tips belajar grammar bahasa inggris

Tips Belajar Grammar Bahasa Inggris

Grammar adalah mata pelajaran yang seringkali membuat banyak siswa merasa tertekan, karena sangat membingungkan dan rumit. Namun, ada banyak cara belajar grammar bahasa Inggris agar kamu bisa meningkatkan kemampuan di subjek ini.

Grammar sendiri memang penting untuk tulisan dan komunikasi kamu dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa metode sederhana untuk meningkatkan keterampilan grammar kamu.

Cara Belajar Grammar Bahasa Inggris

Grammar seperti permainan. Beberapa orang yang fasih dengan bahasa belajar grammar secara intuitif, namun beberapa lagi berjuang dengan tenses, klausa, kalimat dan sebagainya.

Berikut ini beberapa cara efektif untuk belajar grammar bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga:
Urutan Belajar Grammar yang Bisa Kamu Lakukan

1. Lebih Banyak Membaca

Membaca mungkin merupakan cara nomor satu untuk meningkatkan keterampilan grammar. Dalam proses membaca, kamu memperkuat tata bahasa yang benar dalam pikiran. Akan sangat membantu untuk membaca dengan suara keras, karena kombinasi dari melihat, mengatakan, dan mendengar membantu memperkuat apa yang telah kamu pelajari.

Selain meningkatkan grammar, membaca akan membantu semua aspek tulisan, mulai dari kefasihan kalimat hingga peningkatan kosa kata.

2. Sering Mendengarkan dalam Bahasa Inggris

Jangan menganggap belajar bahasa Inggris hanya terjadi di dalam kelas. Kamu juga bisa belajar bahasa Inggris sepanjang hari, setiap hari dengan melihat dan mendengarkan apa yang terjadi di sekitar.

Dengan lebih sering mendengarkan, kamu akan terbiasa dengan kalimat dalam bahasa Inggris dan memperhatikan bagaimana seseorang berbicara dalam bahasa Inggris. Ini akan membuat kamu belajar dengan sendirinya.

3. Tulis Lebih Banyak dalam Bahasa Inggris

Sama seperti membaca banyak buku, menulis lebih banyak juga akan menguntungkan kamu. Semakin kamu berlatih menulis dengan grammar yang benar, semakin kamu akan mengerti hal ini. Cara ini juga bisa menjadi tips bagus yang membantu kamu menulis esai universitas nantinya.

Gunakan metode di atas secara teratur dan kamu bisa meningkatkan keterampilan grammar dengan baik. Untuk memudahkan proses belajar, kamu juga bisa bergabung dalam kelas bahasa Inggris di ICAN English, ya.

Baca Juga:
Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mengapa Perlu Belajar Grammar?

Dalam kehidupan sehari-hari, gramamr dapat ditemui di mana saja. Kamu mungkin menggunakannya di rumah, di sekolah, di tempat kerja, dan atau manapun. Mampu menggunakan grammar juga memperluas kosakata seseorang. Ini membuka pintu peluang agar kamu dapat berkomunikasi dengan bebas tanpa hambatan.

Gramamr memiliki kerangka kerja, mengetahui dasar-dasar apa yang dikatakan orang lain akan membantu kamu memahami kosakata yang tidak kamu ketahui sebelumnya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi