ini 5 manfaat belajar bahasa inggris bagi mahasiswa

Ini 5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa

Di era digital saat ini, sangat penting bagi mahasiswa untuk menguasai kemampuan berbahasa Inggris. Bahasa Inggris tidak hanya dapat digunakan untuk belajar, tetapi kamu bisa mengembangkan diri melalui kemampuan tersebut. 

Masa pendidikan menjadi salah satu fase yang tepat untuk mempelajari berbagai macam hal. Selain mempelajari materi yang dibutuhkan ketika dalam perkuliahan, kemampuan bahasa Inggris juga harus dikembangkan untuk memudahkan kamu dalam berbagai macam urusan.

Apalagi dalam dunia perkuliahan, tentu kamu akan dituntut untuk membuat materi yang saat ini sedang dipelajari. Memahami bahasa Inggris dengan baik dan benar, akan membantu kamu mendapatkan informasi lebih banyak dan menghasilkan essay  atau tugas perkuliahan yang lebih baik.

Belajar bahasa Inggris akan memberikan banyak manfaat bagi kamu, baik digunakan saat ini maupun di masa depan nanti. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan:

1. Meningkatkan Kemampuan Diri

Manfaat belajar bahasa Inggris bagi mahasiswa yang pertama dapat membantu meningkatkan kemampuan diri. Jika sudah bisa menguasai bahasa Inggris, kamu  dapat meningkatkan kemampuan diri dan meningkatkan value. Orang lain bisa melihat kamu sebagai seseorang yang kompeten dan berilmu.

Apalagi jika dibandingkan dengan orang lain yang tidak menguasai bahasa Inggris. Tentu kamu lebih dibutuhkan dan mudah untuk menyelesaikan berbagai urusan yang memiliki hubungan dengan bahasa Inggris.

Baca Juga:
Ketahui Manfaat Belajar Bahasa Inggris bagi Siswa

2. Memudahkan Studi ke Luar Negeri

Selanjutnya manfaat yang dapatkan lebih mudah untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Mungkin kamu menjadi salah satu siswa yang memiliki cita-cita untuk melanjutkan studi di luar negeri. Jika sudah memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan benar maka  bisa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan kuliah di negara tujuan.

Apalagi jika kamu bisa memanfaatkan beasiswa, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Salah satu syarat untuk kuliah di luar negeri adalah Mahir menggunakan bahasa Inggris. Akan sangat disayangkan Jika kamu memiliki prestasi dan nilai memuaskan, tetapi belum bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik. 

3. Bekal untuk Karir di Masa Depan

Kemampuan bahasa Inggris ternyata juga memberikan manfaat sebagai bekal untuk karir di masa depan. Disadari atau tidak, saat ini sudah banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan kemampuan bahasa Inggris. Apalagi beberapa perusahaan multinasional juga mulai berdiri di Indonesia.

Hal ini tentu membuat kesempatan untuk bekerja dengan orang asing bisa didapatkan, sehingga penggunaan bahasa Inggris sangat dibutuhkan. Selain memiliki hard skill, ternyata kamu juga harus menyiapkan soft skill sebagai cara untuk unggul dibandingkan pelamar lainnya. Jadi, kamu bisa berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa Inggris.

Mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris bisa menunjukkan bahwa kamu berkualitas.

Baca Juga:
Belajar Bahasa Inggris Untuk Kuliah Di Luar Negeri

4. Mendapatkan Informasi Lebih Banyak dari Internet

Sebagai seorang mahasiswa kemampuan berbahasa Inggris memang sangat dibutuhkan dalam satu manfaat yang bisa dirasakan adalah membuka wawasan lebih luas dan mendapatkan informasi lebih banyak melalui internet. 

Dengan memahami bahasa Inggris tentu kamu bisa membuka wawasan lebih luas karena berbagai macam informasi yang dikemas dalam bahasa Inggris dapat dipahami. Dengan kecanggihan internet Saat ini, mencari informasi penting yang menggunakan bahasa Inggris sudah dapat dijangkau dengan mudah.

Kamu bisa lebih mudah untuk mencerna berbagai macam artikel, jurnal, bahkan berita-berita dunia melalui situs internet maupun stasiun televisi internasional dengan mudah. Menariknya lagi kamu juga bisa mencari berbagai macam penelitian baru dari  Universitas terkemuka di dunia untuk bisa dipelajari.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat lain yang bisa dirasakan adalah membantu kamu lebih mempercayai diri dengan kemampuan bahasa asing. Jika kamu sudah bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar, rasa percaya diri pasti akan meningkat.

Apalagi jika kampus sering mengadakan program overseas atau student exchange, maka kesempatan besar untuk ikut berpartisipasi. Melalui program tersebut kamu bisa merasa lebih percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang-orang asing yang ditemui.

Baca Juga:
Belajar Bahasa Inggris Present Perfect Tense

Ada banyak sekali manfaat belajar bahasa Inggris bagi mahasiswa, mulai dari meningkatkan kemampuan diri, mempermudah melanjutkan studi ke luar negeri, menjadi bekal untuk membuka peluang karir di masa depan, bisa mendapatkan informasi lebih banyak dari internet maupun sumber lainnya yang menggunakan bahasa Inggris, serta membantu meningkatkan rasa percaya diri.

Sebagai mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kamu bisa langsung bergabung dengan ICAN English  sebagai lembaga kursus bahasa Inggris yang berkualitas dan memiliki kredibilitas tinggi. Ada berbagai macam metode pembelajaran menarik yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan kamu. Selain itu fasilitas pembelajaran disiapkan dengan baik oleh ICAN English untuk kamu, yuk segera gabung!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.