contoh grammar bahasa inggris

Contoh Grammar Bahasa Inggris

Contoh grammar Bahasa Inggris adalah salah satu materi yang sering kamu temukan saat belajar Bahasa Inggris, baik saat duduk di bangku SD sampai SMA. Umumnya, Grammar merupakan materi paling sulit yang harus kamu hadapi saat ujian.

Ada beberapa istilah dan rumus yang harus kamu perhatikan ketika merangkai kalimat dengan adanya grammar yang tepat. Akan tetapi, kamu tidak perlu kuatir karena dalam artikel ini, ICAN English akan menjelaskan tentang apa itu grammar dan semua istilah yang harus kamu tahu.

Grammar dan Istilah Didalamnya

Grammar yaitu struktur penyusunan kalimat. Struktur yang tepat adalah hal penting karena menjadikan kalimat lebih sempurna. Struktur tersebut dapat kamu gunakan pada semua bahasa, termasuk bahasa inggris. Sedangkan jika dalam bahasa indonesia, kamu mungkin sudah akrab dengan SPOK (Subject, predikat, objek, dan keterangan).

Grammar merupakan bagian bahasa yang sudah dipelajari para native speaker sejak bayi. Walaupun bayi belum tahu grammar, tetapi kemampuan bahasa terus berkembang secara alami, sehingga bisa membedakan arti, terbiasa mendengar orang-orang dewasa berbicara di sekeliling, sehingga paham bagaimana cara menyusun kata menjadi kalimat sempurna.

Part of Speech

Dari contoh grammar Bahasa Inggris, maka kamu akan menemukan part of speech. Struktur kalimatnya didukung berbagai kata yang membuat kalimat sempurna. Part of speech dalam bahasa inggris dibagi menjadi delapan kategori, akan tetapi cukup fokus pada tiga bagian saja, yaitu kata benda, kata sifat, dan kata kerja, dengan penjelasan berikut:

Kata Benda/ Noun – Gunakan untuk mengungkapkan nama tempat, nama benda, dan nama orang.

Kata Sifat/ Adjective – Gunakan jika ingin memperjelas kata benda termasuk untuk menambahkan informasi nama orang, nama benda. Misalnya, menjelaskan tekstur, perasaan, dan juga warna.

Kata Kerja/ Verb – Gunakan untuk mengungkapkan tindakan seperti mengambil barang, berlari, ataupun berbicara.

Baca Juga:
Tips Belajar Spelling Bahasa Inggris

Verb Forms

Kata kerja dalam Bahasa Inggris juga dibagi dalam beberapa bentuk. Eat bisa berubah menjadi ate, aten, ats, atau eating. Satu kata kerja bisa berubah menjadi empat bentuk berbeda. Bentuk dasar verb dibagi dalam tiga kategori yaitu:

Base form – kata kerja dasar, kata kerja pertama. Contohnya: swim, have, eat, dan kata kerja lainnya yang bisa mengikuti kata to.

Past Simple – Kata kerja kedua. Contohnya: slept, dreamed, finished, ate, sang, had, dan lainnya.

Past participle – Kata kerja ketiga, digunakan untuk tense lebih rumit, seperti penggunaan present perfect.

Contoh grammar dalam Bahasa Inggris yaitu: I have never been to Mojokerto. Penggunaan Been dalam contoh tersebut adalah kata kerja ketiga be.

To Be

Kamu mungkin sering mendengar tentang am, is, dan are. Contohnya pada kalimat: My mother is working. Akan tetapi, to be tidak bisa digabung dnegan kata kerja dasar, misalnya sleep, sehingga menjadi my mother is sleep. Ini adalah contoh yang salah, karena contoh yang tepat adalah My mother is sleeping.

Baca Juga:
Manfaat Belajar Grammar Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Bahasa Inggris Dengan Grammar

They are study literature every Friday, apakah ini contoh grammar yang tepat?

Kalimat di atas menandakan simple present tense, dengan penggunaan verb 1. Jika ingin menggunakan verb satu dalam kalimat di atas, maka kalimat yangtepat yaitu: They study literature every Friday.

Kamu juga bisa mempelajari contoh grammar Bahasa Inggris berikut:

You is a student.

Apakah ini contoh yang tepat?

Tentu tidak, mengapa? Karena to be yang digunakan untuk subject You seharusnya adalah are.

Maka, jawaban yang tepat yaitu: You are a student.

Itulah informasi tentang contoh grammar dalam mempelajari Bahasa Inggris. Kamu bisa latihan dari soal-soal Bahasa Inggris paling mudah. Atau, belajar membuat kalimat sederhana tentang kegiatan sehari-hari.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web