Belajar pelafalan bahasa Inggris

Trik Belajar Pelafalan Bahasa Inggris

Jun 17, 2022 | Bahasa Inggris

Belajar pelafalan bahasa Inggris sangat penting untuk membantu kemampuan kamu ketika sedang mengobrol menggunakan bahasa tersebut dengan orang lain. Apabila pelafalan bahasa Inggris kamu sempurna, akan mudah bagi orang untuk memahami apa yang sedang kamu ucapkan. 

Sebagai seseorang yang sedang belajar bahasa Inggris, tentunya kamu berharap bisa mendapatkan pelafalan yang sempurna. Untuk bisa mendapatkan pelafalan tersebut, tentu butuh latihan yang rutin dengan cara yang benar sehingga kamu mengalami peningkatan untuk mengucapkan berbagai macam kata dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: TIPS LATIHAN MEMBACA BAHASA INGGRIS

Cara Mudah Menguasai Pelafalan Bahasa Inggris

Apabila kamu merasa tertarik untuk bisa menguasai pelafalan bahasa Inggris, latihan adalah salah satu cara tepat yang harus dilakukan. Kamu bisa bergabung dengan kursus bahasa Inggris profesional berkualitas bagus, seperti ICAN English yang akan membantu kamu untuk meningkatkan pemahaman bahasa Inggris.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin menguasai pelafalan bahasa Inggris, berikut ini beberapa diantaranya 

Miliki Modal Belajar Melafalkan Bahasa Inggris dengan Benar

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari modal yang akan mendukung proses belajar melafalkan bahasa Inggris dengan benar semakin mudah. Ada berbagai macam panduan yang bisa kamu gunakan untuk belajar melafalkan bahasa Inggris dari internet, misalnya dari website, channel YouTube, dan lain sebagainya. 

Kau bisa memilih mana sumber yang paling cocok dengan metode belajarmu. Apabila kamu lebih senang membaca daripada menonton video, maka cobalah untuk mencari artikel yang akan menunjang kemampuan kamu melafalkan bahasa Inggris. Tetapi jika kamu lebih senang melihat video dan mendengar audio, maka bisa mencari video untuk belajar mengucapkan kosakata dengan bahasa Inggris. 

Agar bahasa Inggris lebih mudah dipelajari, biasanya para linguis bekerja keras untuk bisa menumpahkan bunyi yang diproduksi oleh alat ucap manusia menjadi kode tertentu. Kode tersebut bisa dibaca secara universal dan disebut fonem.

Persiapan Awal Berlatih Pelafalan Bahasa Inggris

Jika kamu sudah mempelajari fonem dengan baik, maka selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk berlatih pelafalan bahasa Inggris. Kamu bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini untuk mengucapkan bahasa Inggris dengan baik dan benar;

  • Rutin melatih pernafasan dari mulut
  • Cobalah melatih otot bibir dengan menggerakkan ke segala arah
  • Melatih otot lidah
  • Melatih tenggorokan 

Jika kamu rutin melakukan hal tersebut, selanjutnya Perhatikan bagian fonetik dari kata-kata tertentu dalam kamus. Setelah itu menentukan fonem dengan baik. Cobalah untuk merekam latihan bicaramu, kemudian ucapkan berulang-ulang kali didengarkan untuk melatih kata-kata baru dan melatih pengucapan secara bersamaan. 

Cara tersebut juga termasuk salah satu upaya untuk mengatasi kebiasaan menebak dan salah pengucapan. Kebiasaan yang sudah sering dilakukan akan sulit diubah di kemudian hari. Apabila melihat penutur asli Bahasa Inggris biasanya mereka menggunakan intonasi. Hal tersebut dilakukan untuk mengungkapkan perasaan dan bisa menunjukkan arti yang berbeda. 

Terus Berlatih Pengucapan Bahasa Inggris Online

Trik lanjut yang bisa kamu lakukan adalah terus berlatih pengucapan bahasa Inggris dan bisa dilakukan secara online. Dengan belajar secara online, kamu bisa memilih topik sesuai dengan keinginan dan bisa meningkatkan motivasi untuk belajar melafalkan bahasa Inggris dengan benar.

Apabila kamu memiliki motivasi yang kuat maka proses belajar akan terasa menyenangkan. Ada berbagai macam hal yang bisa dilakukan dengan belajar secara online, misalnya saja dari film menggunakan bahasa Inggris. Melalui film tersebut kamu bisa mendengar penuturan asli berbicara dan praktekan untuk menguasai pelafalan bahasa Inggris.

Biasakan Mencari Kata di Kamus untuk Fonem

Kamu disarankan untuk mencari kata di kamus, kemudian buatlah catatan fonem, sehingga proses latihan pengucapan bisa dilakukan dengan benar. Kesalahan dalam pengucapan bahasa Inggris dapat dikurangi Jika kamu sering mencari kata di kamus dan mengikuti fonem bahasa Inggris.

Jauh lebih baik jika kamu menggunakan contoh kalimat, di mana bisa membantu menambah daftar kalimat untuk berkomunikasi menjadi lebih baik. Apabila bisa membuat sesuai dengan konteks, maka akan lebih mudah untuk diterapkan. 

Sekalipun saat ini sudah canggih dan menggunakan berbagai macam metode digital, tidak ada salahnya jika kamu memiliki buku catatan untuk menulis berbagai macam fonem yang ditemui dari kamus dan dapat digunakan untuk media belajar.

Latihan Pelafalan Bahasa Inggris 

Disarankan agar kamu lebih giat untuk belajar pelafalan Bahasa Inggris sendiri maupun dengan teman. Disarankan untuk berdiri di depan cermin dan berlatih pengucapan. Kamu bisa melihat posisi mulut, mengatur posisi lidah, bibir, serta gigi dengan bentuk yang tepat. Jangan lupa untuk mengatur nafas dengan benar.

Berlatih memutar atau menggulung itu juga merupakan cara yang terbaik, sebab lidah menjadi lebih fleksibel untuk bergerak ke segala arah. Kamu bisa membaca sebaiknya cerita pendek untuk berlatih. Tidak hanya melatih pengucapan tetapi juga kosakata dan tata bahasa Inggris.

Baca Juga: 3 KENDALA BESAR KETIKA BELAJAR BAHASA INGGRIS

Mengapa Penting Belajar Pelafalan Bahasa Inggris?

Pelafalan bahasa Inggris adalah salah satu hal yang penting untuk dipelajari. Ada berbagai macam alasan kenapa kamu harus belajar pelafalan bahasa Inggris dengan baik dan benar, misalnya seperti berikut.

  • Dengan pelafalan bahasa Inggris yang tepat bisa memberikan kesan pertama yang memikat
  • Membantu lawan bicara memahami maksud yang ingin disampaikan dengan pengucapan bahasa Inggris
  • Agar kamu lebih memahami maksud perkataan lawan bicara
  • Mengubah kebiasaan di masa lalu jika sering menggunakan bahasa Inggris yang salah 
  • Pengucapan bahasa Inggris yang benar bisa meningkatkan rasa percaya diri 

Dengan beberapa alasan tersebut, semangat dan motivasi untuk belajar pelafalan bahasa Inggris akan semakin mudah dilakukan. Lakukan beberapa trik tersebut untuk membantu proses belajar pelafalan bahasa Inggris menjadi lebih mudah. Gunakan bahan belajar yang nyaman sehingga prosesnya lebih mudah.

Mengenal dan Mempelajari Fonem

Dalam bahasa Inggris, fonem merupakan cara suatu kata dibunyikan atau diucapkan. Di kamus bahasa Inggris, biasanya terdapat fonem yang terletak di sisi kata. Cobalah untuk mengenal beberapa huruf fonem dan cara membunyikannya.

Ketika tengah mencari arti dari suatu kata. Sebaiknya carilah di kamus berbahasa Inggris. Sehingga kamu pun dapat melihat bagaimana suatu kata diucapkan. Setelah melihatnya, cobalah untuk mempraktikan pengucapan dari kata-kata tersebut. Sehingga kamu pun akan mulai memahami dan terbiasa untuk mengucapkan kata dari bahasa Inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH