Aturan grammar

Ketahui Apa Saja Aturan Grammar

Mar 15, 2022 | Bahasa Inggris

Vobulary memang penting, akan tetapi kamu juga harus mempelajari aturan grammar ketika ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Saat belajar Bahasa Indonesia, kamu pasti sudah pernah dengar tentang cara membuat kalimat menggunakan subyek – predikat – objek – keterangan atau disingkat SPOK.

Dengan begitu, grammar merupakan aturan yang berhubungan dengan struktur kata. Fungsinya adalah membuat kalimat sempurna. Menyusun kalimat sesuai aturan secara lengkap membantu untuk menghindari kesalahpahaman karena kalimat yang tidak jelas.

Baca Juga: 5 CARA CEPAT BELAJAR GRAMMAR

Apa Saja Aturan Grammar?

Aturan grammar menjadi pembuka ketika belajar bahasa Inggris, sekaligus materi penting yang bisa meningkatkan kemampuan menulis dan berbicara. Ada beberapa aturan berlaku, ICAN English akan menjelaskannya pada pembahasan berikut:

1. Struktur Kalimat Dasar

Ketika menggunakan Bahasa Inggris, maka kamu harus menyusun kalimat dengan komponen noun atau kata benda dan kata kerja atau verb. Noun bisa digunakan untuk subjek atau objek kalimat, sedangkan predikatnya yaitu verb, sebagaimana contoh berikut:

John learns English.

Dalam contoh kalimat tersebut, John dan English merupakan noun yang berfungsi subjek dan objek. Sedangkan learn merupakan verb atau kata kerja, menunjukkan aktivitas John yaitu belajar.

2. Preposisi In, On, dan At

Tidak sama dengan preposisi pada Bahas Indonesia, preposisi dalam Bahasa Inggris justru lebih bervariasi. Penggunannya juga sudah masuk dalam aturan grammar.

Preposisi dapat berfungsi sebagai penunjuk lokasi. Selain lokasi in, on, dan at juga bisa kamu gunakan untuk kepemilikan, alasan, arah, waktu, pergerakan, dan lainnya.

3. Menggunakan A dan An

Frasa nomina atau kata benda dalam Bahasa Inggris juga sangat penting, termasuk artikel a dan an. Artikel tersebut berfungsi menunjukkan objek tidak spesifik, hanya satu dari beberapa benda.

Penggunaan A dan An tentu ada aturannya. Contoh, gunakan a untuk mengikuti kata yang huruf depannya adalah konsonan, sebagaimana contoh berikut: a bear, a goat, a rose. Sementara artikel an bisa kamu gunakan untuk awalan kata yang dimulai dengan huruf vokal, seperti: an oven, an orange, an egg.

4. Tenses

Terdapat hingga 16 tenses Bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari dari website, aplikasi, atau kursus Bahasa Inggris. Akan tetapi, 16 tenses bukanlah materi grammar yang harus dikuasai seluruhnya oleh pemula.

Cukup pelajari saja bagian tenses yang paling sering digunakan. Misalnya, belajar simple present tense, simple future tense, simple past, serta simple perfect tense.

5. Pronomina

Selanjutnya, terdapat empat jenis pronomina. Ada pronomina subjek, objek, kepemilikan juga demonstratif. Selain itu, kamu juga harus menggunakan empat macam pronomina tersebut ketika menggunakan Bahasa Inggris.

Contoh, pronomina subjek I, you, they, he, she, we dan it bisa kamu gunakan untuk subjek kalimat. Sedangkan you, me, her, him, them, us, dan it adalah pronomina objek untuk kepemilikan.

Baca Juga: DASAR GRAMMAR DALAM BAHASA INGGRIS

Kegunaan Grammar

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja aturan grammar. Ketika bergabung dalam kursus bahasa Inggris, materi ini akan selalu ada dan kamu perlu mempelajarinya dengan lengkap. Berikutnya, kegunaan grammar dalam kehidupan sehari-hari lebih dari sekedar membantu menyusun kalimat secara lengkap. Tetapi juga untuk menghindari adanya kesalahpahaman pada kalimat yang tidak jelas.

Grammar tidak bisa diabaikan, karena tanpa adanya grammar yang baik, maka kalimat jadi susah dimengerti. Apa jadinya ketika kamu mendengar orang lain berbicara “I like…” tanpa ada kata selanjutnya? Jelas kamu akan menunggu ucapan tersebut, apa yang ia sukai?

Bagi non-native speaker, belajar grammar adalah hal penting. Grammar sangat dibutuhkan ketika kamu harus berkomunikasi dalam Bahasa Inggris terutama pada situasi formal. Contoh, kamu ingin kuliah ke luar negeri, penguasaan grammar merupakan hal wajib.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak cara mengatasi kesulitan belajar bahasa inggris agar kamu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa. Selama proses belajar, kadang semua tidak selalu berjalan mulus karena kadang kamu pusing dengan materi bahasa inggris. tidak sedikit juga pelajar yang stuck...

Tips Belajar Bahasa Inggris Setiap Hari

Tips Belajar Bahasa Inggris Setiap Hari

Belajar bahasa Inggris setiap hari adalah salah satu langkah untuk membantu kamu meningkatkan kemampuan berbahasa asing tersebut. Saat ini belajar bahasa Inggris menjadi salah satu kebutuhan untuk meningkatkan kualitas diri dan membantu kamu lebih unggul dalam...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH