belajar adjective bahasa inggris

Tips Belajar Adjective Bahasa Inggris

Apr 26, 2022 | Bahasa Inggris

Belajar adjective bahasa inggris adalah salah satu kata sifat yang harus kamu pahami secara mendalam. Mungkin kamu sudah mahir dan bahkan sudah mampu menggunakan berbagai kata sifat yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Akan tetapi, bukan hanya vocabulary saja yang harus kamu pelajari. Ada aturan lainnya yang wajib kamu tahu yaitu adjective untuk semua hal dan jenis penempatannya pada suatu kalimat. Karena banyak materi dalam bahasa Inggris yang perlu dipelajari, banyak orang memilih untuk bergabung dalam kursus bahasa Inggris di lembaga ternama.

Baca Juga: PENJELASAN ADJECTIVE DALAM BAHASA INGGRIS

Jenis-Jenis Adjective

Adjective yaitu kata sifat, fungsinya menggambarkan tempat, benda, dan orang. Biasanya penggunaan adjective yaitu pada bagian depan atau mendahului “noun”. Adjective juga sifatnya berdiri sendiri ketika menjadi objek pada kalimat nominal.

Agar lebih paham dengan materi adjective, berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Limiting Adjective

Disebut sebagai determiner, adjective yang berperan membatasi makna noun. Apabila noun bersifat umum atau general, maka dengan adanya determiner akan membuat makna jadi lebih spesifik atau khusus.

Beberapa limiting adjective yaitu: Article, Demonstrative, Possessive, Definite Quantifier, Indefinite Quantifier, Ordinal Numeral, dan Cardinal Numeral. Pelajari limiting adjective supaya kamu bisa merangkai kata Bahasa Inggris dengan mudah.

2. Descriptive Adjective

Apa itu descriptive adjective adalah adjecctive yang digunakan untuk menerangkan kondisi sebuah benda. Beberapa contoh descriptive adjective yaitu character atau watak, quality atau kualitas, size atau ukuran, age atau usia, temperature atau suhu, shape atau bentuk, color atau warna, nationality atau kewarganegaraan, dan material atau bahan.

3. Compound Adjective

Compound adjective merupakan descriptive adjective hanya saja, jenis ini disusun dari dua kata dan disambung dengan hypen.  Berikut adalah contoh penggunaannya:

  • Six-year (number-noun)
  • Last-minute (adjective-noun)

Dengan mempelajari jenis ini, kamu tidak akan kesulitan apabila menempatkan sebuah kata.

4. Gradable Adjective

Gradable adjective yaitu adjective yang bisa kamu gunakan ketika menerangkan kategori ukuran sebuah noun. Contoh gradable adjective yaitu: wide, high, big, long, dan juga old.

Jenis tersebut selalu muncul sesudah noun yang menyatakan ukuran. Rumus penggunaannya adalah noun of measurement + gradable adjective.

  • Joanna is 18 years old.
  • This office is good enough for us.

5. Adjective After-Verb

Belajar adjective bahasa inggris berikutnya yaitu adjective-after verb. Pada dasarnya, jenis ini sedikit mirip dengan descriptive adjective. Bedanya yaitu jenis tersebut tidak boleh diletakkan sebelum noun.

Ada begitu banyak kata sifat yang bisa kamu cari dalam kamus, sebagaimana berikut:

  • Asleep – Tertidur
  • Awake – Terjaga
  • Unaware – Tidak sadar

6. Adjective Order

Umumnya, hanya dua atau tiga kata sifat digunakan sebelum adanya kata benda. Walaupun tidak banyak kalimat memakai adjective lebih dari tiga pasti dianggap tidak biasa.

Urutan penggunaan adjective yaitu: General opinion-specific opinion-size-shape-age-color-nationality-material

General opinion yaitu kata sifat untuk menggambarkan hampir ditujukan pada setiap noun. Sementara specific opinion yaitu adjective bagi kata benda tertentu saja, seperti contoh delicious hanya untuk adjective pada makanan.

Baca Juga: PENJELASAN TENTANG ADJECTIVE BAHASA INGGRIS

Contoh Penggunaan Adjective Dalam Kalimat

Rasanya tidak lengkap jika belajar adjective dalam Bahasa Inggris tapi tidak melihat bagaimana contoh penggunaannya. Berikut adalah contoh menggunakan adjective dalam sebuah kalimat:

1. Joanna is not a musician.

2. My brother, Sam is a lawyer.

3. Sam is the smartest student in his class.

4. This apartment is so expensive.

5. My aunt has much problem lately.

Itulah penjelasan dan pembahasan lengkap tentang pengertian, berbagai jenis adjective, dan contoh penggunaannya dalam alimat. Belajar bahasa inggris pasti butuh proses panjang. Kamu harus belajar secara rutin dan menerapkannya dalam percakapan sehari-hari.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH