Asking and Giving Opinion: Penjelasan dan Contoh Lengkap!

Asking and Giving Opinion: Penjelasan dan Contoh Lengkap!

Asking and giving opinion adalah salah satu common expression bahasa Inggris yang wajib kamu pelajari. Common expression merupakan ungkapan umum atau lazim, yang berguna untuk mendukung percakapan dan dialog sehari-hari.

Mengenal Asking and Giving Opinion

Apa itu expression of asking and giving opinion? Dalam bahasa Inggris, asking adalah meminta dan opinion adalah pendapat. Asking opinion maksudnya adalah meminta pendapat atau menanyakan pendapat. Gunakan ekspresi tersebut ketika kamu membutuhkan pendapat dari orang lain dengan cara bertanya. Sebaliknya, giving opinion adalah ekspresi yang digunakan untuk memberikan pendapat. Ekspresi ini berguna ketika kamu diminta pendapat lawan bicara menggunakan Bahasa Inggris.

Jadi, ungkapan ini digunakan sebagai cara ketika kamu ingin meminta atau memberi pendapat kepada lawan bicara. Ketika melakukan berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari-hari, pasti tidak lepas dari kebutuhan meminta dan memberikan pendapat. Apakah kamu sudah bisa menanyakan dan memberikan pendapat menggunakan Bahasa Inggris?

Contohnya, ketika kamu sedang makan. Kamu bisa meminta pendapat orang lain atau memberi pendapat terkait rasa masakan tersebut.selain disebut asking and giving opinion, materi ini juga dikenal sebagai asking and giving suggestion.

Baca Juga:
Kalimat Pengganti How Are You untuk Menanyakan Kabar

Bagaimana Mengungkapkan Asking Opinion?

Untuk meminta pendapat menggunakan bahasa Inggris, gunakan ketika kamu membutuhkan saran atau opini dari lawan bicara. Gunakan beberapa frasa, seperti: What do you think about…?, How do you feel about…?, What’s your opinion on…?, Could you give me your thoughts…? dan banyak lainnya.

Berikut adalah beberapa contoh asking opinion dalam kalimat sehari-hari:

1.  What do you think about the new government policies? (Apa pendapatmu tentang kebijakan pemerintah yang baru?)

2.  How do you feel about the proposal to expand the team? (Bagaimana perasaanmu tentang usulan untuk memperluas tim?)

3.  What’s your opinion on climate change and its effects on our planet? (Apa pendapatmu tentang perubahan iklim dan dampaknya terhadap planet kita?)

4.  Could you give me your thoughts on the latest technological advancements? (Bisakah kamu memberikan pendapatmu tentang perkembangan teknologi terbaru?)

5.  I’d like to hear your perspective on the current economic situation. (Saya ingin mendengar sudut pandangmu tentang situasi ekonomi saat ini.)

6.  Do you have any views on the future of renewable energy sources? (Apakah kamu memiliki pandangan tentang masa depan sumber energi terbarukan?)

7.  What’s your take on the educational system in our country? (Bagaimana pendapatmu tentang sistem pendidikan di negara kita?)

8.  May I get your point of view regarding the recent social media trends? (Bolehkah saya mendapatkan sudut pandangmu tentang tren media sosial terbaru?)

9.  What’s your stance on the controversial issue of gun control? (Bagaimana pendapatmu tentang isu kontroversial pengendalian senjata?)

10.  Can you share your thoughts about the impact of globalization on local cultures? (Bisakah kamu berbagi pendapatmu tentang dampak globalisasi pada budaya lokal?

Baca Juga:
Contoh Kalimat Saran dalam Bahasa Inggris

Cara Memberikan Giving Opinion

Untuk memberikan pendapat, maka kamu harus tahu terlebih dahulu kapan harus menyampaikannya. Gunakan ekspresi tersebut ketika kamu diminta memberikan pendapat ketika terdapat obrolan atau dialog interaktif dalam membahas sesuatu.

Memberikan pendapat dapat terjadi dalam berbagai macam kondisi. Contohnya, ketika membahas pekerjaan bersama rekan kerja, mengobrol bersama keluarga, sahabat, teman, dan pasangan. Atau, ketika sedang berdiskusi untuk mencari solusi masalah. Untuk memberikan pendapat, bisa menggunakan ekspresi seperti: I believe that, in my opinion, from my perspective, personally, dan lainnya.

Berikut adalah 10 contoh giving opinion dalam bahasa inggris lengkap dengan artinya:

  1. I believe that climate change is a pressing issue. (Saya percaya bahwa perubahan iklim adalah masalah yang mendesak.)
  2.  In my opinion, the movie was really entertaining. ( Menurut pendapat saya, film itu sangat menghibur.
  3. From my perspective, the new policy will benefit the company. (Dari sudut pandang saya, kebijakan baru ini akan menguntungkan perusahaan).
  4. Personally, I think the food at that restaurant is delicious. (Secara pribadi, saya pikir makanan di restoran itu enak).
  5. It’s my view that education should be accessible to everyone. (Adalah sudut pandang saya bahwa pendidikan harus dapat diakses oleh semua orang.)
  6. In my estimation, the team needs more training. (Menurut perkiraan saya, tim ini membutuhkan lebih banyak pelatihan.)
  7. If you ask me, the best solution is to start over. (Jika kamu bertanya pada saya, solusi terbaik adalah memulai dari awal.)
  8. In my eyes, the artwork is truly remarkable. (Menurut pandangan saya, karya seni ini sungguh luar biasa.)
  9. I hold the belief that honesty is the best policy. (Saya meyakini bahwa jujur adalah kebijakan terbaik.)
  10. It’s my contention that we should prioritize environmental conservation. (Adalah pendirian saya bahwa kita harus memprioritaskan pelestarian lingkungan.)

Baca Juga:
Contoh Dialog Negosiasi Bahasa Inggris

Contoh dialog (berikan 10 contoh)

Berikut adalah contoh dialog asking and giving opinion:

1. Sarah: What do you think of the new restaurant in town?

   Alex: I went there last night, and in my opinion, the food was excellent.

2. Mark: Do you like the idea of having a company picnic next month?

   Lisa: Yes, I think it’s a great idea. It would be a fun team-building activity.

3. Emily: How about we change the color of the living room walls?

   David: I’m not sure. What’s your opinion on which color would work best?

4. Tom: Do you think we should invest in the stock market?

   Laura: Personally, I believe it’s a good opportunity to grow our savings.

5. Jessica: Should we go hiking this weekend?

   Brian: I think it’s a fantastic idea. The weather should be perfect.

6. Maya: What’s your take on remote work?

   Daniel: I prefer it because it offers more flexibility and saves commuting time.

7. Mike: Are you in favor of extending the deadline for the project?

   Lisa: In my view, it’s necessary to ensure the quality of our work.

8. Alex: How do you feel about the new school curriculum?

   Emma: Well, I think it’s a step in the right direction, but there’s room for improvement.

9. John: Should we buy a new car or stick with our old one?

   Mary: I believe it’s time for an upgrade. Our current car has had too many issues.

10. Olivia: Do you think we should invite Chris to the party?

     Sam: Personally, I’m not a fan of his, but if you want to invite him, I’m okay with it.

Baca Juga:
Contoh Expressing Opinion dalam Bahasa Inggris

Nah, sekarang kamu sudah mendapatkan banyak pengetahuan tentang asking and giving opinion. Kamu juga bisa mencoba membuat contoh-contoh ekspresi untuk meminta dan memberikan pendapat agar kemampuan bahasa Inggris kamu jauh lebih meningkat atau, belajar bahasa inggris lebih intensif dengan ikut gabung di Program General English dari ICAN English. Kamu bisa belajar banyak materi di kelas yang menyenangkan, loh!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web