basic grammar bahasa inggris

Basic Grammar Bahasa Inggris

Bagi para pelajar yang baru pertama mengikuti kelas basic grammar Bahasa Inggris, kamu wajib tahu bahwa di kelas tersebut, kamu akan belajar tata bahasa. Grammar merupakan materi belajar pentnig untuk kemampuan menulis dan berbicara.

Belajar grammar lebih dari sekedar mempelajari apa saja istilah-istilah teknis yang digunakan. Dari kemampuan grammar yang kamu pelajari, maka kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris karena sudah paham aturan-aturan tata bahasa.

3 Istilah Basic Grammar Yang Harus Kamu Tahu

Ada beberapa istilah grammar yang mungkin membuat kamu kebingungan. Mempelajari istilah sangat penting untuk meningkatkan keterampilan dalam menulis dan berbicara. Sehingga, bisa membantu memahami bentuk struktur kalimat.

Untuk itu, ICAN English memberikan penjelasan terkait beberapa istilah grammar yang wajib kamu pahami:

1. Parts of Speech

Terdapat delapan part of speech yang ada dalam Bahasa Inggris. Namun, tiga parts of speech yang wajib kamu tahu adalah kata benda, kata kerja, dan kata sifat.

Kata benda atau noun adalah nama orang, benda ataupun objek. Seperti universitas, jaket, desa, sepupu, dan lainnya. Kata benda abstrak merupakan gagasan atau ide yang tidak bisa kamu sentuh, seperti kesedihan, kebijaksanaan, dan lainnya.

Kata sifat yaitu adjective, kata untuk menerangkan kata benda, memberi informasi tentang tempat, benda, ataupun orang. Beberapa contoh kata adjective adalah merah, kasar, tenang, manis, dan lainnya.

Verb atau kata kerja, adalah tindakan untuk hal-hal seperti berolahraga, berbicara, memahami, dan lainnya.

2. Verb Forms

Terdapat tiga bentuk dasar verb forms yaitu base form, past form, dan juga past participle. Base form merupakan kata kerja dasar, atau infinitive. Merupakan kata kerja pertama dan kata kerja asal, dan diikuti dengan kata to serta muncul setelah modal, contoh:

  • Do
  • Be
  • Eat
  • Write
  • Drive

Past form merupakan kata kerja kedua, menjelaskan peristiwa di masa lalu dan berakhiran ed ataupun d, contoh:

  • He ate the cake.
  • John watched a movie last night.

Past participle yaitu kata kerja ketiga, verb tense paling kompleks termasuk present perfect dan passive voice dengan contoh berikut:

  • Joanna have never been to Semarang
  • John was taken to the clinic

Baca Juga:
Keuntungan Pakai Kursus Bahasa Inggris Anak-Anak Di Semarang

3. To Be

Basic grammar Bahasa Inggris selanjutnya adalah tentang to be, terdiri dari tiga bentuk yaitu: Is, am, dan are. Biasanya sangat membingungkan karena tidak mempunyai padanan langsung pada Bahasa Indonesia. Berikut adalah fungsi to be:

  • Menjelaskan keadaan objek dan orang, contoh: The basket is full. Joanna is sad.
  • Atribut benda atau orang, contoh: This is your book. They are musicians.
  • Hal yang sedang dilakukan, contoh: Tom and Sam are swimming, Joanna is thinking.
  • Bisa diikuti kata sifat, contoh: I am happy. Joanna is tired.
  • Bisa diikuti kata benda: Tom is a researcher.
  • Bisa diikuti kata kerja ing: John and Sam are swimming.

Baca Juga:
Ketahui Apa Saja Aturan Grammar

Penggunaan Grammar Bagi Pemula

Dalam belajar basic grammar Bahasa Inggris, maka ada beberapa hal yang wajib kamu pelajari. Pertama, membuat kalimat bahasa inggris harus ada noun dan verb. Noun bisa menjadi subjek atau objek kalimat, sedangkan verb merupakan predikat, contoh:

Joanna eats chocolate.

Noun dalam kalimat tersebut adalah Joanna dan Chocolate, perannya adalah Subjek dan Objek. Sedangkan eats adalah kata kerja, tindakan yang sedang dilakukan subjek.

Untuk mencoba menguji kemampuan kamu, simak kalimat berikut:

I like to swimming

Menurut kamu, apakah contoh ini sudah tepat?

Kalimat di atas tidaklah tepat. Beberapa kata kerja termasuk like, love, hate, dapat diikuti oleh to+adverb atau adverb+ing. Sehingga, kamu bisa menggunakan kata swimming atau to swim. Penggunaan to swimming tidaklah tepat.

Untuk belajar grammar lainnya, kamu bisa mempelajari materi-materi yang akan disediakan oleh ICAN English. Ikuti kursus Bahasa Inggris online bersama mentor untuk mendapatkan pembelajaran intensif sehingga grammar kamu dapat lebih meningkat.

Kamu juga wajib tahu penggunaan tenses. Terdapat 16 tenses Bahasa Inggris, tetapi tidak harus semua kamu kuasai. Cukup fokus belajar pada bagian simple present tense, simple future, simple past tense, dan simple perfect tense terlebih dahulu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi