contoh kalimat saran dalam bahasa inggris

Contoh Kalimat Saran dalam Bahasa Inggris

Kalimat saran dalam bahasa Inggris disebut juga dengan advice atau nasihat yang biasanya mengandung solusi atas suatu permasalahan. Dalam bahasa Inggris sendiri terdapat berbagai bentuk frase yang bisa digunakan untuk memberikan saran kepada pihak lain dengan tujuan agar pihak tersebut mendapatkan pencerahan kearah yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Adapun, kalimat saran biasanya ditandai dengan penggunaan modals yang menyertai kata verb dalam sebuah kalimat. Bentuk-bentuk kata saran tersebut diantaranya; may, could, shall, might, had to, would, dan sebagainya. Kata-kata tersebut harus disesuaikan dengan topik atau tujuan dari kalimat yang disampaikan.

Macam-Macam Kalimat Saran dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Ada banyak bentuk kalimat saran bahasa Inggris. untuk lebih memudahkannya maka secara umum kalimat tersebut dibagi kedalam dua jenis yakni, kalimat resmi (formal) dan kalimat yang tidak resmi (informal). Kedua jenis kalimat tersebut bisa digunakan pada situasi apapun, dan yang membedakannya yakni kalimat tersebut akan dibuat sopan, akrab, atau darurat.

Ketika belajar bahasa Inggris, kalimat ini menjadi hal penting karena akan mempermudah kamu dalam berkomunikasi. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris bisa memudahkan kamu dalam berkomunikasi dan belajar bahasa Inggris secara lengkap. ICAN English bisa menjadi salah satu lembaga kursus yang bisa kamu pilih karena dilengkapi dengan tutor bahasa Inggris profesional.

Baca Juga:
Pentingnya Gabung di Lembaga Kursus Bahasa Inggris

Aturan Kalimat Saran Dalam Bahasa Inggris

Sebelum membahas lebih jauh terkait kalimat saran dalam bahasa Inggris, sebaiknya kamu harus tahu dulu aturan penyusunannya. Dalam pembentukan kalimat saran atau expression of advice selalu diikuti oleh verb (kata kerja), dan sangat dekat dengan suggestion atau saran. Setelah pengucapan subjek, biasanya selalu dilanjutkan dengan modals atau kata saran/nasihat.

Kalimat Saran Formal

Kalimat saran dalam bahasa Inggris bentuk formal, biasanya digunakan dalam segala situasi resmi seperti di lingkungan tempat kerja atau ketika berbicara kepada orang yang tidak dikenal. Untuk lebih memahami konsepnya, kamu bisa lihat contoh kalimat saran untuk rekan kerja berikut; you should come earlier tomorrow (anda harus datang lebih awal besok).

Selanjutnya, contoh kalimat saran formal untuk orang yang tidak dikenal; I would like to suggest that you stop wasting food (saya sarankan anda untuk berhenti membuang-buang makanan). Dalam kalimat tersebut mengandung saran yang secara sopan disampaikan agar seseorang yang tidak kamu kenal tersebut mengikuti saran yang kamu berikan.

Baca Juga:
Pilihan Les Bahasa Inggris Terdekat dan Murah

Kalimat Saran Personal

Bentuk kalimat saran personal dalam bahasa Inggris digunakan ketika kamu dihadapkan dengan situasi yang mengharuskan untuk memberikan saran kepada orang lain secara personal dan sebaiknya tidak dilakukan di depan umum. Adapun, untuk lebih memahami konsepnya kamu bisa lihat dalam contoh di bawah ini.

Misalnya, it is better for you to start a healthy life (lebih baik bagi anda untuk memulai hidup sehat). Bentuk kalimat tersebut akan sangat tidak etis jika kamu mengucapkannya di depan umum. Sehingga, kalimat tersebut lebih cocok untuk disampaikan secara pribadi atau personal.

Kalimat Saran Informal

Selain bentuk informal, kamu juga bisa menggunakan kalimat saran dengan bentuk yang informal atau tidak resmi. Jenis kalimat saran ini biasanya digunakan untuk seseorang yang telah kamu kenal dan berusia seumuran seperti teman, saudara, anak, atau pasangan kamu. kata-kata yang dipilihnya juga biasanya cenderung lebih santai jika dibandingkan dengan pemilihan kata lainnya.

Terdapat berbagai pilihan kata yang bisa digunakan ketika kamu hendak menyampaikan saran secara informal. Adapun, kata-kata tersebut diantaranya; you must (kamu harus), you need atau you ought to (kamu sebaiknya/seharusnya), make sure you (pastikan kamu), you better (kamu sebaiknya), it’s time you (ini waktunya kamu), dan sebagainya.

Untuk lebih memahami konsep penggunaan kalimat saran secara informal, kamu bisa mempelajarinya lewat contoh berikut ini. Misalnya, you must finish your homework in 30 minutes, so we can playing after that (kamu harus menyelesaikan PR dalam 30 menit, sehingga kita bisa bermain). Kalimat tersebut biasanya diucapkan oleh seorang teman di kondisi tidak resmi.

Baca Juga:
Apa Saja Frasa Bahasa Inggris Sehari Hari?

Kalimat Saran Untuk Situasi Darurat

Terakhir, bentuk kalimat saran yang digunakan untuk situasi darurat. Dalam kondisi ini biasanya menggunakan kalimat yang cukup formal atau resmi. Kalimat darurat ini bisa diucapkan oleh siapa saja, tetapi akan lebih sering diucapkan oleh berbagai pihak yang bekerja di situasi yang kerap menghadapi bahaya seperti polisi, dokter, dan sebagainya.

Untuk lebih memahami konsep penggunaannya, kamu bisa lihat di contoh berikut. Misalnya, take my advice and put the gun down, so everyone here would be safe (ambil saran saya dan letakkan pistolnya, sehingga semua orang akan aman). Contoh kalimat tersebut mungkin akan diucapkan polisi.

Kesimpulan

Dengan mengetahui berbagai bentuk kalimat saran dalam bahasa Inggris akan membantu kamu untuk menyesuaikan kira-kira bentuk mana yang paling tepat untuk diterapkan di kondisi tertentu. Dengan pemilihan kata yang tepat tersebut, maka saran yang kamu berikan kepada orang lain akan terdengar lebih meyakinkan dan tepat sasaran.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web