Tips Fasih Bahasa Inggris Agar Ngobrol Jadi Santai

Tips Fasih Bahasa Inggris Agar Ngobrol Jadi Santai

Apakah kamu pernah merasa diri melihat teman yang jago bahasa Inggris dan bisa ngobrol dengan santai? Padahal, kamu sudah mempelajari banyak materi tentang kosakata bahasa Inggris, tata bahasa atau grammar, dan melatih pendengaran terhadap berbagai macam dialog.

Biasanya, hal seperti ini terjadi pada setiap pembelajar bahasa. Saat sedang berbicara, tiba-tiba merasa lupa dengan apa yang hendak disampaikan. Hal ini karena kamu sedang melakukan percakapan dalam situasi kehidupan nyata. Sehingga seringkali menyebabkan perasaan grogi atau disebut performance anxiety.

Apa yang disebut dengan performance anxiety adalah rasa takut yang irasional. Biasanya, kamu akan merasa takut melakukan kesalahan di depan banyak orang. Sehingga kamu cemas mendapatkan penilaian yang buruk dari orang lain.

Cara Fasih Ngobrol Bahasa Inggris Agar Tetap Santai

Daripada merasa grogi, ada baiknya untuk memposisikan diri sebagai lawan bicara. Bagaimana jika saat ini, kamu berhadapan dengan seorang native speaker yang sedang belajar bahasa Indonesia? Pasti kamu akan merasa sangat antusias dan senang mendengarkannya. Kamu juga akan memaklumi setiap kesalahan yang ia lakukan saat menggunakan bahasa Indonesia.

Itulah yang akan dirasakan oleh native speaker saat kamu berusaha untuk menjelaskan sesuatu dalam bahasa mereka.  Agar kamu bisa menggunakan bahasa Inggris untuk ngobrol dengan santai, berikut adalah tips yang harus kamu coba:

Terus Lakukan

Cara satu-satunya agar kamu bisa tetap meningkatkan keterampilan speaking adalah melalui latihan berbicara. Sama seperti ketika kamu hendak menyeberangi lautan. Walaupun kamu sangat membenci naik pesawat, kamu tetap harus melakukan hal tersebut. Jadi, tetap tenang dan terus paksa diri sendiri agar terbiasa menggunakan bahasa Inggris.

Persiapan

Saat melakukan percakapan di dunia nyata, kamu tidak lagi harus memikirkan soal penggunaan kata kerja atau verb tense, dan pilihan kata. Agar kamu bisa tetap ngobrol bahasa Inggris dengan santai, komunikasi yang efektif adalah dengan menyampaikan informasi yang sesuai dengan situasi.

Jadi, ada baiknya untuk mempelajari banyak kosakata dan frase yang relevan dengan situasi di mana kamu akan terlibat dalam percakapan. Selanjutnya, kamu harus latihan untuk menghadapi skenario tersebut.

Audiens

Saat ingin menggunakan bahasa Inggris dengan rileks ketika ngobrol, pertimbangkan siapa audience kamu.  Ngobrol dengan orang asing bagi beberapa pembelajar terasa lebih nyaman, karena tidak masalah jika kamu mengucapkan satu hal yang kurang tepat. Hal ini karena kamu juga tidak akan bertemu kembali di lain waktu.

Berbeda kondisinya jika kamu harus ngobrol bahasa Inggris dengan orang-orang yang kamu kenal. Kamu akan merasa lebih grogi karena keinginan untuk berkomunikasi lebih dari kemampuan kamu saat ini.

Tetapi, jika audience kamu adalah teman-teman di sekolah, mereka dapat memberikan motivasi agar kamu terus meningkatkan potensi diri. Jadi, jika kamu merasa malu dan ingin mengembangkan rasa percaya diri, maka sebaiknya kamu ngobrol bahasa Inggris terlebih dahulu dengan orang asing.

Tidak Harus Sempurna

Apa tujuan kamu ketika menulis dalam bahasa Inggris? Kamu tidak ingin membuat tulisan yang mustahil untuk dipahami oleh pembaca. Tetapi, kamu pasti ingin membuat tulisan yang mustahil  membuat pembaca gagal memahami maknanya. Hal ini juga berlaku dalam komunikasi secara lisan.

Kamu tidak harus menjadi seorang orator untuk bisa dipahami isi pidato yang kamu sampaikan. Semakin tidak mengajar kesempurnaan dalam keterampilan berbahasa Inggris, kamu akan merasa semakin percaya diri. Semakin mau mencoba, semakin tenang cara kamu menyampaikan hal apapun secara lisan.

Jangan menunda untuk mau berbicara dengan orang lain karena merasa belum sempurna. Semua manusia juga akan merangkak terlebih dahulu sebelum bisa berlari.

Kendalikan Obrolan 

Arahkan percakapan dengan bertanya beberapa pertanyaan atau membuat pernyataan. Jika kamu hanya fokus menjawab pertanyaan, maka percakapan akan mengarah pada hal-hal yang tidak kamu pahami. Cobalah untuk mengendalikan obrolan agar topik pembicaraan tetap pada hal-hal yang kamu merasa nyaman. Cara ini akan membuat kamu tetap merasa percaya diri. 

Baca Juga: Pentingnya Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

Cara Belajar Bahasa Inggris Agar Fasih Mengobrol

Sekarang, kamu sudah mengetahui cara agar fasih berbahasa Inggris untuk ngobrol santai dan lebih percaya diri. Dengan cara di atas, kamu akan lebih mudah dalam mengekspresikan diri. Keterampilan berbicara Bahasa Inggris juga sangat membantu ketika kamu harus menyampaikan informasi, mengajak orang lain, dan menghibur audience.

Tanpa keterampilan komunikasi, kamu akan kesulitan dalam menyampaikan hal apapun saat harus berbicara dalam Bahasa Inggris. Itulah mengapa, kemampuan ini adalah salah satu hal yang harus kamu miliki di era global.

Jika kamu merasa kesulitan dalam menggunakan bahasa Inggris, buat segalanya lebih mudah dengan belajar di ICAN English. Selama mengikuti kursus Bahasa Inggris ini, kamu jadi lebih percaya diri dalam menggunakan Bahasa Inggris secara lisan. Untuk informasi lebih lanjut tentang apa saja program dan keuntungan yang kamu dapatkan, hubungi tim kami sekarang juga!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web