Belajar bahasa Inggris untuk kuliah di luar negeri

Belajar Bahasa Inggris Untuk Kuliah Di Luar Negeri

Apr 19, 2022 | Bahasa Inggris

Kuliah di luar negeri merupakan impian banyak orang. Karena studi di luar negeri memang mampu memberikan kredibilitas yang lebih tinggi. Tentunya, kuliah di luar negeri tidak semudah yang dibayangkan. Karena harus melewati proses belajar bahasa Inggris untuk kuliah di luar negeri terlebih dahulu.

Pada dasarnya, kuliah di luar negeri memang akan memakan biaya cukup banyak. Namun, tidak perlu khawatir. Karena saat ini telah banyak beasiswa yang diberikan pemerintah Indonesia. Untuk mahasiswa Indonesia yang berkuliah di luar negeri. Sehingga hal yang benar-benar perlu dilakukan adalah belajar bahasa Inggris secara rutin.

Baca Juga: CARA CEPAT DAN MUDAH BELAJAR BAHASA INGGRIS ONLINE

4 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Kuliah di Luar Negeri

Mempelajari bahasa Inggris untuk kebutuhan kuliah di luar negeri tentunya bukan hanya terkait hal-hal formal saja. Namun, terdapat aspek-aspek lainnya yang penting ketika berkuliah di luar negeri. Oleh karena itu, inilah beberapa tips yang perlu dilakukan saat akan belajar bahasa Inggris. Khususnya ketika akan berkuliah di luar negeri.

1. Pahami serta Ketahui Aksen Bahasa Inggris

Bahasa Inggris menjadi bahasa yang universal atau mendunia. Begitupun dalam pendidikan. Kuliah di luar negeri tentunya akan bertemu dengan mahasiswa di berbagai negara lainnya. Setiap negara biasanya memiliki aksen berbahasa Inggris yang berbeda.

Misalnya orang-orang dari India biasanya akan menggunakan bahasa Inggris dengan aksen India. Begitupun dengan orang-orang dari Korea, Swedia, Afrika, dan sebagainya. Aksen yang dipakai akan berbeda. Kamu dapat mempelajarinya dari sekarang, sehingga paham ketika berkomunikasi.

2. Perbanyak Kosakata atau Vocabulary

Kosakata menjadi hal yang sangat penting ketika kamu akan berkuliah di luar negeri. Karena tentunya bahasa utama yang nantinya akan digunakan adalah bahasa Inggris. Sehingga, dalam belajar bahasa Inggris untuk kuliah di luar negeri perlu mempelajari serta memperkaya kosakata.

Terlebih ketika sedang melakukan pembelajaran di universitas atau perguruan tinggi, penyampaian materi akan menggunakan bahasa Inggris. Sehingga persiapkanlah terlebih dahulu untuk lebih memperkaya kosakata dan memahaminya. Apabila sudah menguasai banyak kosakata, maka menguasai bahasa Inggris pun akan lebih mudah.

3. Menghafal Pola Kalimat

Tips berikutnya berguna pula untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa berkomunikasi menjadi hal penting ketika berkuliah di luar negeri. Bukan hanya saat pembelajaran berlangsung, tetapi saat berinteraksi dengan sesama diperlukan dialog berbahasa Inggris.

Oleh karena itu, hafalkan beberapa pola atau susunan kata untuk sebuah konteks kalimat. Misalnya, hafalkan pola kalimat “I want to speak Japanese, but I don’t know how to start.” Apabila menemukan konteks serupa, kamu hanya perlu mengganti kata kerja, sifat, dan pronounnya. Misalnya diganti, “my brother wants to be an athlete, but he never try hard.”

4. Pengucapan atau Pronunciation Bahasa Inggris

Pronunciation menjadi aspek utama dalam berbicara bahasa Inggris selain kosakata. Karena kesalahan pengucapan dapat membuat orang lain tidak mengerti apa yang kamu bicarakan. Sehingga pastikan untuk melatihnya terlebih dahulu.

Pronunciation akan sangat krusial ketika kamu dihadapkan dengan lingkungan berbahasa Inggris. Untuk mendapatkan pronunciation yang lebih lancar serta fasih, disarankan mengikuti pelatihan atau kursus.

Baca Juga: CARA BELAJAR BAHASA INGGRIS LENGKAP

Bagaimana Belajar Bahasa Inggris untuk Kuliah di Luar Negeri?

Ada banyak cara untuk membantu mempersiapkan dan meningkatkan pemahaman tentang bahasa ini. Karena setiap orang memiliki metode belajar yang berbeda, kamu bisa memilih strategi yang menurut kamu efektif dan menyenangkan.

Ada beberapa cara belajar bahasa Inggris untuk kuliah di luar negeri yang bisa kamu terapkan sebelum berangkat ke negara tujuan.

1. Latihan Berbicara

Semakin banyak kamu berbicara dalam bahasa Inggris, semakin kamu akan menjadi percaya diri dan nyaman dalam mengucapkan kata-kata dengan tepat. Jika kamu masih malu dalam berbicara bahasa Inggris, kamu bisa mulai berbicara sendiri di kamar dan merekamnya. Ini mungkin terdengar canggung tetapi akan membantu kamu menemukan kesalahan yang sebelumnya tidak disadari.

Cara lain yang menyenangkan untuk berlatih bahasa Inggris adalah dengan belajar bersama teman. Kamu bisa bertemu dengan seorang teman dan berbicara hanya dalam bahasa Inggris. Saat berlatih, kamu juga dapat meminta untuk saling mengoreksi dengan cara yang ramah dan menyenangkan.

2. Dengarkan Banyak Sumber

Untuk memperluas kosakata, kamu bisa mendengarkan dan memperhatikan apa yang dikatakan dan bagaimana cara mengucapkannya. Dengarkan lagu berbahasa Inggris dan perhatikan lirik lagu agarkamu bisa memahami pesannya.

Ini akan membantu kamu menangkap frasa dan kata yang digunakan dalam lagu. Jika kamu seorang pemula, kamu dapat memilih lagu yang lebih lambat agar mudah memahami liriknya dan dapat menyanyikannya dengan lebih mudah. Setelah terbiasa, kamu dapat beralih ke lagu dengan ketukan dan ritme yang lebih cepat seperti musik rap atau Rnb.

Selain mendengarkan lagu, kamu juga bisa mendengarkan berita yang menggunakan bahasa Inggris. Dengan mendengarkan berita, kamu akan terbiasa mendengar bahasa Inggris standar formal.

3. Latihan Menulis

Menulis akan membantu kamu meningkatkan organisasi pemikiran. Ini juga memungkinkan kamu untuk berlatih dan menggunakan kata-kata, serta memahami grammar. Untuk memulai, kamu dapat menulis hanya beberapa kalimat sehari atau membuat buku harian. Ini akan membantu kamu untuk melihat dan membandingkan sudah sejauh mana kamu sudah berkembang.

Setiap kali kamu mempelajari kata baru, catatlah. Buat daftar kata dan frasa yang berguna baik di ponsel, notebook, atau laptop. Ini akan memungkinkan kamu untuk mempraktikkan apa yang telah dipelajari setiap kali kamu memiliki waktu luang. Sertakan juga arti dan contohnya.

Pilih Kursus Bahasa Inggris Terbaik

Untuk meningkatkan kemampuan dalam bahasa Inggris, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris online atau offline. ICAN English menawarkan berbagai kelas bahasa yang sesuai dengan kemampuan. Kamu juga lebih mudah untuk belajar bahasa Inggris untuk kuliah di luar negeri

Dengan mengambil kursus bahasa inggris online ataupun offline, belajar jadi tidak repot. Kamu sudah mempunyai semua materi, sekaligus tutor profesional dengan jam terbang tinggi. Kamu juga bisa memperoleh berbagai latihan soal untuk lebih memahami materi Bahasa Inggris terutama pada skill yang masih menjadi kelemahan kamu.

Cara lainnya untuk memanfaatkan waktu luang adalah dengan belajar selama dua jam setiap harinya. Hal ini lebih efektif dibandingkan belajar seharian pada saat weekend atau hari tertentu. Dengan belajar dua jam per hari, kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk listening, speaking, writing, ataupun reading.

Jika kamu berencana melakukan kursus TOEFL atau IELTS, kami juga menyediakan kelas tersebut. Dengan dukungan tutor terbaik, pembelajaran yang kamu dapatkan akan lebih maksimal. Kami juga membuka kelas online di mana siswa dapat tetap belajar meskipun hanya berada di rumah.

Hadir di banyak kota, kamu dapat memilih lokasi  ICAN English yang paling dekat dengan kamu. Atau kamu bisa memilih kelas online agar tak perlu datang ke lokasi belajar namun tetap mendapatkan pendampingan dari tutor kami.

Sekarang, kamu sudah tahu banyak hal tentang betapa pentingnya belajar Bahasa Inggris sehingga kuliah di luar negeri jadi lebih lancar. Kuliah di luar negeri meningkatkan peluang banyak hal, mulai dari materi berbobot, skill lebih terasah, tenaga pendidik profesional di kampus bertaraf internasional, juga mengikuti banyak program kampus yang mendidik agar kamu bisa menjadi lulusan berkualitas.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris untuk Remaja

Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris untuk Remaja

Ketika memutuskan untuk belajar di tempat kursus Bahasa Inggris remaja, maka para pelajar harus bisa beradaptasi dengan sistem pembelajaran yang diberikan. Biasanya, murid akan lebih mudah dalam belajar, ketika tempat lesnya memang bisa memenuhi standar belajar anak....

Contoh Soal Pelatihan Bahasa Inggris untuk Karyawan

Contoh Soal Pelatihan Bahasa Inggris untuk Karyawan

Proses pelatihan Bahasa Inggris untuk karyawan memang tak semudah seperti cara belajar para mahasiswa. Terkadang, ilmu yang dipelajari di sekolah akan menguap ketika seseorang telah mulai bekerja dan berupaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, belajar...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH