aturan grammar bahasa inggris

Aturan Grammar Bahasa Inggris yang Wajib Dihafal

Apr 29, 2022 | Bahasa Inggris

Saat belajar bahasa Inggris, hal yang penting untuk dipelajari adalah grammar. Materi ini akan selalu kamu temukan dari sekolah dasar hingga sekolah menengah. Ada banyak aturan grammar bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui dan pahami dengan baik.

Kamu mungkin merasa kewalahan dengan semua aturan tata bahasa dan pengecualiannya yang harus kamu pelajari. Semuanya mungkin tampak begitu rumit dan tak terduga pada awalnya, namun jika dipelajari secara konsisten, kamu bisa memahaminya dengan baik.

Baca Juga: BASIC GRAMMAR BAHASA INGGRIS

3 Aturan Penting Grammar Bahasa Inggris

Salah satu hal tersulit dalam mempelajari bahasa baru adalah mempelajari aturan grammar. Meskipun grammar bahasa Inggris terlihat cukup mudah dibandingkan dengan beberapa bahasa, kesalahan kecil dapat dengan mudah mengubah arti dari apa yang ingin kamu katakan,

Nah, berikut ini adalah aturan grammar bahasa Inggris yang perlu kamu pahami dan pelajari.

1. Kata sifat dan kata keterangan

Pastikan kamu menggunakan kata sifat dan kata keterangan dengan benar. Kata sifat menggambarkan, mengidentifikasi dan mengukur orang atau benda dan biasanya berada di depan kata benda. Mereka tidak berubah jika kata bendanya jamak. Kata keterangan memodifikasi kata kerja, kata sifat dan kata keterangan lainnya dan biasanya muncul setelah kata kerja.

Contohnya adalah He’s a slow driver (kata sifat), He drives slowly (kata keterangan). Sebagian besar kata keterangan dibuat dengan menambahkan -ly ke kata sifat seperti pada contoh:

  • fast (adjective) – fast (adverb)
  • hard (adjective) – hard (adverb)
  • good (adjective) – well (adverb)
  • Gunakan Konjugasi Kata Kerja yang Benar

Ingatlah untuk mengubah kata kerja agar sesuai dengan subjeknya. Subyek utama yang perlu kamu perhatikan adalah he, she dan it karena mereka sering memiliki bentuk yang berbeda dengan yang lain. Sebagai contoh:

  • She has two cats (benar)
  • She have two cats (salah)

Ini terlihat seperti kesalahan kecil, namun sangat berpengaruh terhadap kalimat bahasa Inggris kamu.  Jadi, jika kamu dapat menghindarinya, itu akan membuat perbedaan besar pada seberapa akurasi kalimat.

2. Konstruksi Kalimat

Secara umum, kalimat dalam bahasa Inggris tidak terlalu panjang. Sebuah kalimat biasanya memiliki dua atau tiga klausa (subjek + kata kerja + objek), dihubungkan oleh konjungsi.

Cara yang baik untuk membuat kalimat  lebih jelas adalah dengan menambahkan koma. Koma membantu pembaca memahami di mana satu frasa berakhir dan frasa lainnya dimulai.

3. Tambahkan -ed ke Kata Kerja untuk Past Tense

Ketika berbicara tentang masa lalu, kamu harus menambahkan -ed ke kata kerja reguler untuk membuat bentuk lampau. Kata kerja tidak beraturan rumit dan memiliki aturannya sendiri. Namun, untuk kata kerja beraturan, kamu harus membuatnya menjadi bentuk lampau dengan menambahkan -ed.

  • She walked the dog to the park.
  • The dogs stopped barking two seconds ago, and I am feeling better.
  • Mary played fetch with her hyperactive dog.

Baca Juga: CONTOH GRAMMAR BAHASA INGGRIS

Pentingnya Grammar dalam Bahasa Inggris

Banyak orang yang merasa kesulitan ketika belajar bahasa Inggris dan memulai bergabung dengan kursus bahasa Inggris. ICAN English menjadi salah satu lembaga penyedia bahasa Inggris yang dipilih banyak siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Grammar yang tepat adalah kunci untuk berkomunikasi dengan baik. Memahami grammar membantu kamu menghindari kesalahan yang bisa membuat bahasa Inggris kamu terdengar aneh.

Grammar yang benar tidak hanya menunjukkan kemampuan bahasa Inggris kamu, tetapi juga menunjukkan bahwa kamu rajin dan memperhatikan detail.

Ini sama pentingnya jika kamu ingin belajar di luar negeri. Perguruan tinggi dan universitas cenderung menilai bahasa Inggris akademis sebagian besar berdasarkan pengetahuan kamu tentang grammar Inggris.

Ketika kamu bertemu orang baru atau mengunjungi tempat baru, hindari kesalahpahaman. Untuk menghindari hal ini, kamu harus menyusun kata dengan benar, dan di sini grammar sangat dibutuhkan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH