aturan grammar bahasa inggris yang wajib dihafal

Aturan Grammar Bahasa Inggris yang Wajib Dihafal

Saat belajar bahasa Inggris, hal yang penting untuk dipelajari adalah grammar. Materi ini akan selalu kamu temukan dari sekolah dasar hingga sekolah menengah. Ada banyak aturan grammar bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui dan pahami dengan baik.

Kamu mungkin merasa kewalahan dengan semua aturan tata bahasa dan pengecualiannya yang harus kamu pelajari. Semuanya mungkin tampak begitu rumit dan tak terduga pada awalnya, namun jika dipelajari secara konsisten, kamu bisa memahaminya dengan baik.

3 Aturan Penting Grammar Bahasa Inggris

Salah satu hal tersulit dalam mempelajari bahasa baru adalah mempelajari aturan grammar. Meskipun grammar bahasa Inggris terlihat cukup mudah dibandingkan dengan beberapa bahasa, kesalahan kecil dapat dengan mudah mengubah arti dari apa yang ingin kamu katakan, Nah, berikut ini adalah aturan grammar bahasa Inggris yang perlu kamu pahami dan pelajari.

1. Kata sifat dan kata keterangan

Pastikan kamu menggunakan kata sifat dan kata keterangan dengan benar. Kata sifat menggambarkan, mengidentifikasi dan mengukur orang atau benda dan biasanya berada di depan kata benda. Mereka tidak berubah jika kata bendanya jamak. Kata keterangan memodifikasi kata kerja, kata sifat dan kata keterangan lainnya dan biasanya muncul setelah kata kerja.

Contohnya adalah Hes a slow driver (kata sifat), He drives slowly (kata keterangan). Sebagian besar kata keterangan dibuat dengan menambahkan -ly ke kata sifat seperti pada contoh:

  • fast (adjective) – fast (adverb)
  • hard (adjective) – hard (adverb)
  • good (adjective) – well (adverb)

Gunakan konjungsi kata kerja yang benar

Ingatlah untuk mengubah kata kerja agar sesuai dengan subjeknya. Subyek utama yang perlu kamu perhatikan adalah he, she dan it karena mereka sering memiliki bentuk yang berbeda dengan yang lain. Sebagai contoh:

  • She has two cats (benar)
  • She have two cats (salah)

Ini terlihat seperti kesalahan kecil, namun sangat berpengaruh terhadap kalimat bahasa Inggris kamu. Jadi, jika kamu dapat menghindarinya, itu akan membuat perbedaan besar pada seberapa akurasi kalimat.

2. Konstruksi Kalimat

Secara umum, kalimat dalam bahasa Inggris tidak terlalu panjang. Sebuah kalimat biasanya memiliki dua atau tiga klausa (subjek + kata kerja + objek), dihubungkan oleh konjungsi.

Cara yang baik untuk membuat kalimat  lebih jelas adalah dengan menambahkan koma. Koma membantu pembaca memahami di mana satu frasa berakhir dan frasa lainnya dimulai.

3. Tambahkan -ed ke Kata Kerja untuk Past Tense

Ketika berbicara tentang masa lalu, kamu harus menambahkan -ed ke kata kerja reguler untuk membuat bentuk lampau. Kata kerja tidak beraturan rumit dan memiliki aturannya sendiri. Namun, untuk kata kerja beraturan, kamu harus membuatnya menjadi bentuk lampau dengan menambahkan -ed.

  • She walked the dog to the park.
  • The dogs stopped barking two seconds ago, and I am feeling better.
  • Mary played fetch with her hyperactive dog.

Baca Juga:
Contoh Grammar Bahasa Inggris

Pentingnya Grammar dalam Bahasa Inggris

Banyak orang yang merasa kesulitan ketika belajar bahasa Inggris dan memulai bergabung dengan kursus bahasa Inggris. ICAN English menjadi salah satu lembaga penyedia bahasa Inggris yang dipilih banyak siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Grammar yang tepat adalah kunci untuk berkomunikasi dengan baik. Memahami grammar membantu kamu menghindari kesalahan yang bisa membuat bahasa Inggris kamu terdengar aneh.

Grammar yang benar tidak hanya menunjukkan kemampuan bahasa Inggris kamu, tetapi juga menunjukkan bahwa kamu rajin dan memperhatikan detail.

Ini sama pentingnya jika kamu ingin belajar di luar negeri. Perguruan tinggi dan universitas cenderung menilai bahasa Inggris akademis sebagian besar berdasarkan pengetahuan kamu tentang grammar Inggris. Ketika kamu bertemu orang baru atau mengunjungi tempat baru, hindari kesalah pahaman. Untuk menghindarinya, kamu harus menyusunnya dengan benar, dan di sini grammar sangat dibutuhkan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi