Preposisi dalam bahasa Inggris

Mengenal Preposisi dalam Bahasa Inggris

Agu 10, 2022 | Bahasa Inggris

Preposisi dalam bahasa inggris adalah kata depan, ditempatkan sebelum pronominal atau kata benda pada sebuah kalimat. Ada banyak macam preposition seperti in, on, at up, atau below dan out of. Supaya tidak bingung, kamu bisa simak artikel dari ICAN English berikut.

Preposition atau preposisi berfungsi sebagai kata penghubung. Untuk menggunakannya, letakkan sebelum kata benda dengan tujuan memberikan informasi waktu, posisi, arah, dan tempat.

Baca Juga: PENGERTIAN PREPOSITIONAL PHRASE DALAM BAHASA INGGRIS

Daftar Preposisi Bahasa Inggris

Dalam Bahasa Indonesia, preposisi disebut dengan di, dari, atau ke. Agar bisa memahami tentang preposisi dalam bahasa inggris dasar, berikut adalah informasi lengkapnya.

1. In/Inside

In atau Inside adalah preposition of place. Dalam Bahasa Indonesia, maknanya adalah di atau didalam. Preposition of place berfungsi menunjukkan tempat secara umum, tidak spesifik, didalam ataupun benda tertutup, berikut adalah contohnya:

The dog is sleeping in the box.

2. On

Definisi on adalah pada, di atas, atau di. Apabila konteksnya tempat, on dapat berfungsi untuk menunjukkan posisi kata benda atau noun yang sedang menempel di permukaan seperti on the table, on the cupboard, atau perhatikan contoh berikut:

The dog is on the trampoline.

3. At

Basic preposition of place paling umum selanjutnya adalah at. Kata tersebut berarti di atau pada. Perbedaan antara at dengan in atau on ada pada penyampaian lokasi lebih rinci, sebagaimana contoh berikut:

John sits at the table.

4. Near

Arti near yaitu di dekat. Kamu bisa memakai kata tersebut ketika ingin menunjukkan sesuatu saling berdekatana tau berada didekatnya, sebagaimana contoh berikut:

The cat is standing near the box.

5. Under/ Below

Ada persamaan antara below dan under, yaitu keduanya adalah basic of place untuk menunjukkan sesuatu yang berada di bawah objek lain atau lebih rendah. Berikut adalah contoh penggunaan preposisi under:

The cat is sleeping under the table.

6. Over/Above

Over adalah sesuatu di atas objek lain, sementara above adalah sesuatu di tempat lebih tinggi dari objek lainnya, sebagaimana contoh berikut:

The butterfly is over the tree.

7. Round/Around

Round atau around juga merupakan preposisi dalam bahasa inggris. Sebagai basic preposition menunjukkan jika sesuatu ada di sekitar hal lain dan mengelilinginya sebagaimana contoh berikut:

I am eating at a round table.

8. Through/Out of

Through atau out of pada preposisi artinya dari. Through digunakan untuk menunjukkan sebuah objek dari satu sisi ke sisi lainnya, atau dari awal sampai akhir dengan contoh kalimat berikut:

The dog is running through the door and onto the backyard

9. Among dan Between

Among dan between dapat menunjukkan sesuatu terletak diantara atau di tengah objek lainnya, sebagaimana contoh berikut:

The dog is hiding among the cars.

10. Behind

Behind artinya adalah objek ada di belakang. Berikut adalah contoh menggunakan preposisi behind:

The cat is behind the car.

Selain seluruh preposisi tersebut, kamu juga harus mempelajari preposisi lainnya yaitu:

  • In front of – Depan
  • Along – Sepanjang, di samping, di sebelah, atau bersama objek lain
  • Across – Objek yang ada di sisi lain, objek yang ada di satu sisi ke sisi lainnya.
  • Up – posisi lebih tinggi
  • Down – posisi lebih rendah
  • Opposite – berlawanan
  • Onto/into – objek yang bergerak ke tempat tertentu atau ke dalam
  • Off – turun atau menjauh
  • Past – melewati
  • Next to/beside/by – samping

Ada banyak macam preposisi dalam Bahasa Inggris. Terdapat preposisi yang sifatnya one-word ataupun complex. Akan tetapi, terdapat sekitar 150 prepositions yang paling sering digunakan, sebagaimana contoh di atas.

Baca Juga: PENJELASAN ADJECTIVE DALAM BAHASA INGGRIS

Tips Menggunakan Preposition

Materi-materi penting Bahasa Inggris lainnya juga dapat kamu pelajari di ICAN English. Kalau kamu merasa belum memahami materi dasar ini, maka baiknya adalah mengambil kelas dasar Bahasa Inggris supaya kemampuan kamu dapat meningkat.

Dalam penggunaan preposition Bahasa inggris, Cambridge menjelaskan jika preposition merupakan kata-kata yang ditempatkan di awal kata, sehingga dapat menjadi keterangan kalimat. Keterangan tersebut dapat berbentuk noun, pronoun, ataupun noun phrase. Pada intinya, preposition diartikan sebagai suatu hal yang mengawali object.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH