Panduan Belajar Huruf Vokal dan Konsonan Bahasa Inggris

Panduan Belajar Huruf Vokal dan Konsonan Bahasa Inggris

Huruf vokal dan konsonan Bahasa Inggris wajib kamu pelajari sebagai materi dasar yang membantu pronunciation dan reading skill. Bahasa Inggris memiliki 44 suara, yang dibagi dalam dua kategori utama: konsonan dan vokal.

Bunyi konsonan adalah bunyi yang aliran udaranya terhenti, baik sebagian maupun seluruhnya, pada saat bunyi tersebut diucapkan. Sedangkan bunyi vokal adalah bunyi yang aliran udaranya tidak terhenti ketika bunyi tersebut dihasilkan.

Bunyi vokal merupakan rima atau pergeseran bahasa kita. Monoftong dan diftong adalah dua kategori bunyi vokal. Bunyi vokal dibedakan pula menjadi bunyi vokal panjang dan bunyi vokal pendek. Dalam bahasa Inggris, a, e, i, o, u, dan terkadang y adalah huruf vokal.

Huruf-huruf lainnya dalam alfabet mewakili konsonan seperti b, d, g, n, r, s, dan t. beberapa konsonan menghasilkan lebih dari satu suara. Agar lebih jelas, berikut penjelasan yang bisa kamu simak.

Apa itu Vokal?

Vokal adalah bunyi ujaran pada saat mulut terbuka dan lidah tidak menyentuh bagian atas mulut, gigi, dan lainnya. Sehingga aliran udara tidak terbatas. Vokal adalah bunyi yang dihasilkan dengan meniupkan udara keluar dari mulut tanpa menutup mulut atau gigi, sehingga menghasilkan kata yang terdengar lebih keras.

Bunyi vokal ditulis dengan huruf alfabet bahasa Inggris. Semua kata bahasa Inggris memiliki huruf vokal. Huruf vokal dalam bahasa Inggris, yaitu: A, E, I, O, U, dan terkadang Y. Y adalah “terkadang” vokal karena huruf Y menghadirkan bunyi vokal dan konsonan, seperti ketika mengucapkan ‘fry’.

Enam huruf vokal digunakan untuk menunjukkan 13-15 bunyi vokal dalam bahasa Inggris. Jadi, bunyi vokal lebih banyak daripada huruf dalam alfabet Inggris. Monoftong dan diftong adalah dua kategori utama bunyi vokal.

Baca Juga:
Tips Latihan Pronunciation Bahasa Inggris

Monophthong

Monophthong adalah sebuah vokal, “mono” melambangkan satu dan “phthong” melambangkan suara. Artinya, monoftong mewakili satu bunyi vokal dalam kata tersebut. Jika diperhatikan posisi lidah, mulut akan tetap sama saat kata-kata tersebut diucapkan.

Dalam bahasa Inggris – /i:/, /ɪ/, /ʊ/, /u:/, /e/, /ə/, /ɜ:/, /ɔ:/, /æ/, /ʌ/, /ɑ: / dan /ɒ/ merupakan 12 vokal murni atau monoftong, seperti contoh berikut:

/i:/ – heap, leap, feet, seat, read, beat, peak, seek

/u:/ – to, you, new, who

/æ/ – hand, land, sand, cat, mat, pat, sat

Diphthongs

Diphthongs adalah gabungan dua bunyi vokal atau huruf vokal, seperti bunyi /aɪ/ pada “pipe” /paɪp/ atau huruf ou pada kata “doubt”. Meskipun diftong memiliki dua bunyi vokal yang berbeda, keduanya tetap berada dalam suku kata atau satuan bunyi yang sama.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah suatu kata memiliki diftong dengan dua bunyi vokal, atau monoftong, adalah dengan mendengarkan bunyinya saat mengucapkannya dengan lantang. Jika bunyi vokal berubah dalam suku kata yang sama, kemungkinan besar adalah diftong.

Bunyi Vokal Panjang dan Pendek

Bunyi huruf alfabet Inggris bisa berbeda-beda. Tidak semua huruf menghasilkan bunyi yang sama di semua kata. Huruf-huruf tersebut dapat mempunyai bunyi berbeda-beda sesuai dengan cara penggunaannya.

Bunyi yang paling populer untuk setiap vokal adalah bunyi vokal pendek. ă adalah vokal pendek, diucapkan /æ/ seperti pada kata “hat”. Vokal pendek ĕ, diucapkan /ɛ/ seperti pada  kata “bed”. Bentuk vokal pendek ĭ, diucapkan /ɪ/ seperti pada kata “silk”. Vokal pendek ŏ, diucapkan /ɑ/ seperti pada kata “crop”. Terakhir, vokal pendek ŭ, diucapkan /ʌ/ seperti pada kata “mug”.

Vokal panjang adalah bunyi alfabet dengan cara menahannya lebih lama dibandingkan vokal pendek. Namun, suaranya sangat berbeda.

Vokal panjang A (ā), diucapkan /eɪ/ seperti pada kata “hate”. Bentuk vokal panjang E (ē), diucapkan /iː/ seperti pada kata “eat”. Vokal panjang I (ī), diucapkan /aɪ/ seperti pada kata “kite”. Vokal panjang O (ō), diucapkan /oʊ/ seperti pada “coat”. Terakhir, vokal panjang U (ū), diucapkan /juː/ seperti pada kata “cuate” atau /uː/ seperti pada kata “glue”.

Baca Juga:
Trik Belajar Bahasa Inggris Level Lanjutan

Apa itu Konsonan?

Agar memahami Huruf vokal dan konsonan Bahasa Inggris, kamu juga wajib tahu tentang apa itu konsonan. Bunyi yang dihasilkan dengan menghalangi aliran udara keluar mulut melalui gigi, lidah, bibir, atau langit-langit mulut, disebut sebagai konsonan. Bunyi tersebut dapat muncul sendiri atau berkelompok, dengan tambahan huruf vokal untuk membentuk suku kata.

Bahasa Inggris memiliki 21 huruf konsonan, untuk 24 bunyi konsonan di sebagian besar aksen bahasa Inggris: H, J, K, L, M B, C, D, F, G, N, P, Q, R, S, T, V, W, X , Z dan (terkadang Y). Huruf ‘y’ menghasilkan bunyi konsonan jika di awal kata “yellow” tetapi berbunyi vokal jika di akhir kata “sunny”.

Konsonan Digraph

Digraf adalah dua huruf yang hanya menghasilkan satu suara. Terdapat tujuh digraf konsonan dasar; ch, ck, th, sh, ph, ng, ap. Namun, beberapa digraf memiliki lebih dari satu pengucapan. ‘ghosts’ adalah beberapa digraf seperti ‘wr’ dan ‘gn’ karena huruf pertama tidak diucapkan.

Konsonan Campuran

Konsonan campuran terjadi ketika dua konsonan atau lebih digabungkan, namun setiap bunyi terdengar dalam campuran tersebut. Terdapat konsonan campuran yang paling umum, seperti: pl, pr, sl, sm, sp dan st, bl, br, cl, cr, dr, fr, tr, fl, gl, gr.

Konsonan campuran dikategorikan ke dalam campuran-r, seperti “br” dan “cr”,  campuran-s, seperti “sc” dan “sk” dan campuran-l, seperti “bl” dan “cl”. Ada juga campuran yang menyertakan tiga konsonan. Tiga campuran konsonan yang populer termasuk str, spl, dan spr. Beberapa contoh konsonan campuran yaitu spoon, bright, crab, dan black.

Consonant Cluster

Disebut consonant cluster karena mengacu pada dua atau lebih konsonan yang diposisikan berdampingan dalam sebuah kata. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Kumpulan konsonan shr menciptakan bunyi /ʃr/, contoh: shrimp
  • Kumpulan konsonan spl menciptakan bunyi /spl/, contoh: splendid
  • Kumpulan konsonan spr menciptakan bunyi /spr/, contoh: spread

Jenis ini juga disebut consonant blends. Cluster terpanjang dalam bahasa Inggris adalah tiga bunyi konsonan di awal. Panjangnya bisa mencapai empat konsonan di akhir kata.

Baca Juga:
Trik Belajar Pelafalan Bahasa Inggris

Cara Belajar Huruf Vokal dan Konsonan

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu coba untuk belajar huruf vokal dan konsonan Bahasa Inggris. Misalnya, buat beberapa kartu kosakata, dan lafalkan. Cocokkan apakah pelafalan tersebut sesuai dengan pelafalan konsonan dan vokal yang benar.

Agar lebih memudahkan proses belajar, kamu perlu bantuan tutor profesional ICAN English. Ikuti kursus Bahasa Inggris ini agar kamu bisa meningkatkan kemampuan memahami apa itu vokal dan konsonan untuk lebih fasih berbahasa inggris!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.