belajar bahasa inggris preposition

Belajar Bahasa Inggris Preposition

Ketika menggunakan bahasa Inggis, kamu perlu menyadari bahwa ada preposition yang harus diperhatikan. Jika tidak menggunakannya, kalimat yang kamu buat akan menjadi rumpang dan kemungkinan ada miskomunikasi. Belajar bahasa Inggris preposition akan memudahkan kamu dalam berkomunikasi atau menggunakan bahasa Inggris.

Preposition sendiri adalah kata penghubung yang tentunya digunakan untuuk menghubungkan kata ganti, kata benda atau sebuah frasa dengan kata lainnya. Tentu, harus dalam satu kalimat. Preposisi ini biasanya sangat pendek dan berada tepat sebelum kata benda atau kata kerja dengan akhiran -ing.

Contoh Preposition Bahasa Inggris

Kata penghubung sudah ada sejak lama dan tidak ada perubahan sama sekali. Tidak ada kata penghubung baru bila dibandingkan dengan kata kerja dan kata benda yang selalu diperbarui seiring perkembangan jaman.

Bisa dikatakan, bahwa preposisi ini memiliki peran yang sederhana dan tidak menonjol. Namun, tentu sangat penting untuk membentuk sebuah makna dari satu kalimat. Kamu perlu belajar bahsa Inggris preposition untuk bisa membentuk sebuah kalimat yang baik. Contoh preposisi yang bisa kamu gunakan adalah:

  • Prepositions of time (menunjukkan waktu): at, on, in, before, after dan lainnya
  • Prepositions of place (menunjukkan tempat): on, at, in, under, above dan lainnya
  • Prepositions of movement: to, through, into, across, off, down dan lainnya
  • Prepositions of agent of instrument: by, with, without

Selain preposisi di atas, ada pula preposition dasar yang bisa kamu gunakan. Of dan To adalah beberapa di antaranya. Kedua preposisi ini cukup populer dalam keseharian. Of biasanya berfungsi untuk menyatakan kepemilikan dan menyatakan jumlah.

Baca Juga:
Rekomendasi Tempat Belajar Bahasa Inggris Online Murah

Sedangkan, To adalah salah satu kata depan yang sangat populer. Kata ini biasanya digunakan untuk menyatakan tempat atau peruntukan, juga bisa digunakan untuk menyatakan waktu.

Fungsi dari Preposition

Fungsi dari preposisi biasanya digunakan untuk menunjukkan hubungan antara kata benda atau kata ganti dalam sebuah kalimat. Preposisi sendiri biasanya digunakan di depan kata benda atau kata ganti. Mereka bisa menggambarkan posisi, waktu, cara sesuatu dilakukan dan lain sebagainya.

Selain preposisi yang populer, banyak pula kata preposisi yang jarang digunakan. Kamu mungkin jarang sekali mendengar, amongst, beneath, beyond, circa, unlike, via atau given.

Baca Juga:
Mengenal Preposisi dalam Bahasa Inggris

Meskipun ada banyak jenis preposisi, kamu tidak bisa menggunakannya sembarangan atau sesuka hati. Kamu perlu tahu bahwa setiap preposisi memiliki makna yang berbeda. Meski ada beberapa yang bisa saling menggantikan satu sama lain, namun sebagian lainnya hanya bisa berdiri sendiri.

Tak hanya makna, fungsinya juga berbeda. Maka, kamu perlu belajar bahasa Inggris preposition sebaik mungkin.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi