Belajar Grammar Bahasa Inggris Tenses untuk Pemula

Belajar Grammar Bahasa Inggris Tenses untuk Pemula

Tanpa belajar grammar Bahasa Inggris tenses, kamu tidak akan mungkin bisa menyampaikan orang lain tentang apa yang kamu mau, apa yang telah kamu lakukan, dan rencana apa yang kamu miliki.

Tenses Bahasa Inggris adalah bentuk kata kerja yang menggambarkan waktu. Misalnya, ketika kamu ingin menceritakan suatu hal yang terjadi di minggu lalu, kamu harus menggunakan kalimat bentuk past tense.

Jika kamu ingin menceritakan sesuatu yang akan terjadi bulan depan, kamu akan menggunakan future tense. Ketika menggunakan tenses dalam Bahasa Inggris untuk kegiatan saat ini, kamu bisa menggunakan bentuk present.

Kamu tidak bisa menggunakan tenses yang sama untuk menceritakan suatu hal yang terjadi di masa lalu dan suatu kejadian di masa sekarang.

Belajar Grammar Bahasa Inggris Tenses

Dalam bahasa Inggris, terdapat 12 macam tenses yang harus kamu kuasai sebagai pemula. Semua jenis tenses tersebut dibagi dalam tiga kelompok, yaitu: present, past, dan future. Setiap kelompok dibagi dalam simple, continuous, perfect, dan perfect continuous tenses.

The Present Tense

Present tense dibagi dalam empat macam yang mengungkapkan hal-hal yang berhubungan dengan present.

Bentuk The Present TenseFungsiContoh
The Present SimpleUntuk menjelaskan tindakan berulang, kebiasaan, kebenaran umum, harapan, dan emosi.Untuk menjelaskan arah dan instruksi, dan berbicara tentang jadwal.Donna goes to office by bike.I am very sad.The school starts at 10:00 a.m.
The Present CotinuousUntuk menggambarkan tindakan atau kejadian yang terjadi saat ini, atau sedang terjadi.Untuk menjelaskan seseorang atau sesuatu yang sedang mengganggu.I am not studying anything.Budi is sleeping right now.Donna is always talking bad about me!
The Present PerfectUntuk menggambarkan tindakan dan kejadian yang pernah terjadi di masa lalu, tetapi efeknya masih terasa sampai sekarang.I have lost my dog. Budi has broken his leg.
The Present Perfect ContinuousUntuk berbicara tentang tindakan dan kejadian yang mulai terjadi di masa lalu dan sampai sekarang masih terjadi.We have been living in Purwokerto for 2 years.I have been waiting for over two hours.Budi has been studying English for a year.

Pemahaman terkait Present Tense sangat penting karena mendukung komunikasi kehidupan sehari-hari. Kamu akan lebih mudah mengutarakan kondisi saat ini, dengan memberikan informasi penting tentang apa yang sedang terjadi dalam momen tertentu.

The Past Tense

The past tense memiliki empat tense yang digunakan untuk berbicara tentang masa lalu. Berikut adalah beberapa bentuk past tense:

Bentuk The Past TenseFungsiContoh
The Past SimpleUntuk menggambarkan kejadian maupun tindakan yang benar-benar sudah selesai.Dona died in 2006 in a motorcycle accident.I went to the museum last month.Donna got married last year.
The Past ContinuousUntuk menggambarkan kejadian di masa lalu yang sudah selesai dalam waktu tertentu.She was running when they fell.We were watching TV while she was washing the dishes.
The Past PerfectUntuk berbicara tentang kejadian atau tindakan yang telah terjadi sebelum ada tindakan atau kejadian lainnya atau sebelum ada waktu spesifik di masa lalu.We had already left when you arrived.
Susan had already moved to Magelang when that happened.
Past Perfect ContinuousUntuk menggambarkan tindakan dan kejadian yang dimulai di masa lalu dan berakhir sampai ada kejadian lain atau tindakan lain di masa lalu yang telah terjadi.Susan had been waiting for three hours when she decided to go back home.
The students had been playing for ten minutes when the teacher came.

Mempelajari penggunaan past tense membantu kamu dalam menggambarkan dan menarasikan kegiatan, kejadian, atau pengalaman yang terjadi di masa lalu. Kemampuan menggunakan past tense juga akan membantu untuk menceritakan kisah historis atau pengalaman personal di masa lalu.

The Future Tense

Kelompok future tense dibagi dalam 4 jenis tense yang menjelaskan tentang hal-hal di masa mendatang.

Bentuk Future TenseFungsiContoh
Future SimpleGunakan future simple untuk memprediksi atau membuat keputusan-keputusan spontan.We will save you!
They will find their true love in the right time.
I think it will not rain.
Future ContinuousJenis tense ini merujuk pada tindakan atau kejadian yang akan tetap berlangsung di beberapa poin di masa depan.Budi will be working when we come back.
Susan will be waiting for you here.
We will be leaving by then.
The Future PerfectGunakan the future perfect untuk mengungkapkan suatu kejadian atau tindakan yang akan diselesaikan di beberapa poin di masa depan. Budi will have studied by 9 p.m.
We will have submitted the report by Saturday.
We will not have eaten by the time you leave.
Future Perfect ContinuousDigunakan untuk menggambarkan tindakan atau kejadian yang mana, terjadi dalam beberapa poin di masa depan, dan akan berakhir dalam beberapa waktu.By the end of this month, they will have been working for two years.
In three months, we will have been studying English for three years.

Belajar future tense sangat penting untuk kebutuhan komunikasi efektif, membuat rencana, memprediksi hasil, memutuskan suatu hal, dan meningkatkan kefasihan berbahasa Inggris. Cobalah untuk memahami setiap jenis tense di atas agar kamu bisa menerapkannya dalam komunikasi sehari-hari.

Baca Juga: Tips Belajar Grammar Bahasa Inggris

Mengapa Materi Grammar Tense Penting

Sekarang, kamu sudah mendapatkan penjelasan lengkap tentang belajar grammar Bahasa Inggris tenses dasar. Dalam penggunaan Bahasa Inggris, tidak lepas dari semua jenis tenses untuk menerangkan suatu tindakan di waktu tertentu. Atau, untuk mengekspresikan hubungan antara dua kejadian maupun tindakan yang berbeda.

Tanpa mengetahui semua jenis tenses, kamu akan kesulitan menceritakan suatu hal. Setiap tense dalam Bahasa Inggris digunakan untuk tujuan tertentu. Kamu harus menggunakan satu tense atau lebih, bergantung pada apa yang ingin kamu sampaikan.

Jika kamu sudah berusaha belajar memahami tenses grammar dalam Bahasa Inggris sendiri, dan belum mampu memahaminya, jangan kuatir. Kamu hanya perlu bimbingan tutor yang dapat menjelaskan semua aturan penggunaan tenses untuk dapat menggunakannya dalam komunikasi sehari-hari.

Di ICAN English, kamu dapat memperoleh penjelasan dari tutor yang suportif. Semua materi yang disampaikan di tempat kursus Bahasa Inggris ini dirancang secara personal, sehingga dapat menjelaskan materi sesuai dengan capaian personal setiap siswanya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi