkan kejelasan berbicara.

Dengan menggunakan tongue twister secara cepat dan akurat, maka kamu bisa menghasilkan speech yang sesuai. Latihan secara reguler menggunakan language twister akan meningkatkan kelancaran karena telah melatih otak dalam memproses dan memproduksi speech lebih efisien.

Selain menggunakan language twister, kamu juga bisa belajar Bahasa Inggris dengan banyak metode menyenangkan di ICAN English! Kursus Bahasa Inggris kami membuat setiap pembelajar mendapatkan tujuan belajar secara personal dan professional sesuai kebutuhan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi