Belajar bahasa Inggris dari film

Trik Belajar Bahasa Inggris dari Film

Jun 13, 2022 | Bahasa Inggris

Apakah kamu sedang tertarik untuk belajar bahasa Inggris? Jika kamu tertarik untuk belajar bahasa Inggris, tidak hanya belajar dari buku tetapi ada berbagai macam bahan belajar menarik lainnya loh. Bahkan kamu bisa belajar bahasa Inggris dari film yang kamu sukai. Ada banyak orang yang sudah terbukti meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan rutin menonton film loh. 

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan. Jika kamu tertarik untuk ikut kursus bahasa Inggris, pastikan bergabung dengan kursus yang profesional dan berkualitas bagus seperti ICAN English. Tetapi jika kamu tertarik untuk meningkatkan kemampuan dengan cara yang lain, maka bisa menonton film bahasa Inggris ya. 

Baca Juga: 3 FILM NETFLIX UNTUK BELAJAR BAHASA INGGRIS

Trik Mudah Belajar Bahasa Inggris dari Film

Menonton film bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, sebab kamu bisa mempelajari bahasa Inggris sesuai dengan jalan cerita film tersebut. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar memudahkan proses belajar bahasa Inggris dengan cara menonton film, seperti berikut;

Perhatikan Aksen dalam Percakapan Film

Tujuan kamu menonton film bahasa Inggris pasti ingin memperbanyak kosakata dan memahami aksen dalam bahasa Inggris. Untuk itu, kamu harus memperhatikan aksen yang digunakan ketika tokoh dalam film tersebut sedang melakukan percakapan. 

Sekalipun tujuan kamu ingin menguasai bahasa Inggris, tetapi ada berbagai macam aksen yang digunakan dalam film. Misalnya saja seperti American English, Australian English, British English, dan lain sebagainya.

Jadi kamu harus menyesuaikan terlebih dahulu aksen yang digunakan dalam film tersebut dengan aksen bahasa Inggris yang ingin kamu pelajari. Dengan begitu akan lebih memudahkan kamu dalam mempelajari bahasa Inggris dan tidak terlalu bingung.

Bayangkan saja jika kamu tidak peduli dengan aksen yang digunakan dalam film tersebut. Satu hari menonton film Inggris menggunakan aksen American, esoknya lagi menggunakan British, tentu akan sulit untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris jika begitu caranya. Jadi, pilih salah satu agar fokus ketika belajar aksen bahasa Inggris.

Pilih Genre Film yang Mudah Dipahami

Jika kamu sudah menentukan aksen apa yang ingin  dipelajari dalam bahasa Inggris, maka selanjutnya adalah memilih genre film yang mudah dipahami. Memilih genre film yang akan di tonton ini sangat penting loh. Memilih genre yang tepat akan membantu kamu semakin mudah mempelajari bahasa Inggris melalui film.

Setiap genre di dalam film pasti menggunakan kata-kata yang berbeda satu sama lain. Kok bisa mencoba untuk membeli genre film seperti kartun atau komedi yang ringan dan biasanya menggunakan pemilihan kata umum. Jadi kata kata umum tersebut bisa diterapkan dalam aktivitas sehari-hari dan lebih sering dipraktekkan sehingga kemampuan berbahasa Inggris semakin meningkat dengan cepat.

Selalu Perhatikan Subtitle 

Trik belajar bahasa Inggris dari film favoritnya adalah selalu memperhatikan subtitle. Bagi beberapa orang yang baru pertama kali belajar bahasa Inggris dan cukup asing dengan bahasa tersebut, subtitle sangat dibutuhkan. Jadi subtitle akan membantu kamu untuk paham dengan percakapan dalam film tersebut.

Jadi kamu harus memperhatikan subtitle yang digunakan. Gunakan subtitle bahasa Inggris agar membantu kamu untuk mengetahui apa yang diucapkan oleh aktor di film tersebut. Hindari menggunakan subtitle bahasa Indonesia, karena justru bisa membuat kamu hanya membaca subtitle dan tidak belajar. 

Jika kamu masih kesulitan untuk memahami apa yang diucapkan oleh tokoh dalam film tersebut karena tidak mengerti arti dari subtitle bahasa Inggris tersebut, coba catat mana kosakata yang asing dan segera cari artinya di kamus ya. Memang sedikit melelahkan, tetapi dengan cara tersebut kemampuan bahasa Inggris semakin meningkat loh.

Buat Catatan Berisi Vocabulary Baru

Seperti yang sudah dijelaskan Sebelumnya, kamu harus memiliki catatan yang berisi vocabulary baru dari film-film yang sudah kamu tonton. Setelah menggunakan subtitle bahasa Inggris usahakan untuk mencari berbagai macam vocabulary yang kamu temukan dari film tersebut. 

Cara yang satu ini sangat efektif untuk menambah perbendaharaan kata bahasa Inggris dan juga bisa meningkatkan skill berbahasa Inggris kamu loh. Jadi belajar bahasa Inggris melalui film tidak hanya sekedar ditonton ya, tetapi kamu juga harus menambah kosakata baru.

Nonton Film Bersama dengan Teman

Trik selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menonton film bersama dengan teman-teman. Menonton film sambil belajar bahasa Inggris dari harus dilakukan sendirian, sebab kamu bisa melakukan hal tersebut bersama dengan teman-teman. Trik yang satu ini akan membantu kamu untuk lebih efektif memahami bahasa Inggris, sebab bisa bertanya kepada teman yang lebih menguasai bahasa Inggris jika ada yang tidak dimengerti. 

Selain itu, menonton film bersama dengan teman-teman juga memiliki suasana yang lebih seru dan bisa membahas adegan di film tersebut dalam bahasa Inggris. Mendiskusikan film tersebut bersama dengan teman-teman menggunakan bahasa Inggris juga bisa membantu kamu mengingat cerita film dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. 

Baca Juga: 3 FILM NETFLIX UNTUK BELAJAR BAHASA INGGRIS

Tonton Kembali Tanpa Subtitle

Setelah kamu menonton beberapa film bahasa Inggris dan mendapatkan beberapa vocabullary baru dalam catatan. Selanjutnya kamu bisa menonton film tersebut tanpa menggunakan subtitle. Menonton kembali film tanpa menggunakan subtitle akan membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan listening dan memahami apa yang diucapkan aktor dalam film tersebut. 

Dengan cara tersebut perlahan-lahan kemampuan bahasa Inggris terus meningkat dan kamu semakin terbiasa dengan ragam kosakata dalam bahasa Inggris.

Belajar bahasa Inggris dari film memang menjadi pilihan yang tepat. Ada berbagai macam trik belajar bahasa Inggris dengan film yang bisa kamu gunakan. Melalui titik tersebut, kemampuan berbahasa Inggris bisa meningkat dan kamu akan terbiasa dengan berbagai macam kosakata baru. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

5 Layanan Terjemahan Bahasa Inggris Terbaik, Mengartikan Jadi Mudah

5 Layanan Terjemahan Bahasa Inggris Terbaik, Mengartikan Jadi Mudah

Saat ini, kamu tidak perlu harus membawa kamus kemanapun pergi jika ingin mengartikan bahasa inggris. Adanya teknologi memudahkan siapapun yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggris dengan cara memanfaatkan berbagai situs atau layanan terjemahan. Hanya dengan...

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH