tips belajar bahasa inggris dengan baik

Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Baik

Belajar bahasa Inggris dengan baik dapat dilakukan oleh siapapun tanpa memandang usia karena ada begitu banyak metode yang dapat kamu gunakan. Kemampuan bahasa Inggris sangat penting untuk meningkatkan peluang karir maupun memperluas pengetahuan.

Banyak orang merasa menyerah sebelum mencoba belajar bahasa Inggris. Melihat ukuran kamus yang begitu tebal, tidak sedikit orang merasa ciut mempelajari bahasa Inggris.

4 Metode Belajar Bahasa Inggris Yang Tepat

Kamu dapat menguasai bahasa Inggris dengan baik tanpa harus menghafalkan seluruh kosakata dalam kamus. Untuk memberikan semangat dalam belajar bahasa Inggris yang baik, berikut adalah beberapa metode yang dapat kamu gunakan dan terbukti efektif:

Baca Juga:
Belajar Warna Dalam Bahasa Inggris

1. Gunakan Flashcard

Apakah kamu pernah mendengar flashcard sebagai metode belajar bahasa Inggris? Metode ini menggunakan kartu dengan kata-kata sesuai kategori. Kamu bahkan bisa membeli Flashcard belajar bahasa Inggris kategori binatang, makanan, warna, dan sebagainya.

Kamu bisa menggunakan flascard dengan mudah untuk menghafalkan berbagai macam kosakata. Kemudian ulangi dan hafalkan sesering mungkin supaya dapat kamu ingat.

2. Podcast

Podcast semakin populer belakangan ini di kalangan generasi muda. Tidak hanya untuk menikmati cerita komedi, sosial budaya, olahraga, tapi kamu bisa mencoba mendengarkannya selagi menjalani aktivitas.

Manfaatkan podcast untuk proses belajar dengan cara akses podcast melalui Apple Podcast atau Spotify.  Lalu mulailah dari berita pendek atau tema yang kamu sukai.

Baca Juga:
Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

3. Aplikasi

Belajar tidak selalu harus mengeluarkan biaya mahal. Manfaatkan berbagai macam aplikasi gratis yang dapat membantu supaya Kamu mahir dalam menggunakan bahasa Inggris.

Contohnya adalah dengan menggunakan aplikasi grammarly dimana kamu bisa melakukan pemeriksaan tata bahasa serta kosakata bahasa Inggris saat sedang menulis. Atau jika kamu menggunakan ponsel cerdas, cobalah download aplikasi Duolingo. Aplikasi populer ini sangat penting untuk belajar berbagai macam bahasa termasuk bahasa Inggris.

4. Latihan berbicara

Apabila saat ini kamu masih merasa kurang percaya diri untuk berbicara di depan orang lain menggunakan bahasa Inggris, maka cobalah untuk berbicara bersama keluarga atau kerabat dan mendiskusikan sesuatu dalam bahasa Inggris.

Jika hal seperti ini masih membuat kamu merasa canggung, Ambillah cermin, dan cobalah latihan berbicara di depan cermin tersebut dalam bahasa Inggris.

Walaupun terdengar aneh, tetapi sudah banyak orang yang membuktikan diri untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan membangun rasa percaya diri terlebih dahulu. Biasakan melakukan metode tersebut sebanyak tiga kali setiap minggu selama 15 menit.

Baca Juga:
Tips Belajar Bahasa Inggris Online

Tips Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Jika ingin belajar langsung dari profesional, belajar lebih intensif dan efektif, kamu dapat bergabung di ICAN English. Ada banyak kursus Bahasa Inggris yang tersedia di lembaga kursus ini.

Sekarang kamu sudah mempunyai beberapa metode belajar yang baik. Agar kamu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa tersebut secara cepat maka buatlah perencanaan terlebih dahulu. Mulai membuat perencanaan tentang apa tujuan belajar. Masing-masing orang pasti punya kebutuhan dan tujuan berbeda.

Saat ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, maka terdapat beberapa kebutuhan yang harus kamu penuhi seperti teman belajar, waktu, tenaga, pikiran, koneksi internet, materi belajar, uang dan alat tulis.

Berikutnya, buatlah rencana persiapan belajar pada buku catatan. Misalnya kamu bisa bertanya kepada diri sendiri tentang apa yang ingin kamu capai dari proses belajar tersebut. Atau kamu juga bisa bertanya apa pencapaian paling penting yang kamu harapkan dari kegiatan belajar tersebut.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi