Pentingnya Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

Pentingnya Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

Di era yang serba maju ini, semakin memperjelas pentingnya kemampuan berbicara bahasa Inggris. baik untuk kebutuhan sehari-hari, akademisi, maupun menyiapkan peningkatan karir. Dengan begitu, maka tidak heran apabila banyak orang bahkan sekolah-sekolah yang menerapkan wajib belajar bahasa inggris.

Bahkan diantaranya ada yang mewajibkan untuk menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-harinya selama di sekolah. Hal tersebut tidak lain dilakukan untuk mempermudah pelajar menguasai bahasa asing tersebut. Pasalnya, kemampuan ini tidak hanya bisa digunakan hanya sekali atau dua kali. Namun, perlu berulang kali dilatih dan dipelajari apabila ingin mahir dalam bidang tersebut.

4 Alasan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Penting

Bahasa inggris merupakan bahasa yang berasal dari Amerika Serikat. Selain itu, bahasa ini pun telah resmi menjadi bahasa internasional. Maka, tidak heran apabila banyak orang dari mancanegara yang menggunakannya untuk berbagai keperluan. Untuk lebih jauh yuk kenali beberapa alasan yang menjadikan bahasa ini sangat penting!

1. Membantu Meningkatkan Kesempatan Belajar Di Luar Negeri

Dapat berbahasa Inggris dengan lancar itu akan membantumu untuk kuliah di luar negeri dengan mudah. Terutama jika negara yang kamu tuju notabene menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa utama. Selain itu, sebelum kamu melakukan mengikuti tes ujian masuk, ada beberapa yang harus kamu siapkan.

Dari mulai persyaratan dokumen yang mencakup nilai selama sekolah di SMA, passport, bahkan sertifikat TOEFL. Dimana kamu perlu memenuhi standarisasi nilai yang telah ditetapkan. Selain itu, kemampuan ini pun dapat membantu kamu untuk lebih mudah berkomunikasi dengan teman baru, warga sekitar, dan dosen.

Dengan begitu, kamu pun lebih mudah untuk menyampaikan maksud maupun tujuan kamu kepada mereka. Berbeda halnya jika kamu tidak mahir, pasti kamu akan mengalami kesulitan untuk itu. Bahkan dapat memicu kesalahpahaman diantara kamu maupun teman atau dosen di kampus tersebut.

Baca Juga:
Panduan Lengkap Belajar Speaking IELTS

2. Memberikan Peluang Untuk Meningkatkan Karier

Selain bermanfaat untuk akademisi, kemampuan ini pun bermanfaat untuk kamu meningkatkan karir. Baik dari segi pekerjaan maupun bisnis. Hal tersebut dikarenakan bahasa ini sering menjadi salah syarat untuk melamar sebuah pekerjaan.

Adapun perusahaan global yang telah menggunakan English sebagai bahasa resmi adalah Microsoft, Apple, Daimler-Chrysler, Samsung, dan lain sebagainya. Bahkan tidak hanya di luar negeri, beberapa perusahaan yang ada di Indonesia pun menjadikan kemampuan ini sebagai syarat pokok untuk bekerja. Selain itu, ketika kamu ingin melebarkan sayap bisnis yang kamu jalankan, misalnya ketemu investor dari luar maka mau tidak mau harus fasih berbahasa Inggris.

 Sehingga tidak ada miskomunikasi antara kamu dan investor tersebut. Selain itu, jika kamu ingin membuka cabang di luar negeri maka kamu pun perlu berkomunikasi dengan karyawan maupun pembuat kebijakan disana. Meskipun hal tersebut bisa dibantu oleh penasihat hukum maupun penerjemah. Namun, lebih baik kamu menguasainya sendiri sehingga kamu pun tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan, bukan?

3. Melakukan Travelling Solo Lebih Aman

Seperti yang telah dibahas di awal pembahasan, bahwa English telah menjadi bahasa internasional. Sehingga tidak heran apabila di bandara atau Airport orang-orang yang bekerja disana menggunakan bahasa ini. Hal tersebut, tentu akan memudahkanmu, apabila ada masalah yang kamu hadapi di bandara tersebut.

Bahkan kamu pun dapat lebih leluasa untuk berkomunikasi dengan orang lokal, sehingga kamu lebih mudah mendapatkan informasi. Seperti tempat makan yang murah, wisata yang bagus, maupun hal lainnya yang jarang tersorot di sosial media maupun website. Travelling ini pun dapat membuat kamu lebih bebas mengeksplor hal-hal yang menarik.

Sehingga kamu bisa mendapatkan berbagai pengalaman yang lebih berkesan. Tentunya, dari hal tersebut kamu dapat mengambil pembelajaran yang dapat berguna untuk kehidupan. Misalnya, mengunjungi suatu negara yang menjunjung tinggi waktu. Selain itu, kamu pun dapat kesempatan untuk berdialog dengan warga lokal mengenai alasan dibalik itu semua. Tentunya, sedikit besarnya hal tersebut dapat mengubah sudut pandangmu, bukan?

4. Belajar Menjadi Lebih Mudah

Apabila kamu memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris yang baik, maka dapat mengikuti berbagai course dari luar. Sehingga pengetahuan yang kamu miliki lebih luas. Bahkan ada beberapa course yang menyiapkan sesi konsultasi, dimana biasanya sesi ini pun menggunakan bahasa Inggris.

Sehingga dengan kemampuan berbahasa Inggris kamu dapat lebih mudah untuk menyampaikan apa yang belum kamu pahami. Dengan begitu, ilmu pengetahuan yang kamu miliki pun lebih luas, bukan? Selain itu, kamu pun dapat berbagai pengetahuan dengan teman yang berada di luar negeri.

Baca Juga:
Panduan Lengkap Pearson Test of English Jawa Tengah

Belajar Berbicara Bahasa Inggris Melalui Kursus

Belajar bahasa Inggris bisa kamu lakukan secara mandiri atau juga melalui kursus bahasa Inggris. ICAN English menjadi salah satu lembaga kursus yang bisa kamu pilih untuk mempelajari bahasa asing yang satu ini.

Selain course maupun berbagai dengan teman mengenai ilmu pengetahuan, kamu dapat menonton film atau berbagai video youtube. Dimana di era sekarang sudah banyak film-film maupun video yang mengedukasi. Baik tentang bisnis, marketing, sains, dan lain sebagainya. Kamu tinggal memilih bidang mana yang ingin kamu tonton sehingga dapat meningkatkan pemahaman kamu terhadap bidang tersebut. 

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi