Basic grammar bahasa Inggris

Basic Grammar Bahasa Inggris

Mar 16, 2022 | Bahasa Inggris

Bagi para pelajar yang baru pertama mengikuti kelas basic grammar Bahasa Inggris, kamu wajib tahu bahwa di kelas tersebut, kamu akan belajar tata bahasa. Grammar merupakan materi belajar pentnig untuk kemampuan menulis dan berbicara.

Belajar grammar lebih dari sekedar mempelajari apa saja istilah-istilah teknis yang digunakan. Dari kemampuan grammar yang kamu pelajari, maka kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris karena sudah paham aturan-aturan tata bahasa.

Baca Juga: DASAR GRAMMAR DALAM BAHASA INGGRIS

Istilah Basic Grammar Yang Harus Kamu Tahu

Ada beberapa istilah grammar yang mungkin membuat kamu kebingungan. Mempelajari istilah sangat penting untuk meningkatkan keterampilan dalam menulis dan berbicara. Sehingga, bisa membantu memahami bentuk struktur kalimat.

Untuk itu, ICAN English memberikan penjelasan terkait beberapa istilah grammar yang wajib kamu pahami:

1. Parts of Speech

Terdapat delapan part of speech yang ada dalam Bahasa Inggris. Namun, tiga parts of speech yang wajib kamu tahu adalah kata benda, kata kerja, dan kata sifat.

Kata benda atau noun adalah nama orang, benda ataupun objek. Seperti universitas, jaket, desa, sepupu, dan lainnya. Kata benda abstrak merupakan gagasan atau ide yang tidak bisa kamu sentuh, seperti kesedihan, kebijaksanaan, dan lainnya.

Kata sifat yaitu adjective, kata untuk menerangkan kata benda, memberi informasi tentang tempat, benda, ataupun orang. Beberapa contoh kata adjective adalah merah, kasar, tenang, manis, dan lainnya.

Verb atau kata kerja, adalah tindakan untuk hal-hal seperti berolahraga, berbicara, memahami, dan lainnya.

2. Verb Forms

Terdapat tiga bentuk dasar verb forms yaitu base form, past form, dan juga past participle. Base form merupakan kata kerja dasar, atau infinitive. Merupakan kata kerja pertama dan kata kerja asal, dan diikuti dengan kata “to” serta muncul setelah modal, contoh:

  • Do
  • Be
  • Eat
  • Write
  • Drive

Past form merupakan kata kerja kedua, menjelaskan peristiwa di masa lalu dan berakhiran –ed ataupun –d, contoh:

  • He ate the cake.
  • John watched a movie last night.

Past participle yaitu kata kerja ketiga, verb tense paling kompleks termasuk present perfect dan passive voice dengan contoh berikut:

  • Joanna have never been to Semarang
  • John was taken to the clinic

3. To Be

Basic grammar Bahasa Inggris selanjutnya adalah tentang to be, terdiri dari tiga bentuk yaitu: Is, am, dan are. Biasanya sangat membingungkan karena tidak mempunyai padanan langsung pada Bahasa Indonesia. Berikut adalah fungsi to be:

  • Menjelaskan keadaan objek dan orang, contoh: The basket is full. Joanna is sad.
  • Atribut benda atau orang, contoh: This is your book. They are musicians.
  • Hal yang sedang dilakukan, contoh: Tom and Sam are swimming, Joanna is thinking.
  • Bisa diikuti kata sifat, contoh: I am happy. Joanna is tired.
  • Bisa diikuti kata benda: Tom is a researcher.
  • Bisa diikuti kata kerja –ing: John and Sam are swimming.

Baca Juga: KETAHUI APA SAJA ATURAN GRAMMAR

Penggunaan Grammar Bagi Pemula

Dalam belajar basic grammar Bahasa Inggris, maka ada beberapa hal yang wajib kamu pelajari. Pertama, membuat kalimat bahasa inggris harus ada noun dan verb. Noun bisa menjadi subjek atau objek kalimat, sedangkan verb merupakan predikat, contoh:

Joanna eats chocolate.

Noun dalam kalimat tersebut adalah Joanna dan Chocolate, perannya adalah Subjek dan Objek. Sedangkan eats adalah kata kerja, tindakan yang sedang dilakukan subjek.

Untuk mencoba menguji kemampuan kamu, simak kalimat berikut:

I like to swimming

Menurut kamu, apakah contoh ini sudah tepat?

Kalimat di atas tidaklah tepat. Beberapa kata kerja termasuk like, love, hate, dapat diikuti oleh to+adverb atau adverb+ing. Sehingga, kamu bisa menggunakan kata “swimming” atau “to swim”. Penggunaan “to swimming” tidaklah tepat.

Untuk belajar grammar lainnya, kamu bisa mempelajari materi-materi yang akan disediakan oleh ICAN English. Ikuti kursus Bahasa Inggris online bersama mentor untuk mendapatkan pembelajaran intensif sehingga grammar kamu dapat lebih meningkat.

Kamu juga wajib tahu penggunaan tenses. Terdapat 16 tenses Bahasa Inggris, tetapi tidak harus semua kamu kuasai. Cukup fokus belajar pada bagian simple present tense, simple future, simple past tense, dan simple perfect tense terlebih dahulu.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH